Beranda Drives TEST DRIVE: Merasakan Sensasi Toyota Prius PHEV di GIIAS 2019

TEST DRIVE: Merasakan Sensasi Toyota Prius PHEV di GIIAS 2019

JAKARTA, 21 Juli 2019 – Untuk pertama kalinya PT Toyota-Astra Motor (TAM) memberikan kesempatan kepada jurnalis Indonesia untuk mencoba Toyota Prius Plug-in Hybrid (PHEV) di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 hari Jumat kemarin (19/7). Driving experience ini merupakan bagian dari eksibisi Electrification Day yang diselenggarakan oleh PT TAM di hari yang sama.

Eksibisi Electrification Day-nya diselenggarakan di gedung ICE, BSD, Tangerang tempat di mana GIIAS terselenggara, namun sesi driving experiences-nya diselenggarakan di halaman parkir mall QBIG, BSD. PT TAM menyediakan empat unit Toyota Prius PHEV untuk media dan sebuah lintasan yang sudah dipasangi cone untuk dilintasi. Bahkan PT TAM menyediakan dua charging station untuk men-charge mobil yang dipakai. Mobil Toyota Prius PHEV yang dicoba ini adalah model generasi kedua.

Ketika keempat mobil disiapkan, tidak terdengar suara mesin layaknya mobil bermesin konvensional. Hanya keluar suara semacam desisan saja, yang jika Anda berjarak 4 meter dari mobil, suara itu tidak terdengar sama sekali.

Baca juga: Ini Ragam Keuntungan Membeli Mobil Toyota Hybrid
Baca juga: Toyota Sosialisasikan Mobil Elektrifikasi Lewat Electrification Day di GIIAS
Baca juga: Toyota Perkenalkan Tiga Mobil Terbaru di GIIAS 2019

Pada sesi pertama, media disetiri oleh seorang instruktur. Pada saat masuk ke dalam mobil, nuansa hi-tech dan masa depan begitu kental. Didukung dengan material berkualitas, desain dashboard simpel sehingga membuat mobil terlihat elegan dan futuristik.

Dashboard seperti menjadi dua tingkat karena pada level atas terdapat sebuah display yang berfungsi menampilkan kerja motor listrik, baterei dan mesin konvensional. Pada bagian tengah dashboard terdapat display layar sentuh yang berukuran cukup besar yang berfungsi memuat informasi tentang mobil, sistem infotainment dan juga bekerja sebagai kamera mundur.

Sepanjang sesi pertama disetiri instruktur tersebut menjelaskan cara kerja mobil terutama kerja mesin. Toyota Prius PHEV memiliki komponen-komponen utama yaitu motor, baterei, inverter dan mesin konvensional. Yang artinya, Prius PHEV ini memiliki dua sumber tenaga yakni mesin bensin dan motor listrik.

Pada display bagian atas, digambarkan bagaimana pada saat berakselerasi baterei dan motor listrik mengisi daya untuk menggerakkan roda. Begitu juga ketika melakukan deselerasi sehingga hampir tidak ada energi yang terbuang karena energi dari pengereman pun diubah menjadi daya yang disalurkan ke motor listrik.

Dari dalam kabin tak terdengar suara mesin. Tuas transmisinya pun unik yang terletak di bawah layar sentuh dashboard dengan menu D, N dan P serta B. D adalah untuk Drive, N untuk Netral dan P untuk Parking. Sedangkan B, pada saat kami mencobanya dipakai untuk membantu deselerasi pada saat mengerem untuk menambah engine brake pada mobil sehingga pengereman bisa lebih presisi lagi.

Toyota memang menjadi pelopor untuk mobil bertenaga alternatif di Indonesia. Saat ini mereka secara resmi menjual Alphard Hybrid, Camry Hybrid, Toyota C-HR Hybrid, dan juga Toyota Prius.

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza