Beranda New Cars Toyota Supra GT Concept, Senjata Kembali ke Super GT

Toyota Supra GT Concept, Senjata Kembali ke Super GT

TOKYO, 11 Januari 2019 – Langsung dari ajang Tokyo Auto Salon 2019, Toyota resmi mengumumkan Toyota Supra akan kembali ke kejuaraan balap turing paling bergengsi di Jepang, yaitu Super GT. Bersamaan dengan itu, diperkenalkan konsep Toyota GR Supra GT. Group Editor in Chief and Publisher Carvaganza, Munawar Chalil, melaporkan langsung dari Tokyo.

Supra akan bergabung ke Super GT pada tahun 2020 mendatang, dengan masuk di kelas GT500, melanjutkan tugas dari Lexus LC yang akan melakoni musim balap terakhirnya tahun ini. Versi produksi dari Supra sendiri akan diluncurkan saat Detroit Motor Show 2019, bulan ini.

Tahun 2020 akan menjadi tahun pertama merek Toyota kembali berlaga di Super GT, setelah sejak tahun 2007 diwakili oleh Lexus. Supra pun akan tampil perdana di Super GT sejak terakhir kali tampil pada tahun 2006, menjadi mobil yang sangat populer di kalangan pecinta balap.

Supra pertama kali tampil di balapan yang sebelumnya bernama Japan Great Touring Championship (JGTC) itu pada tahun 1995, di kelas GT500. Antara tahun 1995 sampai 2006, Supra telah meraih gelar juara sebanyak empat kali pada tahun 1997, 2001, 2002 dan 2005.

Untuk Supra GT Concept sendiri, wujudnya hampir mirip dengan GR Supra Racing Concept yang lahir tahun lalu. Bedanya, eksterior Supra GT menggunakan aero kit yang lebih ekstrim, telah disesuaikan dengan regulasi Super GT, sementara GR Supra Racing masih setara GT3.

Wide body, splitter depan besar, sayap belakang lebih besar dan diffuser lebih agresif dirancang agar mobil ini bisa menghasilkan aero grip yang maksimal di sirkuit. Sayangnya belum ada informasi terkait spesifikasi mesin untuk Supra GT Concept.

Supra GT nantinya akan turun di Super GT melalui tim pabrikan Toyota Gazoo Racing, maupun tim-tim privateer yang berminat mengandalkan performa Supra.

MUNAWAR CHALIL (TOKYO)

Subscribe to our newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

Video Terbaru Youtube Carvaganza