Ada 6 Hal Yang Harus Diketahui Dari Mobil Listrik BMW i4 2022

JAKARTA, Carvaganza – BMW kemarin ini telah meluncurkan BMW i4 2022 yang merupakan bagian dari strategi global produksi mobil listrik pabrikan Jerman. BMW Group sedang menatap masa depan demi pertumbuhan finansial pabrikan dan pengembangan model-model ke depannya. Dalam kata lain, BMW sedang menggalakkan produksi mobil listrik.

Pada tulisan sebelumnya mengenai pengenalan BMW i4 2022 dalam sebuah video virtual di channel Youtube, kendaraan listrik ini berdiri di atas platform Cluster Architecture (CLAR). Platform ini juga menjadi basis bagi BMW seri 3 dan seri 4 terbaru. Dengan platform tersebut, BMW i4 mampu mengakomodasi baterai berkapasitas 80kWh yang menyuplai motor listriknya. Dengan kapasitas baterai penuh, BMW i4 mampu menjelajah hingga 482 km dan mencapai akselerasi maksimal hingga 200 km/jam.

Lantas apa saja ragam kelebihan yang dimiliki oleh BMW i4 2022 yang baru diperkenalkan oleh BMW Group?

BMW i4 2022

1. Mobil listrik BMW

Sebagai pengantar sebelum membaca lebih jauh, perlu diketahui bahwa BMW sebelumnya sudah memproduksi model mobil listrik. Misalnya BMW i3 dan i8 yang didesain dengan gaya liar. Kehadiran BMW i4 2022 ini memperkaya line-up mobil listrik yang dimiliki pabrikan Jerman ini.

Basis pengembangan BMW i4 2022 adalah model Bimmer yang paling kesohor yaitu BMW 3 Series. Kendaraan empat pintu ini memiliki posisi duduk low-slung (sedikit menyelonjor seperti sports car) dan akan menjadi pesaing Tesla Model 3, Porsche Taycan serta Audi e-Tron GT.

Sampai sejauh ini belum diketahui spesifikasi detail BMW i4 2022. Yang baru dipublikasikan oleh pabrikan adalah dilengkapi motor listrik yang menghasilkan tenaga 530 hp dan baterai 80,0 kWh. Dalam kondisi baterai penuh, menurut klaim pabrikan bahwa BMW i4 akan mampu menjelajah jarak 482 km dalam kondisi semua fitur canggihnya aktif.

BMW i4 2022

2. Desain eksterior

Gaya desain eksterior BMW i4 versi produksi sama dengan versi konsepnya yang diperlihatkan kepada public tahun lalu. Sedikit sentuhan perubahan pada bagian tampilan, terkhusus di lampu depan dan velg. Sentuhan bumper juga dibuat sedikit berbeda, terutama pada bagian desain lampu kabut, sehingga tidak terkesan agresif. Mestinya dengan penamaan Gran Coupe 4 pintu, i4 memliki tampang yang lebih ‘sadis’ dibandingkan 4 Series yang lain.

3. Interior dan kenyamanan

Memang belum ada spek lengkap mengenai kabinnya bakal kayak apa. Kabin BMW i4 2022 diramalkan kaya dengan desain dan fitur kenyamanan. Bakal dibungkus oleh kulit berkualitas warna putih dan sentuhan kayu. Kemungkinan kenyamanan kabinnya akan banyak dipengaruhi oleh desain BMW Seri 3 dan sama-sama lapang.

Desain roofline akan lebih dramatis dibandingkan 3 Series, apalagi dengan body style coupe empat pintu. Bagasi lebih lapang dan bisa dibuka secara otomatis, mirip dengan BMW 4 Series Grand Coupe.

BMW i4 2022

4. Sistem infotainment

Bakal tampil sebagai salah satu mobil BMW pertama yang mendapat suplai infotainment paling canggih dan fitur konektivitas terdepan. Fitur akan terangkum dalam iDrive 8 yang dioperasikan dari layar sentuh 14,9 inci yang terintegrasi dengan panel instrumen digital 12,3 inci. Bentuknya mengurva berdimensi lebar.

Pada konsol tengah terdapat controller (tombol pengatur putar), lengkap dengan voice command terkini. Juga dilengkapi Apple Carplay, Android Auto dan 5G mobile.

5. Safety dan fitur driver-assistance 

Sampai tulisan ini diturunkan, BMW i4 2022 belum menjalani uji benturan (crash test) dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) atau pun Insurance Institute for Highway Safety (IIHS). Jadi pabrikan belum bisa membeberkan fitur-fitur safety yang ada atau pun mode pengendaraan semi otonom yang diadopsi kendaraan.

BMW i4 2022

6. Kemampuan jarak tempuh, pengecasan dan baterai

Dalam kondisi baterai full, BMW i4 2022 mampu menjelajah jarak sejauh 480 km. Baterai pack kekuatannya 80 kWh dan memiliki kapasitas charging 150 kilowatt. Dengaan kapasitas seperti itu, baterai bisa di-charge sampai 80 persen hanya dalam waktu 35 menit saja. (EKA ZULKARNAIN)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda