9 Kolektor Mobil Tergila di Dunia, Punya Koleksi Ratusan Mobil Mewah dan Langka

9 Kolektor Mobil Tergila di Dunia, Punya Koleksi Ratusan Mobil Mewah dan Langka

JAKARTA, Carvaganza – Anda atau mungkin saya mengaku sebagai seorang car enthusiast sejati. Berlagak paling tahu segalanya tentang mobil dan bercerita tentang berapa banyak mobil yang pernah dimiliki atau dikendarai. Padahal, kita tak punya koleksi lebih dari ratusan mobil mewah dan klasik seperti sembilan orang berikut ini.

Berapa banyak mobil yang Anda punya, tiga, lima, sepuluh, lima puluh? Well, orang-orang yang ada di artikel ini akan membungkam mulut Anda. Kalau mereka mengaku sebagai seorang gearhead kelas berat, Anda tak akan komplain karena jumlah kendaraan yang mereka koleksi benar-benar banyak!

Tidak hanya banyak, tetapi mobil yang berhak masuk garasi mereka hanya segelintir saja orang lain yang mampu memilikinya. Jelas butuh pundi-pundi yang besar untuk bisa memiliki garasi besar berisi mobil-mobil mewah nan langka. Belum lagi biaya yang harus dikeluarkan untuk merawat masing-masing permata beroda mereka itu.

Memang harus diakui, hampir semua kendaraan yang mereka miliki ini sifatnya investasi. Artinya nilainya justru akan semakin mahal seiring berjalan waktu. Tetapi sembari menunggu nilainya naik, mereka bisa menikmatinya dan memandanginya sepanjang dan selama yang mereka suka. Nah, siapa tahu mereka dan artikel ini dapat menginspirasi Anda untuk memulai garasi besar dan mengisinya dengan koleksi kendaraan mewah Anda sendiri nanti.

9. Manny Koshbin

Manny Koshbin

Mungkin Anda belum mengenal Manny Koshbin. Lahir di Iran tahun 1971, pria ini pindah ke Amerika Serikat di usia 14 tahun dan memulai kariernya bekerja sebagai karyawan di salah satu toserba. Rajin bekerja, Ia kemudian diangkat menjadi asisten manajer dan beberapa kali mendapat anugerah karyawan terbaik.

Ia kemudian pindah kerja sebagai seorang wiraniaga. Dalam dua bulan ia menjadi sales terbaik dengan penjualan terbanyak. Pada 1991 ketika ayahnya meninggal, seorang broker mendatanginya dan mengajaknya untuk menginvestasikan seluruh tabungannya di perusahaan orang tersebut. Ternyata ia ditipu.

Manny Koshbin

Namun ia tak mudah menyerah. Ia kemudian bekerja sebagai seorang agen real estate. Ternyata ia sukses dan dalam enam bulan bisa mendirikan perusahaannya sendiri yang diberi nama The Koshbin Company. Ia membagikan kisah suksesnya dengan menulis buku berjudul ‘Driven: The Never-Give-Up Roadmap to Massive Success’ yang membuat namanya mulai populer.

Manny Koshbin

Kini ia memiliki channel Youtube dan sudah memiliki lebih dari 1 juta subscriber. Di channel Youtube miliknya, Ia sering memamerkan koleksi mobil mewah nan langka yang tersimpan di garasinya yang modern.

Beberapa koleksi langka miliknya, satu-satunya di dunia Hermes Edition Bugatti Chiron, McLaren P1, Mercedes-AMG ONE, McLaren Speedtail, Ford GT dan masih banyak lagi lainnya. Di setiap video yang Ia unggah, Manny sangat terbuka terhadap setiap koleksinya.

8. Jay Leno

Jay Leno

Kalau Jay Leno sepertinya sudah tak perlu diperkenalkan lagi. Komedian dan presenter Televisi NBC yang aktif di program ‘Tonight Show with Jay Leno’ mulai mengudara sejak 1992. Karier panjang di dunia hiburang memungkinkan pria asal New York kelahiran 1950 ini mengumpulkan koleksi kendaraan mewah nan langka.

Jay Leno

Leno memang seorang penggemar mobil sejati, tak hanya sekedar membeli dan memilikinya, Ia juga seseorang cukup paham otomotif. Makanya mobil-mobil yang ada di garasinya semua terawat sempurna. Banyak diantara mobil-mobil klasik koleksinya yang memiliki nilai lebih berharga ketimbang mobil lainnya karena kondisinya yang istimewa. Jay Leno adalah contoh seorang kolektor yang benar-benar penggemar mobil sejati. Ia bukan memandang mobil bukan hanya sebagai alat investasi.

7. Sultan Hassanal Bolkiah

Sultan Hassanal Bolkiah

Siapa yang tak kenal dengan Sultan Hassanal Bolkiah, Sultan Brunei Darussalam. Perdana Menteri Brunei ini pada 2008 dihitung jumlah kekayaannya oleh Forbes dan diperkirakan mencapai US$ 20 miliar. Pria yang pada 2017 lalu merayakan 50 tahun kekuasaannya di Brunei ini memiliki banyak sekali koleksi mobil mewah di garasinya.

Sebut saja mobil-mobil seperti GTR McLaren F1, Pagani Zona, Ferrari 456M Wagin hingga RHD CLK GTR Convertible yang Cuma ada satu di dunia. Masih banyak lagi mobil-mobil yang Cuma dibuat satu di dunia berakhir di garasi rumahnya.

Sultan Hassanal Bolkiah

Kadang-kadang satu persatu mobil-mobil tersebut dijual oleh sang Sultan, tentunya dengan banderol yang bikin mulut menganga. Selain karena eksklusiftiasnya, Sultan Brunei ini sangat piawai menentukan spesifikasi untuk mobil-mobil yang ia beli. Biasanya hanya mobil varian tertinggi dengan spesifikasi yang langka pula.

Namun amat disayangkan, banyak diantara koleksi mobil-mobil mewah dan langka miliknya diperlakukan hanya sebagai alat investasi saja. Karena kebanyakan mobil-mobil miliknya tersimpan di garasi untuk selamanya bukan untuk dikendarai dan dinikmati selayaknya sebuah mobil yang menyenangkan untuk dikemudikan. Contohnya GTR McLaren F1 miliknya terkunci rapat di garasi dan tak pernah melihat matahari. Miris.

6. Jay Kay

Jay Kay

Pemain band Jamiroquai nan eksentrik ini juga seorang penggemar mobil yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Ia memiliki Lamborghini Miura SV, Porsche Carrera Gt, Ferrari 275, Volvo 850R Estate, McLaren 675LT, Ferrari LaFerrari dan masih banyak lagi koleksio mobil eksotis lainnya.

Jay Kay

Pesonanya sebagai seorang kolektor mobil sejati membuatnya sering tampil di televisi sebagai bintang tamu program otomotif seperti Top Gear. Untungnya, bukan sekedar mengumpuilkan mobil, ia juga dikenal senang menyiksa mobil-mobil berperforma tinggi miliknya mati-matian di lintasan balap. Salut!

5. Dimitry Lomakov

Dimitry Lomakov

Tidak banyak penggemar otomotif yang tahu siapa Dimitry Lomakov. Wajar saja, karena koleksi mobilnya bukanlah mobil-mobil mewah berperforma tinggi. Malah kalau Anda main ke garasinya, isinya kebanyakan mobil-mobil tua yang kalau dilihat biasa saja.

Hitler Mercedes-Benz

Namun ia bisa sombong, karena setiap koleksinya memiliki sejarah yang sangat bernilai. Contohnya, ia memiliki mobil Hitler. Koleksi yang bahkan seorang Sultan Hassanal Bolkiah sekalipun tak sanggup untuk memilikinya. Ya, Mercedes 540K menakutkan yang tersimpan di garasi rumahnya adalah bekas mobil operasional yang dipakai oleh pemimpin NAZI, Adolf Hitler semasa menjabat.

Selain mobil Hitler, pengusaha Rusia ini juga memiliki Mercedes 320A yang juga sebelumnya digunakan oleh Martin Bormann salah satu figur utama pemimpin partai NAZI. Berlian yang punya nilai karena bekas milik tokoh dunia yang sangat terkenal dan ditakuti di dunia pada masanya.

