Peugeot 308 PHEV Siap Lawan VW Golf

PARIS, Carvaganza - Meski dunia otomotif secara beriringan beralih ke trend elektrifikasi, segmen hatchback sepertinya tetap terus bergairah dengan model-model baru kompetitif. Seperti yang ditunjukkan oleh Peugeot 308 yang mendapat regenerasi untuk menandingi eksistensi Volkswagen Golf sebagai benchmark di kelasnya. Peugeot menerapkan revisi desain dan update teknologi pada generari baru 308.

Oleh pabrikan Perancis ini, visual luar 308 dibuat semakin seragam dengan model yang sudah ada saat ini seperti 208, 508, 2008 dan 3008. Apalagi kalau melihat fascia depan yang menampilkan LED DRL seperti taring singa yang mengapit grille besar dengan gaya baru sebagai identitas baru juga. Grille baru ini sekaligus menjadi ‘rumah’ dari rangkaian sensor dan radar yang pertama kali diaplikasikan Peugeot.

Gaya desain terbaru pada 308 ini juga nantinya akan dibawa serta menjadi wajah pada model-model baru Peugeot lain nantinya. Hal ini juga mengikuti revisi identitas korporat Peugeot yang meliputi desain ulang pada seluruh dealer resmi dalam beberapa tahun ke depan.

Kembali soal 308, selain berganti desain, dimensi wheelbase ikut berubah menjadi lebih panjang 55 mm dari generasi pendahulu. Hal tersebut membuat dimensi keseluruhan 308 juga lebih panjang 110 mm, yang berefek bertambahnya kelegaan ruang kabin untuk penumpang kursi belakang. Sementara tinggi body kini 20 mm lebih rendah, yang ditujukan demi peningkatan efisiensi aerodinamika, termasuk oleh bonnet yang panjang dan kaca depan landai.

Peugeot 308

Tidak hanya di depan, optimalisasi aerodinamika juga dilakukan pada fascia belakang, khususnya melalui spoiler besar dan menonjol. Aliran udara ke body belakang disalurkan oleh pahatan lekuk body di bagian samping. Alhasil, kini aerodinamika 308 generasi ketiga punya drag coefficient (Cd) menjadi 0,28. Peugeot membangun 308 terbaru memanfaatkan platform EMP2 yang juga dikembangkan untuk Citroen C5 Aircross, Vauxhall Grandland X dan DS 7 Crossback.

Untuk pembaruan generasi ini, Peugeot membawa elemen desain i-Cockpit pada layout interior 308 seperti model baru lainnya. Desain dashboard melengkung diperkenalkan untuk 308, di mana sisi kokpit dirancang agar menyerupai pesawat jet. Setir mengecil dimensinya, diberi aksen flat bottom yang menjadikannya semakin sporty dengan orientasi performa. Layar sentuh 10-inci di tengah dashboard menjadi pusat sistem infotainment, sekaligus fitur driving aids yang tidak lagi diakses via tombol fisik. Semakin tegaskan gaya driver oriented, sudut layar infotainment dimiringkan ke arah pengemudi.

Fitur infotainment 308 dikembangkan agar punya fungsionalitas layaknya smartphone yang memungkinkan personalisasi operasional fitur dan aplikasinya. Setidaknya sistem bisa menyimpan delapan profil personalisasi yang berbeda, begitu smartphone terhubung via Bluetooth. Bahkan kini infotainment bisa dikendalikan fungsinya via perintah suara, yang diaktifkan dengan kode ‘OK Peugeot’, seperti di BMW, Mercedes-Benz dan Porsche.

Peugeot 308

Penerapan platform baru bernama EMP2 pada 308 memungkinkan tersedianya sejumlah opsi dan varian drivetrain. Peugeot kini menawarkan opsi mesin bensin, diesel dan hybrid untuk 308 terbaru. Dua varain plug-in hybrid langsung tersedia sejak peluncuran, yang memadukan mesin turbo empat silinder bertenaga dari 150 hp dan 180 hp, disertai motor listrik 110 hp. Varian hybrid mengandalkan gearbox otomatis 8-percepatan, lalu baterai lithium-ion berkapasitas 12,4 kWh untuk jarak tempuh tenaga listrik sampai 60 km.

Sementara seluruh varian plug-in hybrid hanya berpenggerak roda depan, opsi 4-wheel drive (4WD) hadir untuk varian PSE sebagai yang terkencang. Varian yang juga menerapkan sistem hybrid ini diklaim menyimpan performa mesin hingga 304 hp.

Peugeot 308

Varian non hybrid, tersedia dalam opsi mesin 1,2 liter tiga silinder bensin yang punya tenaga tertinggi 129 hp. Sedangkan untuk versi diesel, mesin 1,5 liter juga menawarkan tenaga 129 hp. Untuk varian terkencang mesin bensin, punya keistimewaan dengan hanya ditawrakan dalam transmisi manual 6-percepatan.

Arah pengembangan dan pembaruan yang Peugeot terapkan untuk 308 serta merta untuk membuatnya semakin kompetitif di hadapan VW Golf terbaru, yang juga punya varian hybrid. Bukan tidak mungkin kalau Peugeot nantinya juga buat versi full electric untuk 308. Dan jangan lupa, kelas ini masih punya kompetitor seperti BMW Seri 1, Mercedes-Benz A-Class, Honca Civic dan Ford Focus. WAHYU HARIANTONO / RS

Sumber: Autocar

Artikel yang direkomendasikan untuk anda