Beranda Drives TEST DRIVE: Menjajal Honda New BR-V Semarang – Jepara

TEST DRIVE: Menjajal Honda New BR-V Semarang – Jepara

JEPARA, 5 Mei 2019 — PT Honda Prospect Motor (HPM) memanfaatkan ajang Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, untuk meluncurkan Honda New BR-V. Tak lama berselang, Honda langsung menggelar media test drive dari Semarang menuju ke Jepara, Jawa Tengah. Acara diselenggarakan pada tanggal 2–3 Mei kemarin.

Carvaganza sendiri sudah pernah menulis perbedaan Honda New BR-V ini dengan versi yang sebelumnya ketika media test drive dilakukan, jadi tak perlu diulas lebih jauh lagi di dalam tulisan ini. Perbedaannya hanya terletak pada eksterior dan interior, tidak menyentuh mesin dan setingan lainnya.

Di luar itu semuanya sama. Hal itu juga dipertegas oleh Jonfis Fandi, Marketing and After Sales Director Honda Prospect Motor (HPM) yang juga mengikuti media test drive.

Dari Jakarta kami menggunakan pesawat menuju Semarang. Di ibu kota Jawa Tengag itu, PT HPM sudah menyediakan 20 unit New BR-V tipe Prestige sebagai tipe tertinggi dengan transmisi otomatis untuk para jurnalis. Carvaganza masuk ke dalam Grup 6 dengan mobil berwarna Premium Amber Metallic yang menjadi satu dari enam pilihan warna yang disediakan oleh pabrikan.

Baca juga: IIMS 2019: Honda Perkenalkan New BR-V dengan Tampilan dan Fitur Baru
Baca juga: Ini Perubahan-Perubahan pada Honda New BR-V

Setelah presentasi dan istirahat sebentar, kami start dari Eden Resto menuju Jepara. Kami terlebih dulu mencoba fitur Weblink serta sistem navigasi untuk menemukan sejumlah resto yang sudah ditentukan oleh panitia. Resto tersebut adalah Good Fellas Bar & Resto, Bowery Restaurant, Ohana Café yang Nestcology Restaurant. Fitur yang dimiliki membuat kami dengan mudah dapat menemukan lokasi setiap resto.

Baru setelah makan siang, kami bertolak langsung menuju Jepara dengan pengawalan dari tim Kepolisian Semarang. Kali ini tidak mengandalkan sistem navigasi, melainkan harus mengikuti pengawalan mobil polisi karena rute yang kami tempuh cukup jauh sekitar 2,5 jam. Kalau tidak memakai pengawalan mungkin waktu tempuhnya lebih dari itu karena kami harus melewati jalanan utama yang lalu lintasnya padat.

Saya sendiri pernah mencoba Honda BR-V versi lama dari Jakarta sampai ke Garut pada akhir 2018. Secara dimensi maupun mesin mobil ini tidak mengalami perubahan, sehingga kinerja mesin juga menurut saya serupa.  Kabinnya tetap terasa lega dengan jok kulit yang terasa nyaman. Visibilitas ke segala penjuru sangat baik. Namun bagian dalam kabin mendapat sentuhan baru yaitu pada pola panel dashboard, tweeter speaker dan terdapat sentuhan warna merah pada seluruh jok compact SUV 7 penumpang ini.

Handling mobil terasa stabil dan kebetulan kami dapat mencoba mobil dalam kecepatan cukup tinggi sepanjang jalan karena harus mengikuti kecepatan mobil pengawalan yang berada di depan. Setir yang sudah electronic power steering juga terasa enteng dan komunikatif sehingga pengemudi dapat memberikan input secara presisi. Kerja transmisi CVT terasa halus di dalam mengalirkan tenaga dari mesin ke roda depan. “Boleh juga nih, pikir saya.”

Kerja suspensinya juga baik dalam meredam guncangan ketika melewati jalanan tidak rata. Body roll juga terasa minim salah satunya berkat ground clearance yang tidak terlalu tinggi dibandingkan kompetitornya seperti Toyota Rush atau sepupurnya Daihatsu Terios. Alhasil meskipun perjalanan kami cukup jauh, lebih dari 120 km, badan tidak merasa kelelahan dan tetap merasa nyaman.

Salah satu yang istimewa dalam media test drive Semarang ini, kami dapat mencoba pengereman yang sudah ABS dan EBD. Kecepatan yang cukup tinggi yang harus membuat pengemudi mengerem secara mendadak karena harus mengikuti patwal, membuat kami memuji sistem pengereman milik New BR-V ini. Pengeremannya akurat karena mampu membaca secara tepat setiap input dari kaki kanan pengemudi.

“Saya duduk di bangku kedua enggak merasa pusing, padahal kecepatan mobil cukup tinggi dan harus melewati jalanan luar kota seperti ini,” ujar jurnalis Gustom Muzlie dari dapurpacu.id. Kecepatan kami sepanjang perjalanan dari Semarang menuju Jepara memang cukup tinggi dan Carvaganza selama mengemudikan BR-V memosisikan transmisi di S untuk mendapatkan respon gas yang lebih agresif lagi.

Pada kesempatan ini, Carvaganza tidak mencatat konsumsi bahan bakarnya. Untuk mengetahui berapa konsumsi BBMnya, Carvaganza sudah pernah menuliskan konsumsi BBMnya saat mencoba BR-V dari Jakarta ke Garut pada akhir 2018 lalu.

Nah bagi yang ingin memiliki mobil ini, tersedia dalam tiga tipe yakni Tipe S dengan transmisi manual seharga Rp 238 juta, Tipe E transmisi manual seharga Rp 252.500.000, tipe E transmisi CVT dibanderol Rp 262.500.000 dan tipe tertinggi yakni Prestige transmisi manual dibanderol Rp 279.500.000.

Honda New BR-V Prestige
Harga                           Rp 238 – 279 juta
Layout kendaraan        Compact SUV, mesin depan, 7 penumpang, 4 pintu, FWD
Mesin                           Bensin I-4 SOHC 16 katup i_VTEC + DBW 1.5L/ 118 Hp @6.600/
145Nm @4600 rpm
Transmisi                     CVT (Prestige); M/T 6-kecepatan
PxLxT                           4456 x1735 x 1666 mm
Wheelbase                   2662 mm
Ground Clearance        201 mm
Suspensi                    MacPherson Strut (depan)/ H-Shape Torsion Beam (belakang)
Velg                           Bold Alloy Wheel 16″(Prestige)/Sport Alloy Wheel 16″ (S &E)
Ban                            195/60/R16
Rem                            Ventilated disc (depan)/Drum (belakang) + ABS, EBD
Kapasitas tangki BBM    42 liter
EKA ZULKARNAIN



Last Updates

Komunitas Grand Livina Club Indonesia Gelar Kopdar Sekaligus Bakti Sosial

JAKARTA, 19 Mei 2019 – Bulan Suci Ramadhan menjadi bukan untuk berbagi dengan sesama. Nissan Grand Livina Club Indonesia atau...

KTB Siap Gempur Pasar dengan 7 Varian Baru Fighter di GIIAS 2019

JAKARTA, 19 Mei 2019 – Kembali menguasai segmen komersial membuat PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menyiapkan langkah baru....

Geber Perkenalan, Wuling Hadirkan Cortez CT dan Confero S ACT di Bali

DENPASAR, 19 Mei 2019 – Wuling Motors (Wuling) terus mengegeber perkenalan dua MPV barunya di berbagai kota di Indonesia. Yang terkini,...

HASCAR Group Buka Dealer Jeep di Bintaro

JAKARTA, 19 Mei 2019 – HASCAR Group, selaku Agen Pemegang Merek (APM) merek FCA (Fiat Chrysler Automobile) khususnya Jeep di...
video

VIDEO: Sportscar Mewah BMW Seri 8 Coupe Meluncur di Indonesia

JAKARTA, 18 Mei 2019 – Belum sampai setahun sejak peluncuran globalnya di Le Mans 24 Hour 2018, BMW Seri 8...