Beranda Updates Wuling Indonesia Masih Produksi Chevrolet Captiva di Cikarang

Wuling Indonesia Masih Produksi Chevrolet Captiva di Cikarang

Chevrolet Captiva

DENPASAR, Carvaganza — General Motors (GM) resmi mengumumkan penghentian penjulan Chevrolet di Thailand. Mereka juga akan menjual pabrik mereka di Rayong akhir tahun ini. Bagaimana dengan ekspor Captiva yang dilakukan di pabrik Wuling Indonesia?

Wuling Motors menjadi salah satu penyuplai Cehvrolet model Captiva di pabrik Cikarang, Jawa Barat. Model kemudian diekspor ke beberapa negara termasuk Thailand. Mereka melakukan pengiriman perdana pada September tahun lalu. Menyikapi situasi di Thailand, Wuling mengatakan tidak terpengaruh. Mereka tetap menjalankan bisnisnya seperti biasa.

Brian Gomgom, Media Relations Wuling Motors, mengatakan hingga kini pihaknya tetap menerima pesanan dan mengekspor Chevrolet Captiva untuk Thailand. Pabrik di Cikarang tetap menelurkan kembaran Almaz untuk pasar luar itu.

“Chevrolet di Thailand, untuk itu kami kan pihak yang memproduksi barang dan mengirimkan barang. Jadi kami akan melihat permintaan mereka seperti apa. Jadi ketika mereka meminta, kami siap jalankan,” ujarnya saat ditemui di sela peluncuran kolaborasi Wuling Motors dengan tim sepak bola Bali United, Senin (24/2/2020).

Baca juga: Perkuat Brand, Wuling Motors Sponsori Tim Sepak Bola Bali United

Kembaran Almaz

Di Indonesia, pabrik Cikarang memproduksi Almaz yang dilabeli Captiva. Produk ini diekspor ke Thailand dan dua negara lain yaitu Fiji dan Brunei Darussalam. Inisiasi pengiriman Captiva pada September 2019 lalu. Pengiriman saudara kembar Almaz ke tiga negara, sesuai dengan yang ditargetkan.

Saat inisiasi Wuling bilang mengekspor 2.600 unit. Sementara dari laporan terbaru, total ekspor 2019 tercatat 2.678 unit, dengan rata-rata pengiriman 200-an unit untuk masing-masing negara per bulannya.

“Sebenarnya bisa ditanyakan soal itu (setop pesanan Captiva-red) kepada mereka (GM Thailand), bagaimana permintaan mereka. Untuk rencana ekspor lain, kami akan melihat dulu. Karena itu lagi-lagi pihak yang memproduksi dan mengirimkan. Kami akan melihat permintaannya seperti apa. Jadi lagi, semua kembali ke pihak sana,” kata Gomgom.

Baca juga: Rebadge Almaz Jadi Captiva di Indonesia, Ini Kata Wuling

Pabrik GM di Rayong, Thailand (Foto: bangkokpost.com)

Spesifikasi Sama

Seperti diketahui, Wuling dan Chevrolet berada di bawah naungan SGMW, di mana General Motors (GM) hadir sebagai salah satu pemegang sahamnya. Pabrik Wuling di Indonesia dipercaya sebagai salah satu basis produksi. Di Cikarang Wuling memproduksi Almaz untuk pasar dalam negeri. Selain itu, SUV ini ditempeli badge Chevrolet Captiva untuk dijual ke pasar ekspor.

Jika bicara spesifikasi, Almaza maupun Captiva tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Bisa dikatakan keduanya mirip. Di sektor dapur pacu, sama-sama mengandalkan mesin 1,5 liter turbo berdaya 141 hp dan torsi maksimal 250 Nm. Output itu dikirim ke penggerak roda depan melalui transmisi CVT.

Berbagai kesamaan uga terdapat pada fitur. Misalkan panoramic sunroof, layar sentuh infotainment 10,4 inci, dua kantong udara, ABS+EBD+BA, electronic stability control, hill hold control, auto vehicle holding, rem parkir elektrik dan traction control system. Bedanya, sistem perintah suara canggih WIND eksklusif untuk Almaz Indonesia.

Baca juga: GM Thailand Tutup, Ekspor Chevrolet Captiva dari Pabrik Wuling Masih Aman

ARDIANTOMI | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Grup Astra Berpartisipasi Pada Pelepasan Eskpor Dipimpin Presiden Joko Widodo

JAKARTA, carvaganza -  Grup Astra pada hari ini, Jumat (4/12) ikut berpartisipasi pada acara Pelepasan Ekspor dari Indonesia ke pasar global yang dipimpin Presiden...

Beli Peugeot Bulan Desember, Dapat Voucher Belanja Plus Cicilan Ringan

JAKARTA, Carvaganza -- Desember identik dengan musim liburan. Pengujung tahun 2020 juga menjadi waktu bagi para agen pemegang merek memberikan panawaran istimewa untuk konsumen,...

Lebih dari 8.000 Peserta Ramaikan Kompetisi Balap Virtual Honda Brio

JAKARTA, Carvaganza -- Mobile game berbasis android bertajuk Brio Virtual Drift Challenge digelar PT Honda Prospect Motor (HPM) pada September 2020 lalu. Untuk menambah...

Shell Terbitkan Buku 10 Tahun Partisipasi Indonesia di Shell Eco-marathon

JAKARTA, Carvaganza -- Shell memberikan sarana bagi anak muda dalam berkreasi dan berinovasi. Salah satunya melalui Shell Eco-marathon (SEM) Asia dan juga Drivers’ World...

Ichan Chaniago Terpilih Jadi Ketua Umum Baru AXIC 2020-2020

JAKARTA, Carvaganza - Komunitas otomotif besar di Indonesia, AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC), memiliki ketua umum baru di ujung tahun ini. Melalui pemilihan ketua umum...