3 Berita Otomotif Paling Banyak Dibaca Sepanjang Mei 2021

JAKARTA, Carvaganza - Bulan Mei tidak banyak kejadian menarik di industri otomotif Tanah Air. Selain masih dilanda pandemi Covid-19, umat muslim yang menjadi mayoritas penduduk Indonesia tengah menjalankan ibadah Puasa. Setelah itu pada awal Mei ini juga umat Muslim di seluruh dunia merayakan Hari Raya idul Fitri. Makanya brand otomotif di Indonesia pun cenderung pasif dalam hal peluncuran kendaraan. Meski begitu, beberapa peristiwa sempat mencuri. Misalnya kemunculan mobil konsep Honda N7X. Sport Utility Vehicle (SUV) ini konon akan dijadikan sebagai pengganti BR-V yang memang sudah lama tak diremajakan di Indonesia. Selain Honda N7X, ada berita apa lagi? Yuk simak 3 berita paling banyak dibaca sepanjang Mei 2021 berikut ini.

Honda Perkenalkan Mobil Konsep SUV N7X

Honda N7X Concept

Setelah banyak spekulasi tentang kendaraan baru yang akan diluncurkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM), akhirnya kendaraan yang diluncurkan adalah sebuah mobil konsep N7X. Kendaraan yang dirancang dan dikembangkan oleh Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd., merupakan studi yang dilakukan pada konsumen di berbagai negara termasuk Indonesia. Dengan masukan itulah mobil konsep ini mengadopsi keunggulan dari sebuah Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Sport Utility Vehicle (SUV)  dengan konfigurasi 7-penumpang.

Honda Prospect Motors belum secara resmi mengumumkan kendaraan ini akan masuk jalur produksi atau diperkenalkan secara luas lagi. Saat ini HPM hanya memperkenalkan kendaraan konsep yang menggabungkan antara MPV dan SUV untuk memberikan pengalaman baru pada konsumen di Indonesia. 

N7X Concept memiliki desain eksterior bodi yang ramping dengan garis yang tajam, sedangkan  pada bagian rodanya N7X menggunakan ban berukuran besar. Dikabarkan kendaraan ini akan mengisi segmen Low SUV dengan tampilan yang lebih menarik dari model Honda lainnya. Meskipun kendaraan ini disebut tidak mengacu pada model mana pun namun bisa dipastikan kehadirannya akan menggoyang segmen Low SUV yang baru saja diisi oleh dua kembar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Honda N7X Concept

Mobil konsep N7X ditujukan untuk konsumen generasi X sebagai sebuah kendaraan keluarga yang memiliki karakter pengendaraan yang cocok untuk konsumen di Indonesia. Honda juga mengklaim mobil konsep ini dirancang untuk memberikan kesenangan untuk penggunanya, sekaligus mendukung gaya hidup yang seimbang antara aktivitas pribadi dan kebersamaan keluarga.

“N7X adalah konsep kami tentang bagaimana seharusnya sebuah mobil 7-seater, yang tidak hanya menawarkan performa berkendara yang menyenangkan tetapi juga ketenangan dan kenyaman sebuah mobil premium untuk seluruh penumpangnya. Kami sangat bangga menjadikan Indonesia sebagai yang pertama di dunia untuk memperkenalkan N7X Concept, sebuah konsep yang akan mendefinisikan ulang mobil di kategorinya dan juga kesenangan berkendara,” Takehiro Watanabe, President Director PT Honda Prospect Motor.

PT HPM menghadirkan sosok N7X Concept di Dreams Cafe by Honda, Senayan Park, Jakarta dan dapat dilihat oleh masyarakat luas sampai dengan tanggal 6 Juni 2021. Informasi lebih lanjut mengenai mobil konsep N7X dan model Honda lainnya serta aktivitas Honda di Indonesia dapat dilihat di website www.honda-indonesia.com dan akun media sosial @hondaisme.

Merasakan Kenyamanan Hyundai New Santa Fe

Hyundai Santa Fe

JAKARTA, Carvaganza - Hyundai New Santa Fe menjadi versi facelift yang mendapat banyak penyempurnaan telah resmi meluncur di Indonesia tahun 2021 ini. Hyundai telah membuat New Santa Fe versi facelift generasi keempat ini naik kelas ke arah premium, melalui kualitas material yang lebih baik dan fitur yang lebih lengkap. Rangkaian perubahan ini membuat perjalanan bersama Hyundai New Santa Fe terasa semakin memanjakan pengendara.

