Toyota Eco Youth 2021 Ajak Generasi Muda Ikut Kurangi Emisi Karbon

Toyota Eco Youth 2021

JAKARTA, Carvaganza - Dalam upaya mengurangi kualitas udara dan lingkungan yang lebih baik tentu saja dibutuhkan keterlibatan berbagai pihak, tidak hanya pelaku industri tetapi peran serta dari masyakat luas.  Isu tersebut kemudian menjadi topik utama penyelenggaraan Toyota Eco Youth (TEY) 2021 yang ingin melibatkan generasi muda untuk mengubah gaya hidup yang lebih ramah lingkungan untuk mewujudkan penurunan emisi karbon secara menyeluruh. 

Toyota Indonesia melihat anak muda di Indonesia merupakan populasi terbesar di Indonesia berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) hasil sensus Penduduk 2020 menyebutkan Usia Muda Dominasi Penduduk Indonesia. Dari total 270 juta jiwa penduduk, sebesar 54% merupakan generasi milenial dan generasi Z. Hal ini menandakan bahwa mayoritas masyarakat Indonesia merupakan anak muda yang dapat ditanamkan kepeduliannya sejak dini akan pentingnya keberlangsungan penghijauan yang berdampingan dengan pertumbuhan ekonomi.

Pada penyelenggaraan TEY yang ke-12 ini, Toyota akan mewadahi ide-ide 50 sekolah pemenang kompetisi TEY sebelumnya. Nantinya tiap sekolah akan diwakili oleh 2 siswa yang didampingi 1 guru sebagai pembimbing untuk menggiatkan kepedulian untuk pengurangan emisi karbon dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan. TEY ke-12 mengajak kreativitas peserta membuat proyek yang mengangkat isu Pentingnya Netralitas Karbon di Kalangan Generasi Muda dan Implementasinya yang nantinya akan digitalisasi sehingga dapat terus menjadi sumber pembelajaran bagi kalangan muda dan masyarakat umum lainnya.

Toyota Eco Youth 2021

“Partisipasi aktif generasi muda dalam upaya mengurangi karbon sebagai musuh bersama dapat diwujudkan melalui aktifitas TEY ke-12. Program TEY dapat menjadi ajang inisiatif dan eskalasi kreativitas generasi muda untuk mengembangkan ide-ide sederhana menjadi inovasi memerangi emisi karbon yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Tentunya program TEY tidak akan berlangsung secara konsisten selama 12 tahun tanpa adanya dukungan dan sinergi positif dari pemerintah, sekolah, dan komunitas yang terkait hingga para expert yang berpengalaman di bidangnya. Generasi masa kini pun didukung dengan literasi dan akses teknologi sehingga gerakan pengurangan jejak karbon dapat menjadi gaya hidup baru,” kata Bob Azam Direktur Corporate Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia.

Baca Juga: Carlos Ghosn Kembali Bersuara, Sebut Visi Elektrifikasi Nissan Tidak Inovatif

Hal tersebut disampaikan pada Kick Off TEY ke-12 hari ini, Jumat (17/12), yang diadakan secara hybrid dengan mengusung tema “Partisipasi Anak Muda Dalam Memerangi Emisi Karbon.” Pada acara tersebut hadir pula para pembicara dan penggiat netralitas karbon diantaranya  Dr. Ir. Bambang H., MM – Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Susy Herawati SE, MSc, - Kepala Bidang Penyelenggaraan Ekspose Generasi Lingkungan BP2SDM Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Mahawan Karuniasa, MM adalah seorang Akademisi sekaligus Ketua Umum Jaringan Ahli Perubahan Iklim dan Kehutanan Indonesia, Andien - penyanyi dan penggiat lingkungan hidup, serta Monica Khonado - Miss Earth Indonesia 2020.

Program TEY merupakan salah satu upaya nyata dalam mewujudkan komitmen Toyota Environmental 2050. Sebagai aktivitas kepedulian lingkungan dengan eksistensi lebih dari 1 dasawarsa, kehadiran TEY diharapkan dapat menginspirasi generasi penerus bangsa untuk menghasilkan inovasi untuk memerangi karbon sebagai musuh bersama dan mengurangi emisi karbon melalui ide-ide yang dikompetisikan.

Toyota Eco Youth 2021

Selain itu, Presiden Joko Widodo juga telah mengesahkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Nilai Ekonomi Karbon (NEK) yang akan menurunkan emisi karbon sebesar 41% dengan dukungan internasional pada tahun 2030. Tentu saja kegiatan Toyota Eco Youth ini akan sejalan dengan program pemerintah dalam menghasilkan lingkungan yang lebih baik di masa depan. 

Toyota juga menghadirkan beberapa kendaraan yang memiliki emisi gas buang rendah dengan teknolohi Plug In Hybrid Electric Vehicle lewat Toyota Prius dan Toyota Corolla Cross.
ALVANDO NOYA / WH

Baca Juga: Kia Carens Hadir Lagi Lewat Generasi Keempat, Berubah Jadi SUV 7-Seater

Mobil Toyota Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature