Beranda Features Ternyata, Valentino Rossi Nyaris Banting Setir Jadi Pembalap F1

Ternyata, Valentino Rossi Nyaris Banting Setir Jadi Pembalap F1

URBINO, Carvaganza.com – Beberapa kali Valentino Rossi pernah mencoba mobil F1 sepanjang karirnya sebagai MotoGP, ternyata dirinya nyaris beralih profesi menjadi pembalap F1. Menariknya, hal tersebut bisa saja terjadi bersama Ferrari, tim tersukses sepanjang sejarah F1.

Tepatnya, Rossi bisa saja menjadi pembalap Ferrari di F1 pada tahun 2006, tidak lama setelah tes F1 perdananya. Ferrari juga yang memberi kesempatan tes F1 pertama kali kepada Rossi, pada tahun 2004 di Fiorano, Italia.

Hal tersebut diungkap langsung oleh sang bintang MotoGP, setelah kembali mencoba mobil F1 milik Mercedes, akhir 2019 lalu.

“Di 2006 saya sudah sangat dekat untuk berpindah ke Formula 1. Saya sudah lakukan sejumlah tes untuk Ferrari dan setelahnya kami duduk bersama manajemen tim yang telah menyusun rencana sangat komprehensif untuk mempersiapkan saya berkarir di Formula 1,” jelas juara dunia MotoGP tujuh kali itu.

“Namun, rencana itu menyatakan saya harus kemudikan mobil yang kurang cepat terlebih dulu untuk mempersiapkan dan pada awalnya saya seharusnya menjadi test driver, itulah sebabnya saya tolak tawaran itu.”

Tes perdana bersama Ferrari dilakukan menggunakan mobil F2005 milik Michael Schumacher, yang diakui Ferrari Rossi menunjukkan kecepatan impresif. Kemudian pada akhir 2008, Rossi mendapat kesempatan tes lagi dengan mobil F2008, setelah sukses juarai MotoGP tahun itu.

Pada tahun 2006 sendiri, Ferrari akhirnya memasangkan Schumacher dengan pembalap muda Felipe Massa. Sementara Rossi melanjutkan dan memantapkan pilihan karirnya di balap roda dua.

Kesempatan tes mobil F1 kembali datang untuk Rossi, dengan mencoba Mercedes W08 tahun 2017, di Valencia, Desember 2019 lalu. Pada kesempatan itu, Rossi bertukar tunggangan dengan Lewis Hamilton yang menggeber Yamaha M1 milik Rossi.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

video

VIDEO: Hyundai Elantra N Kegep Digeber Di Nurburgring

NURBURGRING, carvaganza.com -  The old Nurburgring adalah salah satu sirkuit paling ‘sadis’ dalam sejarah motorsport dunia. Panjangnya lebih dari 20 km dengan ragam perubahan...

Sebelum Hummer EV Ada, Lebih Seabad Lalu GMC Produksi Truk Listrik

DETROIT, carvaganza.com – Udah tau kan General Motors Truck Company (GMC) kemarin ini merilis Hummer bermesin listrik? Pabrikan sudah mengonfirmasi bahwa kendaraan tersebut bakal...

Sosok Hypercar Misterius Bugatti Di Tes di Sirkuit

MOLSHEIM, Carvaganza.com – Selama lebih dari satu dekade terakhir, Bugatti dikenal sebagai pabrikan yang menetapkan rekor kecepatan tertinggi untuk sebuah mobil. Tampaknya, Bugatti tidak...

Toyota Jadi Brand Otomotif Paling Kesohor Di Dunia, Di atas BMW dan Mercedes

CALIFORNIA, carvaganza.com -  Kita sudah bercokol cukup lama di dunia otomotif, tapi tahu kah apa brand mobil paling terkenal di dunia? Artinya, nama brand...

SPYSHOT: Susul Taycan, Porsche Macan Versi Listrik Mulai Diuji

STUTTGART, Carvaganza.com – Suksesnya Taycan sebagai pionir mobil full electric dari Porsche mendorong mereka semakin seriusi segmen baru ini. Salah satu strateginya adalah dengan...