Toyota Supra Mendiang Paul Walker di Fast & Furious Dilelang, Berapa Harganya?

SCOTTSDALE, Carvaganza – Sebagai pecinta otomotif, khususnya untuk dunia modifikasi, siapa yang tidak kenal Toyota Supra dengan kelir oranye satu ini? Ya, Supra A80 yang melejit popularitasnya setelah tampil menjadi salah satu bintang The Fast & The Furious tahun 2001 lalu. Mobil ini dikendarai oleh duet fenomenal Paul Walker dan Vin Diesel yang berperan sebagai komplotan pembalap liar.

Sejak populer di film, Supra satu ini kemudian banyak ditiru modifikasinya oleh banyak orang, baik dalam dunia nyata maupun dikreasikan ulang di berbagai video game. Kini, salah satu dari mobil yang dipakai di film tersebut sedang mencari pemilik baru. Balai lelang mobil koleksi di Amerika Serikat, Barrett-Jackson, mendaftarkan Supra satu ini untuk dilelang bulan depan.

Toyota Supra Paul Walker

Selain menjadi bintang dalam film bersama Paul Walker, mobil ini juga punya pengaruh besar dalam membentuk skena atau tren modifikasi mobil di awal millennium ketiga ini. Bisa dibilang, tren produk aftermarket ikut terdongkrak berkat franchise film yang tahun ini merilis Fast 9. Entah Anda pecinta mobil sport murni atau penggemar film tersebut, tentu Supra ini bisa menjadi koleksi menarik di dalam garasi.

Unit yang ditawarkan adalah Supra keluaran tahun 1994, yang ditawarkan sebagai unit satu-satunya. Selain spesifikasi yang menarik, mobil ini tersedia dengan dokumentasi lengkap termasuk sertifikat keasliannya. Cuma mungkin gaya modifikasinya agak tertinggal kalau mengikuti tren saat ini.

Toyota Supra Paul Walker

Secara spesifikasi, eksteriornya dilabur cat oranye dengan nama spesifik Candy Orange Pearl, yang diadopsi dari cat supercar Lamborghini Diablo. Cutting sticker bermotif “Nuclear Gladiator” juga terpasang menghiasi bagian samping mobil, persis seperti di filmnya. Ubhan visual eksterior lainnya juga mencakup body kit Bomex, kap mesin ala TRD, sayap belakang alumunium dari APR, dan velg 19 inci Dazz Motorsport Racing Hart M5.

Biasanya, mobil yang menjadi properti film tidak diberi sentuhan interiornya. Namun berbeda dengan Supra ini, karena juga digunakan untuk pengambilan gambar interior, jadi ubahannya lebih menyeluruh. Terlihat dalam foto, paduan warna hitam dan biru menjadi tema dari ubahan interior Supra Mk4. Kekmudian beberapa meter cluster tambahan terpasang di dashboard sisi penumpang, yang disudutkan ke arah pengemudi.

Toyota Supra Paul Walker

Kualitas dan kondisi dari setir, jok, head unit dan sejumlah aksesori interior dijamin masih cukup baik untuk mobil yang sudah berusia 20 tahun lebih. Yang kemungkinan akan mengecewakan adalah shift knob manual yang terpasang pada tuas yang sebenarnya merupakan bagian dari transmisi otomatis.

Hal lain yang bisa saja mengecewakan atau justru menarik, adalah fakta bahwa bagian mesin tidak sama sekali mengalami ubahan dan modifikasi. Mesin legendaris 2JZ-GTE enam siinder 3.0 liter turbocharged yang terpasang di balik bonnet masih seperti bawaan pabrik. Walau tidak ada modifikasi, namun setidaknya kondisi mesin bisa saja lebih prima karena belum diutak-atik. Sementara transmisinya, seperti disebut di atas, adalah otomatis 4-percepatan yang terhubung ke roda belakang.

Sampai saat ini belum ada estimasti berapa harga mobil Supra Paul Walker ini akan ditawarkan dalam lelang. Namun kemungkinan besar nilainya tidak akan kecil, mengingat nilai subyektif yang dimiliki mobil ini. Pelelangan akan dibuka pada akhir pekan tanggal 17-19 Juni 2021 mendatang.
WAHYU HARIANTONO / RS

Sumber: Carscoops

Artikel yang direkomendasikan untuk anda