Sah! Hamilton Akhirnya Perpanjang Kontrak di Mercedes F1

BRACKLEY, Carvaganza – Drama internal di kubu tim Mercedes akhirnya berakhir, dengan resmi telah disepakatinya kontrak baru oleh Lewis Hamilton. Melanjutkan karirnya di Formula 1 untuk musim 2021, Hamilton siap mencetak rekor baru lagi. Dan dengan bertahannya Hamilton, maka lengkap sudah susunan pembalap F1 musim 2021.

Mercedes-AMG Petronas mengumumkan sang juara dunia itu bertahan di tim pada hari Senin (8/2/2021) kemarin, setelah tertunda cukup lama. Konon, ada beberapa permintaan khusus dari Hamilton terkait klausul di dalam kontrak barunya. Faktor ini yang membuat proses perundingan antara tim dan pembalapnya berlangsung cukup lama.

Di kontrak barunya ini, Hamilton hanya sepakat untuk memperpanjang selama satu tahun. Kesepakatan ini dicapai berselang tiga pekan jelang peluncuran mobil baru Mercedes untuk musim 2021, yaitu W12. Tahun lalu, Hamilton meraih gelar juara dunianya yang ketujuh menyamai rekor Michael Schumacher. Tahun ini, rekor tersebut berpeluang besar dikalahkannya, untuk menjadi pembalap tersukses dengan delapan gelar juara dunia.

Hamilton

Kembali akan tandem dengan Valtteri Bottas di Mercedes, Hamilton berharap di kontrak barunya ini bisa menunjukkan keberagaman yang dibawa oleh F1 sebagai olahraga berskala global. “Saya bersemangat untuk menuju musim kesembilan saya dengan rekan satu tim saya di Mercedes. Tim kami telah mencapai hal-hal luar biasa Bersama dan kami berharap untuk membangun kesuksesan kami lebih jauh, sambil terus berusaha untuk meningkat, baik di dalam maupun di luar trek,” kata Hamilton.

“Saya sama-sama bertekad untuk melanjutkan perjalanan yang kami mulai untuk membuat motorsport lebih beragam untuk generasi mendatang dan saya bersykur bahwa Mercedes sangat mendukung keputusan saya untuk mengangkat masalah ini.”

Disepakatinya kontrak hanya berdurasi satu tahun langsung menimbulkan spekulasi bahwa Hamilton akan meninggalkan F1 begitu mencetak rekor menjadi juara dunia delapan kali. Apalagi dengan musim 2022 yang akan menerapkan perubahan besar pada regulasi teknis. Kondisi yang sama terjadi pada Bottas, yang kontraknya akan berakhir di penghujung 2021 juga.

Lewis Hamilton

Proses perundingan antara Hamilton dan Mercedes baru dilakukan pada akhir usim 2020, karena saat itu kedua pihak prioritaskan fokus pada kejuaraan. Lalu pada seri Sakhir, Hamilton absen karena terserang virus COVID-19 dan menuntut pemulihan. Proses panjang ini diakui pihak Mercedes sebagai hal yang di luar kebiasaan saat mendiskusikan kontrak baru.

“Bersama-sama, kami telah memutuskan untuk memperpanjang hubungan olahraga untuk satu musim lagi dan memulai proyek jangka panjang untuk mengambil langkah selanjutnya dalam komitmen bersama kami untuk keragaman yang lebih besar dalam olahraga kami. Rekor kompetitif Lewis berdiri di berdampingan dengan yang terbaik di dunia olahraga yang pernah ada, dan dia adalah duta yang berharga untuk merek dan mitra kami,” kata Toto Wolff, bos tim Mercedes.

Pembalap berusia 36 tahun itu akan melakoni musim balapnya yang ke-15 di F1. Sebagai pemblap juara dunia bertahan, Hamilton juga akan kedatangan beberapa rookie yang menjadi rival barunya di trek tahun ini, seperti Mick Schumacher dan Nikita Mazepin di Haas, serta Yuki Tsunoda bersama Alpha Tauri. Sementara Fernando Alonso akan comeback ke F1 musim ini bersama Alpine yang merupakan rebranding dari Renault. WAHYU HARIANTONO

Sumber: Formula 1

Artikel yang direkomendasikan untuk anda