Beranda Updates Tips: Berapa Lama Usia Ban Mobil Anda?

Tips: Berapa Lama Usia Ban Mobil Anda?

JAKARTA, 16 Juli 2018 – Ban adalah bagian terpenting di sebuah kendaraan, baik roda empat maupun roda dua. Pasalnya, inilah bagian yang bersentuhan langsung dengan jalan sehingga kondisinya sangat berpengaruh pada keamanan berkendara.

Salah satu unsur penting dari ban adalah kondisi yang dipengaruhi oleh usia ban. Bagaimana menentukan sebuah ban masih layak jalan? Bagaimana menentukan sebuah ban masih bisa digunakan atau sudah harus diganti?

Marketing Director Michelin Indonesia, Putu Yudha tidak ada cara pasti untuk memperkirakan berapa lama sebuah ban bertahan. Rentang usia dan jarak tempuh ban tergantung pada kombinasi faktor-faktor seperti desain ban, kebiasaan pengemudi, iklim, kondisi jalan, dan perawatan yang dilakukan pada ban tersebut.

Berikut beberapa tips dan tahapan penting:

1. Ingatlah usia lima tahun

Setelah penggunaan lima tahun ke atas, ban Anda perlu diperiksa oleh profesional secara menyeluruh setidaknya sekali setahun.

2. Sepuluh tahun adalah angka maksimum

Jika ban tidak diganti dalam 10 tahun setelah tanggal produksinya, sebagai tindakan pencegahan, Michelin menganjurkan agar Anda menggantinya dengan ban baru. Meskipun ban tersebut tampak bisa dipakai dan indikator pemakaian tapaknya belum menjadi aus. Ini juga berlaku untuk ban cadangan.

3. Perawatan yang tepat meningkatkan rentang usia ban

Jika Anda merawat dengan baik tekanan angin, keausan tapak, keselarasan ban Anda dan sebagainya, usia ban Anda akan semakin panjang. “Untuk perlengkapan asli ikuti rekomendasi penggantian ban dari produsen kendaraan. Anda bisa memeriksa nomor DOT pada dinding samping ban Anda,” katanya.

Michelin sendiri baru saja meluncurkan Michelin Primacy 4. Ban yang mengusung tagline ‘aman saat baru, aman hingga akhir’ ini memberikan keunggulan utama seperti keamanan yang tahan lama dan performa terbaik saat ban dalam kondisi baru maupun ketika ban aus.

Michelin Primacy 4 tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari ban dengan ring diameter 15-18 inci yang cocok untuk sejumlah kendaraan seperti Toyota Camry, Honda Accord, BMW seri 3 dan 5, Mercedes E-Class dan C-Class, serta beberapa kendaraan sedan lain seperti Honda Civic, Toyota Corolla, dan Honda Jazz.

Michelin Primacy 4 akan tersedia di distributor resmi Michelin di seluruh Indonesia. Uniuk informasi leblh lanjut dapat menghubungi www.michelin.co.id,” katanya.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Mitsuoka Buddy, Toyota RAV4 Yang Berdandan Ala Pickup Chevrolet Tua

JAKARTA, Carvaganza.com - Anda tak salah lihat. Ya inilah mobil baru yang berdandan ala mobil tua. Namanya, Mitsuoka Buddy. Mobil ini diproduksi oleh Mitsuoka,...

Histori Lini SUV Mercedes-Benz, Sempat Telat Mengikuti Tren

Sederet model SUV disuguhkan Mercedes-Benz. Tentu tujuannya memenuhi bermacam kebutuhan pasar. Mulai dari entry level sampai paling mewah. Membuatnya dapat diterima berbagai kalangan. Di...

Daihatsu Ayla Makin Seru, Punya Tampilan Baru

JAKARTA, carvaganza.com – Kalau Anda sekarang ini sedang memilih-milih mobil LCGC yang pas, mungkin Daihatsu Ayla bisa dijadikan bahan pertimbangan. Tampilan city car Ayla...

Menebak Harga Honda CR-V Facelift di Indonesia Jelang Peluncuran

JAKARTA, Carvaganza.com – Honda CR-V versi terkini sudah mengaspal di Vietnam dan Thailand, sementara di Indonesia sejauh ini belum ada kabarnya. Mungkin saja akhir...

Penyegaran Isuzu mu-X 2021, Pancarkan Aura Premium

BANGKOK, Carvaganza.com - Isuzu telah resmi merilis model penyegaran untuk Isuzu mu-X 2021 di Thailand, 28 Oktober 2020 lalu. Tak hanya tampilan yang disegarkan,...