Beranda New Cars The All New BMW X4, When Less is More

The All New BMW X4, When Less is More

SEGMEN sport utility vehicle (SUV), crossover, atau coupe-inspired SUV tengah naik daun. Bahkan persaingan ketat juga terjadi di kelas mid-sized premium. Banyak nama hadir di sini. Sebut saja BMW X4, Land Rover Evoque, Jaguar F-Pace, Alfa Rome Stelvio, Mercedes-Benz GLC Coupe, dan Porsche Macan yang cukup terkenal di Tanah Air.

Persaingan yang cukup kompetitif di kelas ini tergambar dari hadirnya generasi kedua BMW X4 hanya 4 tahun setelah model pertamanya dilansir. Model ini dianggap cukup potensial untuk memenangkan persaingan di kelas ini.

Untuk pasar Indonesia, BMW Group Indonesia menawarkan satu varian yang bernama lengkap BMW X4 xDrive30i M Sport X. Sports Activity Coupé (SAC) ini diklaim sebagai yang pertama di segmen premium ukuran menengah.

Kita coba bahas model yang diluncurkan secara resmi pada Kamis, 7 Februari 2019 kemarin:

Desain dan Proporsi

Secara tampilan dan posisi, BMW X4 merupakan variasi dari SUV X3. Desainnya tampil dengan garis desain tegas dan proporsi yang dinamis. All-new BMW X4 tumbuh lebih besar. Dimensi panjang bertambah hingga 81 mm menjadi 4.752 mm yang diikuti dengan penambahan 54 mm di wheelbase (sekarang 2.864 mm). Bagian lebar bodi juga bertambah 37 mm (1.918 mm), namun tinggi turun 3 mm (1.662 mm).

Model M Sport X dirancang untuk semakin mempertegas tampilan sporty off-road, berkat aksen styling Frozen Grey (warna yang dekat dengan dunia balap reli), serta intake udara depan, side skirts dan diffuser belakang yang semuanya didesain secara individual.

Headlamp dengan lampu daytime running lights (DRL) dan lampu kabut horizontal yang terintegrasi ke dalam intake depan, menciptakan interpretasi baru dari wajah segi-enam yang menjadi ciri khas semua model BMW X. Lampu depan hadir dengan teknologi LED adaptif dengan selective beam sebagai standar.

Garis atap a la coupé menyatu dengan jendela belakang secara elegan sebelum turun tajam ke apron belakang. Proporsi dinamis dari All-new BMW X4 juga dipertegas dengan garis jendela yang panjang dan lekukan Hofmeister kink di pilar C. Lampu belakang LED dan twin exhaust tailpipe memberikan impresi kendaraan terlihat lebih lebar.

Interior dan Perlengkapan

Embel-embel ‘Coupe’ menurut saya mobil ini berorientasi pada pengemudi meski tak melupakan soal penumpang. All-new BMW X4 dilengkapi dengan trim terbaru, M Sport X, yang terinspirasi dari dunia reli. Hal ini terlihat dari BMW M leather steering wheel, kursi sports dalam desain spesifik BMW M, BMW Individual headliner Anthracite, dan strip trim interior eksklusif dalam Aluminium Rhombicle Dark dengan aksen Pearl-effect Chrome.

Yang baru di BMW X4 adalah penggunakan panoramic glass roof dengan dimensi besar yang pertama kalinya diaplikasikan. Permukaan kaca dua bagian dengan panjang keseluruhan 924 mm dan lebar 890 mm memungkinkan masuknya cahaya dan udara di dalam kabin sesuai kebutuhan.

Versi terbaru dari iDrive yang terdapat dalam All-new BMW X4 ini dirancang untuk tawarkan kontrol fungsi kendaraan, navigasi, komunikasi, dan infotainment yang lebih fleksibel dan ergonomis. Control Display kini berbentuk monitor resolusi tinggi yang dilengkapi dengan Navigation System Professional dan berukuran 10.25 inci, termasuk layar sentuh.

Touch control yang intuitif lebih jauh difasilitasi oleh tata letak menu tile-style dengan konten menarik. Cluster instrumen pengemudi hadir dengan layar 8.8 inci dan beradaptasi dengan mode pengendaraan yang dipilih (ECO Pro, Comfort dan Sport) juga tersedia di All-new BMW X4.

Pengendaraan Dinamis

Ada dua poin yang bisa menjadi highlight yaitu performa dan handling. Untuk performa, BMW memasang mesin bensin 2.0 liter empat silinder, transmisi Steptronic delapan-percepatan dan sistem all-wheel drive BMW xDrive yang cerdas sebagai standar. Mesin ini ditunjang BMW TwinPower Turbo yang terdiri dari twin-scroll turbocharger, High Precision Injection, VALVETRONIC fully-variable valve timing dan Double-VANOS variable camshaft control.

Mesin ini diklaim BMW menghasilkan tenaga 252 hp dan torsi puncak 350 Nm (258 lb ft) yang tersedia antara putaran mesin 1.450 dan 4.800 rpm. BMW X4 mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 6.3 detik, dengan konsumsi bahan bakar gabungan 7.3 – 7.2 liter per 100 kilometer.

Untuk handling ada beberapa perbaikan yang dilakukan BMW. All-new BMW X4 memiliki berat 50 kilogram lebih ringan dibandingkan pendahulunya serta pusat gravitasi yang jauh lebih rendah dibandingkan BMW X3 baru, sehingga meningkatkan kedinamisan, khususnya di tikungan.

Tambahan lain adalah sistem BMW xDrive, intellegent all-wheel-drive versi terbaru, kontrol elektronik, suspensi M Sport dengan Vertical Dynamic Control, Variable Sport Steering untuk berikan kualitas pengendalian dinamis, dan Vertical Dynamic Control. Sedangkan kemampuan untuk merambah jalanan off-road didukung ground clearence 204 mm dan wading depth hingga 500 mm.

BMW  X4 xDrive30i M Sport X

Layout: SAV Coupe, 5 pintu, 5 penumpang, AWD
Mesin: 1.998 cc, BMW TwinPower Turbo 4-cylinder petrol engine with twin-scroll turbocharger, Valvetronic, Double VANOS and High Precision Injection
Transmisi: 8-speed Steptronic Sport transmission
Max. output: 252 hp
Max. torque: 350 Nm
Top speed: 240 km/jam
Acceleration 0 – 100 km/jam: 6,3 detik
Combined fuel consumption: 12.8 km/liter
CO2 emission: 178 gram/km
PxLxT: 4.752 x 1.918 x 1.621mm
Wheelbase: 2.864 mm
Bobot kosong: 1.815 Kg
Tangki BBM: 68L
Rekomendasi BBM: RON95
Price (Off-the-road): Rp 1.459.000.000,–

RAJU FEBRIAN

Subscribe to our newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

Video Terbaru Youtube Carvaganza