Beranda Updates Toyota Boyong Aneka Mobil Listrik ke Indonesia Tahun Ini

Toyota Boyong Aneka Mobil Listrik ke Indonesia Tahun Ini

JAKARTA, Carvaganza.com — Toyota Indonesia kian serius mempopulerkan kendaraan elektrifikasi di Tanah Air. Toyota, dalam hal ini PT. Toyota-Astra Motor (TAM), siap menambah line-up kendaraan dengan teknologi ramah lingkungan itu untuk ditawarkan ke konsumen Indonesia. Mereka juga menegaskan soal waktu merilisnya yaitu dalam tahun ini.

Model-model yang ditawarkan tak hanya elektrik hibrida (Hybrd Electric Vehicle – HEV). Pabrikan asal Jepang itu juga akan menambah pilihan kendaraan elektrifikasi lain seperti kendaraan elektrik baterai (Battery Electric Vehicle – BEV) dan kendaraan elektrik hibrida colok (Plug-in Hybrid Vehicle – PHEV).

“Toyota akan terus melakukan upaya untuk mempersiapkan pasar dengan terus-menerus meningkatkan kesadartahuan publik tentang kendaraan elektrifikasi. Hal ini merupakan bagian dari komitmen dan kontribusi Toyota terutama dalam mendukung upaya pemerintah untuk mempercepat implementasi teknologi elektrifikasi di Indonesia,” tulis keterangan resmi Toyota Indonesia.

Memang belum ada info terkait model apa yang akan diperkenalkan di Indonesia. Sebagai informasi, saat ini TAM menjual 4 model HEV yaitu Corolla Altis Hybrid (yang dijual Rp 542,29 juta untuk single tone dan Rp 543,79 juta untuk dual tone), All New C-HR Hybrid (Rp 830,1 juta), All New Camry Hybrid (Rp 582,2 juta), dan New Alphard Hybrid yang harganya dirahasiakan.

Baca juga: Makin Serius, Toyota Produksi Mobil Elektrik Hybrid di Indonesia Tahun 2022

Produksi Sendiri di Indonesia

Pengumuman lebih mengejutkan disampaikan setelah itu. Toyota Indonesia yang mewakili dua entitas; PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan PT Toyota Astra Motor (TAM) juga menyebut langkah-langkah pendukung strategi elektrifikasi ini.

Toyota mengungkapkan rencana untuk memulai produksi model kendaraan elektrik hibrida (HEV) di Indonesia pada 2022 mendatang. Hebatnya, model HEV yang diproduksi lokal tersebut akan ditujukan tidak hanya untuk pasar domestik, namun juga untuk pasar ekspor. Artinya pabrik Toyota di Karawang dipercaya sebagai production base.

Toyota Indonesia, dalam keterangannya, berkomitmen untuk mengambil bagian dalam upaya menyebarluaskan kendaraan elektrifikasi seperti BEV, PHEV, dan HEV, termasuk di dalamnya rantai suplai dari komponen-komponen utama kendaraan elektrifikasi yang sesuai dengan kondisi di Indonesia dengan mempertimbangkan keunggulan dan tantangan dari masing-masing teknologi.

Indonesia merupakan salah satu basis produksi dan ekspor kendaraan serta komponen Toyota yang penting di Asia Pasifik. Toyota dan perusahaan-perusahaan grup Toyota di Indonesia memproduksi kendaraan dengan kandungan lokal tinggi di level 75% hingga 95%.

Toyota juga melakukan ekspor produk-produk otomotif berupa kendaraan utuh (Completely Built-Up – CBU), kendaraan terurai (Completely Knock Down – CKD), mesin bensin dan etanol, komponen, serta alat bantu produksi ke lebih dari 80 negara di kawasan Asia, Afrika, Amerika Latin, Karibia, Pasifik, dan Timur Tegah. Produksi lokal dan ekspor berkontribusi pada neraca perdagangan yang positif serta mendukung perkembangan industri dan ekonomi.

Baca juga: All-New Toyota Corolla Altis Rilis di Indonesia, Ada Varian Hybrid

Sosialisasi

Untuk sosialisai, Toyota sudah melakukannya jauh-jauh hari. Mereka selalu membawa mobil dengan teknologi terkini di ajang seperti Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Misalnya, pada 2029 lalu di bagian Beyond Technology Toyota  menampilkan deretan mobil hibrida seperti C-HR Hybrid, TS050 Hybrid, Prius PHEV GR, dan Hybrid X-Ray.

Sebelumnya Toyota mendukung aktivitas “Riset dan Studi Komprehensif Kendaraan Elektrifikasi” bersama dengan 6 universitas di Indonesia yang diprakarsai oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Dalam aktivitas tersebut, Toyota menyediakan alat riset berupa 18 unit mobil (6 Prius HEV, 6 Prius PHEV, dan 6 Corolla mesin bakar internal), data loggers, peralatan pengisian daya, dan asistensi teknikal.

Perusahaan-perusahaan dalam Grup Toyota berkomitmen untuk mendukung popularisasi kendaraan elektrifikasi termasuk di dalamnya BEV, PHEV, dan HEV dengan melakukan kerja sama dengan para pemangku kepentingan untuk menciptakan permintaan pasar. “Toyota berharap dapat mendukung target pemerintah Indonesia dalam upaya mewujudkan udara yang lebih bersih melalui penurunan emisi dan mengurangi impor minyak menuju keseimbangan neraca perdagangan yang lebih baik,” tulis Toyota.

Baca juga: Turnamen Golf Toyota Camry Berhadiah Camry dan C-HR Hybrid

RAJU FEBRIAN

 

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Audi R8 Green Hell Edition, Tribute Tumpukan Prestasi di Nurburgring

INGOLSTADT, Carvaganza.com – Audi R8 adalah salah satu supercar yang masih beredar di pasar saat ini, yang juga banyak dipakai menjadi mobil balap. Kesuksesannya...

Beli Peugeot 3008 & 5008 Kini Bisa Tukar Tambah

JAKARTA, Carvaganza.com – Astra Peugeot terus berusaha memberikan solusi dan menawarkan program menarik untuk para konsumen di Indonesia. Terlebih untuk mendorong penjualan dua model...

Tak Hanya Indonesia, Suzuki Ertiga Juga Laris Manis di Meksiko

JAKARTA, Carvaganza -- Suzuki All New Ertiga ternyata tak hanya menjadi andalan penjualan Suzuki di Tanah Air. Low MPV ini ternyata juga laris manis...

TEST DRIVE: Porsche Taycan 4S, Supercar Listrik Dengan Feeling Natural (Bagian 2)

LOS ANGELES, Carvaganza.com – Setelah berbicara tentang akselerasi dan tenaga yang dihasilkan, saya mulai merasakan feeling pengemudian dan pengendaraan. Sekarang ini, mobil-mobil yang kita kendarai...

Naoya Takai Resmi Pimpin KTB, Ini Misi dan Targetnya

JAKARTA, Carvaganza -- PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) akhirnya resmi dipimpin Naoya Takai sebagai Presiden Direktur baru. Ia ditunjuk sejak 1 April...