Toyota bZ4X Concept Pamer Tampang, Calon SUV Listrik Berteknologi Subaru

TOKYO, Carvaganza – Di saat banyak pabrikan otomotif sudah bergerak ke segmen kendaraan full electric, Toyota selama ini justru bertahan bermain di kelas hybrid dan FCEV. Bahkan sampai line up hybrid Toyota sangat beragam di berbagai pasar. Namun, kini Toyota mulai tunjukkan minatnya untuk masuk ke segmen mobil listrk murni, lewat konsep terbarunya.

Toyota bZ4X Concept menjadi cikal bakal mobil listrik pertama Toyota yang akan beredar beberapa tahun mendatang. Bentuk SUV atau crossover dipilih, mengikuti minat pasar saat ini yang semakin gandrung kendaraan bongsor. Sepintas, tampilan desain bZ4X justru bisa diibaratkan menjadi versi elektrik dari RAV4 untuk generasi baru.

Konsep SUV listrik ini dikatakan sudah menunjukkan gambaran besar wujud dari versi produksi, yang memiliki tampilan desain sangat berani dan agresif. Bisa dilihat dari desain fascia depan yang diberikan lampu ramping mengikuti bentuk bonnet yang meruncing di ujungnya. Bagian depan tampil agak polos, karena tidak adanya grille demi meningkatkan aerodinamika yang sudah menjadi ciri khas mobil listrik. Saluran udara hanya melalui intake horizontal di sisi bawah bumper depan dengan aksen chrome.

Toyota-bZ4X-Concept-2022-

Bagian samping diberikan lekuk fender yang berotot di bagian atas, yang mengalir sampai ke bentuk bonet panjang bagian atas. Aksen two tone menghiasi sisi fender depan, diikuti garis bahu yang turun dan lebih rendah dari bonnet. Kaca depan tegak dilanjutkan dengan pilar D yang landai layaknya gaya desain SUV modern saat ini.

Saat melihat bagian belakan, bentuk lampu belakang mendominasi bagian sampingnya. Garis yang membentuk seperti capit besar ke arah luar body belakang, dihubungkan oleh strip LED yang semakin menjadi desain mainstream belakangan ini. Siluet dari ¾ arah samping dan belakang, bentuk bZ4X cenderung mirip dengan Lexus RX.

Di saat desain eksteriornya tampak out of the box, Toyota cenderung konservatif dengan desain interiornya yang tradisional. Setir palang tiga punya bagian hub yang tebal, belum pernah ada di model Toyota terbaru sebelumnya. Panel instrumen full digital dirancang layaknya HUD pada pesawat tempur, yang diposisikan rendah untuk menciptakan kesan lapang.

Bagian tengah dashboard bZ4X terpasang layar infotainment besar, yang untuk saat ini tidak disebutkan dimensinya. Konsol tengah yang tinggi didominasi trim gloss black, meliputi shifter model rotary seperti mobil listrik kebanyakan. Rangkaian tombol di dashboard dirancang minimalis, yang disertai kompartemen di bagian bawah.

Toyota-bZ4X-Concept-2022-

Soal spesifikasi untuk saat ini tidak diungkap oleh Toyota. Namun yang pasti, bZ4X adalah konsep yang Toyota kembangkan bersama Subaru, dengan platform e-TNGA. Kualitas dan durabilitas teknis Toyota akan dipadukan dengan keunggulan dari Subaru dalam hal drivetrain all-wheel drive (AWD). Kedua elemen tersebut akan memberikan pengalaman berkendara yang nyaman dan menyenangkan secara bersamaan.

Versi produksi dari Toyota bZ4X rencananya akan dirakit di China dan Jepang, untuk dipasarkan secara global mulai pertengahan tahun 2022. Nama bZ sendiri disebut berasal dari singkatan Beyond Zero, untuk menajdi sub-merek kendaraan listrik Toyota. Setidaknya akan ada tujuh model mobil listrik dengan label bZ dilahirkan, di antara total 15 model dalam rencana Toyota.
WAHYU HARIANTONO

Sumber: Carscoops

Artikel yang direkomendasikan untuk anda