Dari tampilan eksterior, Hyundai menginterpretasikan gaya desain yang lebih berani untuk New Santa Fe. Mulai dari desain grille depan yang lebih besar, dipadukan dengan kisi-kisi chrome memancarkan aura mewah dan gagah. LED DRL berbentuk T menjadi identitas baru lini SUV Hyundai, mengikuti gaya Palisade yang sekelas di atasnya. Reflektor merah yang menjadi penghubung kedua lampu belakang mengikuti tren desain yang kini banyak diadopsi oleh pabrikan premium asal Eropa.

Masuk ke dalam kabin, kita serasa diajak berkendara dengan SUV mewah nan high tech, lewat sejumlah ubahan dan upgrade. Nuansa cerah dan berkelas langsung menyambut, lewat warna baru trim pelapis pada jok, dashboard dan pintunya. Material soft touch di setiap sudut titik sentuh memberikan kesan premium yang kuat bagi setiap penumpang.

interior Hyundai New Santa Fe 2021

Selama perjalanan, pengemudi mendapat sajian ragam informasi yang lebih atraktif dan detail. Pasalnya, panel instrumen yang sekarang sepenuhnya digital menggunakan layar LCD besar dengan dimensi 12,3 inci. Jadi selain bisa mendapatkan informasi berkendara yang lengkap pada MID, pengemudi juga bisa menikmati tampilan speedometer dan tachometer yang menarik berdasarkan mode berkendara yang dipilih.

Kesan modern lainnya yang disajikan untuk pengemudi dan penumpang di depan adalah sistem infotainment yang mengandalkan layar sentuh 8 inci. Fitur ini sudah kompatibel dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Di antara rangkaian kompartemen yang mendukung kepraktisan di konsol tengah, terdapat tombol transmisi shift-by-wire yang membuat dashboard semakin seamless. Begitu juga dengan tombol selector mode berkendara, yang kini semakin mudah dijangkau dan dioperasikan.

Interior Hyundai New Santa Fe

 

Kenikmatan penumpang selama perjalanan datang dari pencahayaan kabin alias ambient lighting yang memiliki 64 pilihan warna, mengikuti lekuk trim interior. Nuansa berbeda akan diberikan dari setiap pilihan warnanya, saat malam hari. Begitu juga dengan hadirnya panoramic sunroof untuk bisa menikmati pemandangan langit di atas.

Selama perjalanan, penumpang tidak perlu khawatir kehabisan baterai gadget karena di baris kedua sudah tersedia dua unit USB charging port. Sementara jika ingin mengajak penumpang lebih banyak dan duduk di baris ketiga, aksesnya mudah karena hanya cukup dengan sentuhan tombol untuk melipat kursi baris kedua yang disebut one touch walk in. Sementara kalau mau melipat sepenuhnya kursi baris kedua untuk memperluas bagasi, terdapat tombol one touch fold in di bagian bagasi.

interior Hyundai New Santa Fe 2021

Di atas aspal, New Santa Fe memberikan sensasi berkendara yang menyenangkan lewat kenyamanannya yang membuat terlena. Selain karena performa mesin dan transmisi yang powerful, Hyundai New Santa Fe terasa tenang karena minimnya getaran dari mesin. Kekedapan kabin yang ditingkatkan menjadi nilai plus lainnya untuk menikmati perjalanan bersama New Santa Fe.

Melakukan perjalanan jauh bersama Hyundai New Santa Fe akan menjadi pengalaman yang menyenangkan, dengan rangkaian fitur pendukungnya. Apalagi dengan kenyamanan yang disajikan, membuat perjalanan terasa tidak melelahkan karena dimanjakan fasiltias bernuansa premium.

Dibanderol Lebih dari Rp 1 Miliar, Ini Dia Kelebihan Honda Civic Type R 2021

Honda Civic

JAKARTA, Carvaganza – Kehadiran New Honda Civic Type R 2021 menjadi pelepas dahaga untuk para penggemar mobil sport asal Jepang itu di Tanah Air. Pasalnya setelah diluncurkan pada 2017, baru kali ini Civic Type R mendapat peremajaan pada sektor eksterior, interior, fitur, performa maupun kenyamanan berkendara.

Memiliki predikat Type R, tentu saja mobil ini berorientasi penuh pada kesan dan performa balap yang maksimal. Sehingga terdapat penyempurnaan juga pada bagian mesin dan kerja transmisi untuk menghasilkan feeback yang lebih maksimal lagi dibanding versi sebelumnya.

PT Honda Prospect Motor (HPM), agen pemegang merek Honda di Indonesia, terlihat cukup serius meremajakan salah satu mobil yang paling ikonik yang pernah dimiliki Honda di dunia sejak dulu ini. Jadi banderol yang mencapai Rp 1,1 Miliar, terasa tidak berlebihan untuk menebus New Honda Civic Type R 2021. Inilah beberapa ubahan dan hal-hal menarik yang terdapat pada New Honda Civic Type 2021 yang baru saja diluncurkan secara oleh HPM. 

Eksterior

Honda Civic Type R 2021

Versi tahun 2021 Honda Civic Type R datang dengan konsep desain eksterior yang terinspirasi dari mobil balap. Bodi yang aerodinamis membantu mobil agar memiliki keseimbangan yang apik saat bermanuver. Terdapat beberapa ornamen balap seperti side skirt, carbon effect fiber serta Underbody Spoiler Kit dengan Red Striping di beberapa sudut eksteriornya. Selain itu pada sektor pencahayaan Civic Type R terbaru sudah dilengkapi dengan Full LED headlights dan LED (DRL) Daytime Running Lights.

Honda Civic Type R 2021

Pada model facelift ini New Honda Civic Type R tampil lebih agresif dan tentu saja kental akan aura sportif. Terdapat sentuhan baru pada desain bumper depan dan belakang yang menggunakan diffuser. Selain itu Rear Wing Spoilernya pun dibuat lebih mencolok dengan Vortex Generator di atap belakang.

Untuk mempercantik bagian rodanya New Civic Type R ini menggunakan velg Alloy berukuran 20 inci dengan desain yang juga baru. Tersedia pula fitur Tire Pressure Monitoring System yang dapat memonitor tekanan angin dari panel instrument. Sedangkan beberapa tampilan lain yang masih dipertahankan diantaranya, Multi-Angle Rearview dan Triple Exhaust with Finisher.

Interior

Honda Civic Type R 2021

New Honda Civic Type R memiliki nuansa sporty di dalam kabinnya seperti jok dengan material Suede Fabric berkelir merah juga lingkar kemudinya yang dibungkus dengan material Alcantara. Untuk meningkatkan aura sport saat dikendarai New Civic Type R juga dibekali dengan fitur i-MID yang menampilkan berbagai pilihan mode Driving (+R, Sport, Comfort). Selan itu tersediap pula Throttle/Brake input display, G-Meter dan lap time recorder yang memudahkan pengendara untuk mengetahui kondisi mobil.

Pada layanan hiburan tersedia head unit dengan layar sentuh 7” yang dapat disambungkan ke smartphone melalui USB atau Bluetooth. Sama seperti Civic Type R sebelumnya, pada model terbarunya terdapat Audio Steering Switc yang bertengger di lingkar kemudi dan Meter Cluster Steering Switch, Hands Free Telephone Switch, Cruise Control, serta Dual Zone Auto A/C.

Honda Civic Type R 2021

Terdapat pula New Wireless Charging di kabin depan pada konsol tengah yang dipadukan dengan Shift Knob.

Selain fitur di atas, New Honda Civic Type R juga dibekali dengan berbagai peranti keselamatan aktif dan pasif di antaranya adalah Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA ), dan Anti-Lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Terdapat pula fitur kenyamanan dan keamanan lainnya seperti Rain Sensing Front Wipers, Walk Away Auto Door Lock, Auto Door Lock by Speed, dan Smart Entry System dengan Push Start Stop Button. New Honda Civic Type R juga dilengkapi dengan Lane WatchTM yang dapat memberikan penglihatan lebih luas pada samping kiri kendaraan dan meminimalkan blind spot area.

Performa

Honda Civic Type R 2021

New Honda Civic Type R masih mempercayakan mesin 4-silinder 2.0 liter VTEC Turbo yang juga digunakan pada generasi sebelumnya. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal 308 hp dan torsi maksimal 400 Nm yang mulai menendang pada putaran 2.500 – 4.500 rpm. Tenaga Civic Type R disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan dengan Rev Match System yang memungkinkan mobil mempertahankan tenaga maksimumnya saat perpindahan gigi.

Honda Civic Type R 2021

Selain itu untuk mendukung performanya tersebut, New Honda Civic Type R juga sudah dilengkapi dengan sasis, suspensi, serta kemudi yang responsif dan stabilitas kecepatan tinggi yang sudah ditingkatkan dari sebelumnya. Pada model terbaru ini terdapat Re-Setting Adaptive Damper System yang memaksimalkan kerja suspensi saat diajak menikung maupun membaca permukaan jalan yang tidak rata.

New Honda Civic Type R dibanderol dengan harga Rp 1,177,000,000,- on the road Jakarta dengan tiga pilihan warna yaitu Rallye Red, Brilliant Sporty Blue Metallic, dan Championship White. CARVAGANZA

Artikel yang direkomendasikan untuk anda