Beranda Updates SPYSHOT: Lakukan Uji Coba, Porsche Siapkan Macan EV?

SPYSHOT: Lakukan Uji Coba, Porsche Siapkan Macan EV?

JAKARTA, Carvaganza.com — Langkah Porsche menyiapkan mobil fully electric sudah dilakukan tahun lalu dengan memperkenalkan Taycan. Tapi ini bukanlah model pertama dan terakhir. Pabrikan asal Jerman itu sudah punya rencana jangka panjang terkait elektrifikasi. Kini yang tengah bersiap juga mendapat versi dengan motor electric adalah Macan.

Kabar terbaru menyebutkan next-generation Macan sudah melakukan uji coba. Disebutkan jika versi listrik akan mulai masuk tahap produksi pada 2022 sedangkan model pasar akan dijual pada 2024. Mungkin sebuah pertaruhan bagi Porche karena model yang akan mereka gunakan adalah model terlaris mereka. Tapi hal ini menujukkan bagaimana seriusnya Porsche terkait elektrifikasi.

Macan seperti headline bagi Porsche. SUV itu mampu menarik minat masyarakat dunia. Penjualannya langsung melejit, semenjak hadir pertama kali pada 2014. Bahkan selalu jadi menjadi yang terlaris dibanding model lainnya sampai sekarang. Setelah lama tak di-update, Porsche Macan bakal beregenerasi, dan mendapat sistem penggerak baru.

Terlihat dari spyshot fotografer motor1, mobil tes dengan jubah palsu (test mule) tengah diuji di jalanan bersalju Eropa. Terlihat tak banyak ubahan, karena baru tahap awal pengembangan. Tubuhnya masih memakai generasi sekarang. Ada sedikit yang berbeda, tapi belum terlalu jelas, lantaran bumper depan dan sisi bodi ditutupi kover gelap. Sementara bumper buritan tampak sedikit lain.

Baca juga: Mobil Listrik Porsche Taycan EV Masuk Indonesia Akhir Tahun Ini

Motor Listrik

Bicara jantung mekanis baru. Porsche dikabarkan tengah mempersiapkan Macan untuk menggendong motor listrik. Ya, di tengah zaman elektrifikasi, cukup wajar bila pabrikan asal Jerman ini memilih model terlarisnya untuk ditransformasi. Apalagi Porsche sudah mengawali pengalamannya lewat Taycan. Mobil listrik Porsche perdana. Indikasi bisa terlihat dari spyshot, lantaran air intake ditutup. Mengingat mesin elektrik tak membutuhkan sistem pendingin seperti mobil biasa.

Model baru menggunakan Premium Platform Electric (PPE) Porsche, yang tengah dikembangkan bersama Audi, struktur yang juga diimplementasikan pada e-Tron GT. Belum ada informasi terkait spesifikasi dan performa, termasuk jangkauan jelajahnya.

Setidaknya, menurut group Volkswagen, PPE mampu mengangkut teknologi 800 volt dan kapasitas charging 350 kW. Ada kemungkinan dihadirkan dalam beberapa trim, seperti dulu, tipe S, GTS, Turbo dan Turbo S. Walau memang versi Turbo tak bakal dibekali turbocharged, karena motor listrik tak membutuhkannya. Jika mengikuti Taycan, bisa jadi tipe tertinggi dibekali dua motor elektrik dengan daya mencapai 709 PS. Torsinya dapat menyentuh 1.017 Nm yang disebar ke empat roda (all-wheel drive). Dan menganut sistem peredaman udara (air suspension).

Setelah Macan, Porsche punya rencana lain; menggantikan seluruh variannya ke versi listrik. Mengingat perkembangan zaman yang semakin menguatkan urgensi kendaraan elektrifikasi.

Sumber dan Foto: Motor1

Baca Juga: Prototipe Porsche Macan Baru Tengah Uji Jalan, Kemungkinan Ada Versi Listrik

ANJAR LEKSANA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto