All-New Nissan Qashqai 2021 Siap Dirilis Minggu Depan

JAKARTA, Carvaganza – Setelah menanti lebih dari enam tahun, akhirnya generasi ketiga dari Nissan Qashqai akan dirilis pada 18  Februari 2021. Pabrikan menjanjikan generasi terbaru akan memiliki desain yang menonjol, fitur mutakhir dan pengendaraan yang lebih dinamis. Pasar pertama yang akan disambangi oleh generasi terbaru Nissan Qashqai adalah Eropa. Pada debutnya untuk pasar Eropa dengan nama Nissan Qashqai, akan ditawarkan dua varian mesin dan pilihan penggerak AWD.

Pertama, SUV ‘adik’ dari X-Trail ini akan menawarkan mesin 4-silinder 1.3-liter turbocharged yang dibantu dengan motor listrik 12 V. Hasilnya adalah mesin konvensionalnya mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 156 hp. Dengan penambahan sistem hybrid tersebut, Nissan Qashqai memiliki tambahan bobot 22 kg namun menghasilkan bahan bakar yang lebih efisien dan ramah lingkungan.

All-New Nissan Qashqai juga akan dibekali dengan varian berpenggerak AWD dan memiliki lima mode pengendaraan. Nissan mengklaim bahwa All-New Qashqai akan lebih intuitif dan cerdas,  serta perpindahan tenaga ke roda belakang lima kali lebih cepat daripada sistem lama. Sedangkan, akan terdapat varian ePower hybrid yang menawarkan pengalaman berkendara berbeda dengan mobil hybrid kebanyakan.

Nissan Qashqai 2021 Dashboard

Pasalnya mesin konvensional 4-silinder dengan kapasitas 1.5-liter tidak langsung menggerakan roda melainkan bekerja untuk meregenerasi baterai motor listrinya. Selain itu, dengan motor listrik yang digerakan oleh mesin bensinnya menghasilkan tenaga 187 hp dan torsi 330 Nm.

Pada varian ePower Hybrid, Nissan Qashqai juga akan dibekali dengan e-Pedal yang sama dengan Nissan Leaf. Sehingga dengan pedal tersebut pengendara dapat melakukan akselerasi dan deselerasi hanya lewat satu pedal. Teknologi e-Pedal yang sama juga digunakan pada model Nissan Kicks e-Power yang dijual di Indonesia. 

Semua sumber tenaga tersebut akan dikawinkan dengan pilihan transmisi manual 6-percepatan dan CVT. Pada generasi terbaru Nissan Qashqai ini, pabrikan kembali menggunakan sistem CVT setelah sebelumnya menggunakan transmisi kopling ganda. Namun Nissan mengklaim, sistem transmisi terbarunya ini menghasilkan efisiensi bahan bakar dan lebih responsif membaca perpindahan gigi.

Setelah resmi diluncurkan nanti, Nissan merasa optimis bahwa Qashqai akan menyaingi VW Tiguan di pasar Eropa. Meskipun VW Tiguan merupakan model terlaris namun Nissan Qashqai akan menawarkan menu fitur dan pengendaraan yang lebih berkelas.

Nissan Qashqai 2021 Interior

Nissan Qashqai generasi ketiga memiliki dimensi yang lebih panjang 35 mm dan 25 mm lebih lebar dari generasi sebelumnya. Hasilnya, Nissan memberikan ruang lebih melalui wheelbase yang menjadi 20 mm lebih panjang. Selain itu, hal tersebut juga dilakukan agar menjadi diferensiasi dari mobil kompak crossovernya, Nissan Juke.

Interiornya dilengkapi dengan layar hiburan 9,0-inci yang juga dapat disambungkan ke smartphone melalui Apple CarPlay. Selain itu, Nissan Qashqai juga memiliki head up display (HUD) 10,8-inci di atas cluster meternya yang diklaim lebih besar dibandingkan kompetitornya.

Nissan juga melengkapi akan All-New Qashqai dengan fitur ProPilot driver assist, yang sudah termasuk fitur semi otonom dan Lane Keep Assistence yang merupakan fitur standar dan tersedia dari varian terendah.  ALVANDO NOYA / WH

Sumber: Autocar

Artikel yang direkomendasikan untuk anda