Beranda Features TIPS: Mengemudi Aman saat Pandemi Virus COVID-19

TIPS: Mengemudi Aman saat Pandemi Virus COVID-19

Foto: nyt.com

JAKARTA, Carvaganza.comWabah virus corona atau COVID-19 membuat banyak sendiri kehidupan terdampak. Pemerintah Indonesia mengeluarkan berbagai aturan an himbauan agar peyebaran wabah ini tak bertabah luas. Aturan #worldfromhome #dirumahaja bahkan terbaru adalah penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Semua dilakukan tentunya bertujuan baik. Agar kita tidak terkena virus dan luasan wabah itu juga tidak bertambah besar. Sebagai indormasi, jumlah penderita corona di Tanah Air terus bertambah. Hingga Jumat (10/4/2020) tercatat ada 3.293 kasus. Sementara jumlah kematian sudah mencapai 280. Tapi bagaimana jika kita harus keluar rumah atau berkendara karena keperluan penting? Bagaimana menyikapinya?

Yang jelas kita harus menjaga kebersihan kendaraan yang akan kita gunakan. Menggunakan kendaraan dengan AC tidak jadi jaminan. Mewabah virus corona ini membuat masyarakat dituntut untuk lebih menjaga kebersihkan, mengingat penyebaran virus Corona yang begitu cepat. Supaya tetap aman terlindung dari virus Corona saat mengemudi mobil, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai tindakan preventif.

Berikut tips seperti dilansir Garda Oto:

1. Bersihkan Komponen Mobil yang Sering Disentuh

Ada sejumlah titik di mobil yang kiranya menjadi tempat favorit keberadaan virus, bagian mobil yang rentan akan virus ini adalah komponen mobil yang sering disentuh. Seperti setir mobil, tombol audio, tombol power windowhandle pintu, dan sabuk pengaman.

Untuk itu pemilik mobil, harus rajin membersihkan komponen-komponen tersebut, namun cara membersihkannya tidak boleh sembarangan. Contohnya ketika ingin membersihkan setir mobil, untuk setir berbahan kulit, sebaiknya gunakan alat pembersih khusus kulit atau jika tidak punya dapat menggunakan air yang sudah dicampur dengan sabun. Kemudian sikat perlahan dengan sikat gigi, setelah itu di lap bersih dengan kain microfiber.

Sementara, untuk setir berbahan plastik atau vinil tidak jauh berbeda cara membersihkannya, hanya berbeda pada campuran air dan sabun yang digunakan jangan terlalu kental, karena jika terlalu kental akan membuat permukaan setir menjadi lengket. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian lainnya, seperti tuas-tuas wiper dan sein. Agar lebih maksimal, proses tersebut juga bisa diterapkan untuk tuas persneling, rem tangan, serta handle pintu.

Baca juga: TIPS: 6 Langkah Untuk Mobil Anda Jika Ada Lockdown

2. Membawa Hand Sanitizer

Selain itu, disarankan cuci tangan secara rutin sebelum memegang apapun yang ada di dalam mobil. Jika ada, dianjurkan untuk mencuci tangan minimal 20 detik menggunakan air mengalir, dan sabun. Agar lebih praktis, Anda dapat membawa cairan pembersih seperti hand sanitizer. Aplikasikan sebelum masuk dan keluar mobil. Supaya memudahkan dan tetap bisa dibawa keluar mobil, sediakan hand sanitizer dalam ukuran yang praktis untuk dibawa kemana-mana.

3. Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Menyetir

Setelah mensterilkan komponen-komponen mobil yang sering disentuh. Menjaga kebersihan tangan sebelum dan sesudah menyetir merupakan hal yang wajib dilakukan untuk meminimalisir potensti terinfeksi virus Corona, karena seperti yang kita ketahui tangan merupakan anggota tubuh yang paling rentan sebagai media perantara dalam perpindahan virus Corona. Jangan lupa untuk tetap memakai masker apalagi saat kita sakit demam, pilek, dan batuk.

Baca juga: Tips WHO untuk Menjaga Kebersihan Kabin Mobil Anda

Ilustrasi: WHO

4. Selalu Jaga Kondisi Tubuh

Meski belum ada obatnya, virus Corona akan sulit menjangkit mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Karenanya, selalu jaga kondisi tubuh dengan istirahat cukup, makan makanan bergizi, minum multivitamin khususnya vitamin C yang membantu mempertahankan kekebalan tubuh, dan segera periksa ke dokter jika merasa kurang sehat, khususnya jika Anda memiliki gejala terjangkit virus Corona.

Nah, jika kendaraan Anda tiba-tiba mogok di jalan tentunya tidak menyenangkan. Apalagi di tengah kondisi saat ini, dimana jalanan sedang sepi dan akan otomatis akan sulit mendapatkan bantuan.  Jika terjadi dan Anda merupakan pelanggan dari Asuransi mobil Garda Oto, tentu mogoknya mobil Anda bukan lagi menjadi momok yang mengerikan. Karena layanan Garda Siaga akan selalu siap siaga selama 24 jam memberikan pertolongan pertama kepada mobil pelanggan yang bermasalah.

Caranya, Anda dapat dengan mudah menghubungi layanan call center dari Asuransi Astra yang dapat Anda hubungi selama 24 jam yaitu Garda Akses 1500112. Setelah Anda menghubungi Garda Akses, tim Garda Siaga akan segera meluncur ke lokasi Anda untuk memberikan bantuan atas segala permasalah mobil Anda kapanpun dan dimanapun.

Nah jika sudah mengikuti semua tips di atas, alangkah lebih baik jika Anda dan keluarga tetap mengikuti himbauan dari pemerintah untuk berkegiatan di rumah dan hanya keluar saat pada keadaan yang mendesak. Ini sebagai wujud nyata kepedulian kita memutus mata rantai perkembangan virus Corona.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

video

VIDEO: Mobil Toyota Paling Buas Muncul Di Trek Le Mans

SARTHE, Prancis, Carvaganza.com – Akhirnya hypercar hybrid Toyota GR Super Sport diperkenalkan untuk pertama kalinya ke publik. Padahal ini mobil sudah dijadikan bahan pemberitaan...

Velozity Chapter V – Kapur Gelar Kopdar Kemanusiaan Donor Darah

KARAWANG, Carvaganza.com -  Di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, sesama manusia harus meningkatkan saling kepedulian. Wabah Corona telah menimbulkan dampak terhadap ragam sektor...

Lengkapi Versi Hybrid, Honda CR-V PHEV Mendebut Di Pameran Beijing

BEIJING, Carvaganza.com – Ketika Indonesia masih sibuk dengan pandemi COVID-19, Cina sudah berencana menggelar pameran off-line otomotif. Bukan lagi secara virtual, melainkan sebuah kegiatan...

Karena PSBB, Daihatsu Perkecil Jumlah Karyawan Masuk Kantor

JAKARTA, Carvaganza.com – Pabrikan Daihatsu menerapkan kebijakan baru untuk menanggapi Pergub DKI mengenai penerapan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pergub DKI Jakarta itu...

TEST DRIVE: Renault Kwid Climber, Kesan yang Membekas

JAKARTA, Carvaganza.com -  Saya memarkir Renault Kwid Climber di salah satu kedai kopi di bilangan Fatmawati, Jakarta dan memilih meja di area terbuka tidak...