4. Sheikh Hamad Bin Hamdan Al Nahyan

Sheikh Hamad

Soerang Sheikh flamboyan anggota keluarga kerajaan Uni Emirat Arab (UEA) yang telah berkuasa lebih dari tiga abad lamanya. Suda terbayang kan seberapa kaya dirinya? Tak salah kalau Ia memiliki satu pulau seluas 50 km persegi yang besarnya sendiri lebih besar dari Abu Dhabi, Ibu Kota UEA.

Apa jadinya kalau orang sekaya itu punya hobi mengoleksi mobil. Ia membangun Emirates National Auto Museum yang berukuran 100 meter kali 100 meter untuk menyimpan lebih dari 400 mobil koleksi pribadinya. Menariknya, koleksi mobilnya bukan mobil sembarang. Ia senang memodifikasi kendaraannya menjadi kendaraan unik.

Sheikh Hamad

Misalnya truk beroda sepuluh, Dodge Power Wagin setinggi 20 meter, Mercedes-Benz S-Class Monster Truck hingga Gullwing Mercedes-Benz 560. Sang Sheikh tak malu-malu menunjukan hobinya itu. Bukan hanya membuka museum pribadinya untuk umum, tetapi ia juga sering membawa mobil-mobil beroda raksasa koleksinya ke jalanan.

Bukan penguasa namanya kalau tak bisa melakukan apa yang ia mau. Makanya kalau sedang membawa jalan-jalan kendaraan-kendaraan monster miliknya, ia harus menutup jalan atau membawanya bermain ke gurun pasir.

3. Nick Mason

Nick Mason

Satu lagi bintang rock masuk ke daftar kolektor mobil tergila di dunia. Namanya mungkin tak asing di telinga pendengar musik rock. Nick Mason, drummer Pink Floyd punya hasrat mengumpulkan mobil-mobil super berperforma tinggi yang langka. Sebut saja Ferrari Enzo, Ferrari 250 GT), Maserati 250F hingga McLaren F1 GTR.

McLaren F1 GTR Nick Mason

Sama seperti Jay Kay, Nick Mason juga sering tampil di televisi untuk diwawancara tentang hobi dan kegemarannya mengoleksi mobil. Ia bahkan tampil di program Top Gear episode Enzo. Ketika itu Jeremy Clarkson secara khusus mereview mobil Mason. Sebagai penggemar berat Ferrari, Mason juga masuk dalam daftar sedikit konsumen VIP Ferrari yang boleh membeli Ferrari spesial edisi terbatas.

2. Ralph Lauren

Ralph Lauren

Punya reputasi sebagai pemilik brand raksasa fashion, Ralph Lauren, koleksi mobilnya pun berkelas. Ia memiliki mobil-mobil seperti Ferrari 250 GTO, Bugatti Type 57S Atlantic Drophead Coupe, dua mobil legendaris senilai puluhan miliar dolar AS.

Ralph Lauren McLaren F1

Ralph lauren total memiliki 70 mobil dan tak ada satupun yang tak istimewa. Pria berkelas ini pantas menjadi salah satu kolektor favourite kami karena pilihan koleksinya yang legendaris.

1. Rowan Atkinson

Mr Bean, Rowan Atkinson

Dikenal sebagai Mr. Bean dan Johnny English, nama Rowan Atkinson sangat akrab di kalangan kolektor mobil dunia. Tak usah ditanya hasrat kesukaannya terhadap mobil. Kami bahkan pernah menulis tentang dirinya yang menabrakkan McLaren F1 miliknya dua kali hingga menghabiskan dana lebih dari US$ 1 juta untuk perbaikan.

Rowan Atkinson McLaren F1

Pria Inggris terhormat ini juga mempunyai Honda NSX, Mercedes-Benz SLS hingga Rolls-Royce Phantom Drophead Coupe. Masih banyak lagi tentunya, tetapi yang jelas hampir semua koleksinya berkelas dan menunjukkan dirinya sebagai penggemar mobil sejati. Sayangnya, Rowan Atkinson tak terlalu terbuka terhadap koleksi kendaraannya yang disimpan di garasi tertutup.
RIZKI SATRIA

Baca juga: 10 Mobil dengan Pintu Gullwing Paling Ikonik

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature