TDA Luncurkan Morgan Plus Four dan Plus Six di Indonesia untuk Penikmat Gaya Klasik

JAKARTA, Carvaganza – TDA Luxury Toys di tahun 2021 ini kembali menghadirkan mobil unik yang bisa menjadi koleksi baru para pecinta mobil di Indonesia. Setelah kedataangan BAC Mono pada akhir 2020 lalu, kini TDA memboyong Morgan, pabrikan mobil bergaya klasik dari Inggris. Tidak hanya satu, bahkan dua model langsung diluncurkan oleh TDA untuk konsumen di Indonesia.

Peluncuran pada hari Jumat, 19 Maret 2021, menandakan bahwa TDA menjadi dealer distributor resmi untuk merek Morgan. Dua model yang diluncurkan adalah Morgan Plus Four dan Plus Six. Produk lansiran Morgan punya ciri khas desainnya yang klasik ala mobil era perang dunia, namun dengan spesifikasi teknis modern.

“TDA Luxury Toys adalah premium showroom di Indonesia yang memiliki visi serta misi yang mengedepankan First Class Services untuk para customer, serta memiliki dan menjual berbagai macam koleksi premium cars dan exotic cars yang mungkin tidak bisa didapatkan di showroom lainnya,” kata Welly Tjandra, President Director TDA Luxury Toys.

Morgan TDA Indonesia

“Seperti yang kita sama-sama tahu, Morgan adalah kendaraan yang sangat berkarakter, bertema klasik namun modern karena didukung dengan mesin dan teknologi terkini yang bisa memanjakan penggunanya, dan jumlahnya yang limited, bahkan bisa dibilang rare.”

Morgan Motor Company adalah perusahaan pembuatan mobil yang memproduksi kendaraan secara spesifik yang didirikan oleh H.F.S Morgan sejak 1909. Berawal dari Morgan Three Wheeler yang dikembangkan dari mesin sepeda motor hingga berevolusi menjadi kendaraan premium bermesin modern dengan gaya klasik kontemporer yang mengusung teknologi terkini. Chassisnya menggabungkan material alumunium dan kayu, di balik panel body alumuniumnya.

Untuk generasi baru saat ini, Morgan mempercayakan mesin dan drivetrain buatan BMW untuk dipasang pada Plus Four dan Plus Six. Seperti contohnya Plus Four, dengan dimensi yang kompak mengandalkan mesin empat silinder 2,0 liter TwinPower Turbo dengan tenaga 255 hp dan torsi 350 Nm. Mesin berkode B48 buatan BMW ini seperti yang dipakai oleh model Seri 3 dan Z4 terbaru.

Mendampingi mesin powerful, Morgan mengandalkan pilihan transmisi manual 6-percepatan dan otomatis 8-percepatan, yang juga diadopsi dari BMW. Sebagai mobil sport murni, meski bertampang uzur, Morgan Plus Four memiliki sistem penggerak roda belakang. Meski tampak tanpa atap, desain Morgan Plus Four adalah convertible dengan atap kanvas, berikut panel jendela pintu modular yang bisa dipasang saat dibutuhkan.

Morgan Plus Four TDA

Sementara Morgan Plus Four adalah model dengan dimensi lebih besar dan panjang, serta bermesin lebih ganas dari Plus Four. Bisa diibaratkan, Plus Six adalah versi grand tourer dari line up Morgan saat ini. Mesin lebih ganas datang dari unit enam silinder segaris 3,0 liter TwinPower Turbo, berkode B58. Mesin BMW yang juga dipakai Toyota GR Supra ini menyimpan kombinasi tenaga 335 hp untuk bisa berakselerasi 0-100 km/jam dalam 4,2 detik.

Berkat dimensinya, Plus Six punya ruang kabin yang lebih lega untuk pengemudi dan penumpang. Namun, Morgan hanya sediakannya dengan transmisi otoamtis ZF 8-percepatan yang bisa dioperasikan manual via paddle shifter. Bobot kosongnya 1.075 kilogram. Morgan juga sudah menyediakan AC dan sistam audio modern sebagai standar untuk Plus Six.

Setiap tahunnya, TDA mengungkap bahwa pasar Indonesia mendapat alokasi mendatangkan Morgan sebanyak 15 unit. Jumlah tersebut merupakan kombinasi berapapun yang dipesan untuk Plus Four dan Plus Six. Setidaknya butuh waktu sekitar 1 tahun untuk proses pemesanan sampai unit datang ke garasi konsumen. Harganya? Tidak ada harga pasti disebut karena akan bergantung pada opsi personalisasi yang dipesan nantinya.
WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda