Beranda Features Produksi Mobil Daihatsu di Jepang Capai 30 Juta Unit

Produksi Mobil Daihatsu di Jepang Capai 30 Juta Unit

JAKARTA, carvaganza.com – Pabrikan mobil Daihatsu Motor Co., Ltd. Mengumumkan telah mencatat total produksi 30 juta unit mobil di Jepang sejak tahun 1931 sampai dengan bulan September 2020. Angka tersebut sudah termasuk unit ekspor dalam bentuk CBU (Completely Built Up) dan CKD (Completely Knock Down).

Raihan angka produksi itu diperoleh dalam rentang waktu yang sangat panjang, 89 tahun. Dengan kata lain, rata-rata, pabrikan ini memproduksi 337 ribu lebih kendaraan setiap tahunnya di domestik Jepang. Angka itu hanya seperlima dari total produksi Daihatsu tiap tahun yang tercatat 1,5 juta lebih kendaraan per tahunnya.

Dilansir dari situs resminya, daihatsu.com, Daihatsu memiliki 4 pabrik di Jepang. Tiga di bawah Daihatsu yaitu Shiga (Ryuo) Plant, Oyamazaki Kyoto Plant, dan Head (Ikeda) Plant sedangkan Oita (Nakatsu) Plant berada di bawah Daihatsu Motor Kyushu Co., Ltd. Di luar itu mereka punya pabrik di Selangor Malaysia yang juga memproduksi Perodua. Plus dua pabrik di Indonesia yaitu Sunter II Jakarta Utara dan Karawang Jawa Barat.

Baca juga: Daihatsu Ayla Makin Seru, Punya Tampilan Baru

Sejarah Singkat

Perjalanan panjang ditorehkan Daihatsu. Merek Jepang ini didirikan pada tahun 1907 dengan nama Hatsudoki Seizo Co., Ltd. untuk memproduksi mesin domestik dengan pembakaran internal sebagai bentuk kerjasama antara dunia industri dengan akademisi. Pada 1931, Daihatsu telah memulai melakukan bisnis produksi kendaraan pertamanya dengan meluncurkan kendaraan berjenis roda tiga bernama Daihatsu dengan kapasitas mesin 500 cc.

Setelah era perang dunia kedua, Daihatsu kembali meluncurkan kendaraan roda tiga dengan jenis truk mini pada 1957, yaitu Daihatsu Midget. Kendaraan yang akrab dipanggil ‘Bemo’ oleh masyarakat Indonesia ini mendapat sambutan positif dari masyarakat kala itu. Selain itu, Daihatsu Midget juga sempat menjadi kendaraan operasional resmi pada acara Asian Games ke-4 pada 1962 yang berlangsung di Indonesia.

Tidak berselang lama, pada tahun 1958, Daihatsu juga meluncurkan kendaraan roda empat pertamanya dengan jenis truk kompak, yakni Daihatsu Vesta. Selanjutnya, Daihatsu juga meluncurkan kendaraan dengan tujuan komersil pada 1960, yakni Hijet. Kemudian, Daihatsu juga meluncurkan Charade sebagai kendaraan berpenumpang roda empat yang kompak pada 1977, dan menyusul Daihatsu Mira sebagai kendaraan penumpang mini yang diluncurkan pada 1980.

Saat ini, Daihatsu tetap fokus untuk dapat menyediakan mobil kecil yang dapat memenuhi beragam kebutuhan pelanggan dengan harga terjangkau. Dengan menerapkan konsep SSC (Simple, Slim, Compact), Daihatsu terus memproduksi mobil yang berkualitas dengan biaya yang efisien. Sebagaimana diketahui, Sejak tahun 2019, Daihatsu telah meluncurkan berbagai produk barunya yang menerapkan platform berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture).

Baca juga: Bingung Pilih Toyota Calya Atau Daihatsu Sigra? Simak Ulasan Ini!

Mobil roda empat pertama Daihatsu

Daihatsu di Indonesia

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) adalah Agen Tunggal Pemegang Merek mobil Daihatsu di Indonesia yang berhak mengimpor, merakit, dan membuat kendaraan bermerk Daihatsu atau Toyota, dan komponen serta bisnis terkait di Indonesia. ADM merupakan perusahaan joint venture antara Daihatsu Motor Company dengan Astra International yang ada sejak tahun 1978.

Fasilitas ini memproduksi berbagai macam kendaraan untuk domestik dan ekspor. Tercatat kendaraa yang diproduksi adalah Xenia, Avanza, Terios, Rush, Gran Max, Townace, Liteace, Luxio, Ayla, Agya, Wigo, serta Sigra dan Calya.

 

Tahun ini, akibat pandemi Covid-19, produksi Daihatsu di Indonesia sedikit terganggu. Bahkan pada Mei, Daihatsu sama sekali tidak melakukan produksi. Dalam data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tercatat produksi Daihatsu dari Januari hingga September 2020, berada di angka 68.863 unit. Sebagai pembanding, pada 2019 lalu, Daihatsu memproduksi 175.489 unit kendaraan.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Versi Siap Produksi Porsche 911 GT3 2021 Terlihat Tanpa Kamuflase

STUTTGART, Carvaganza.com – Generasi terbaru 911 GT3 sepertinya sudah mendekati waktu peluncuran, dan Porsche pun sudah tidak malu-malu menunjukkan wujudnya. Dalam rangkaian spyshot terbaru,...

Belum Paham Soal Transmisi Otomatis? Ini Tips Mudahnya

Mobil dengan transmisi jenis otomatis sudah bukan hal yang aneh lagi. Meski demikian, masih banyak yang belum memahaminya. Mungkin karena memang selama ini menggunakan...

Jeep Compass Mendapat Penyegaran, Tampil Perdana Di Guangzhou Auto Show 2020

JAKARTA, Carvaganza.com – Jeep memperkenalkan versi penyegaran dari crossover compact miliknya, Compass. Mendapat sejumlah penyegaran, Jeep Compass pertama kali ditampilkan ke publik pada Guangzhou...

TEST DRIVE: Ferrari F8 Spider, Sama Kencang dan Seasik Coupe

SINGAPURA, Carvaganza.com - Sebagian besar orang mungkin akan menganggap sports car versi atap terbuka tidak se-hardcore versi coupe. Rasanya anggapan itu banyak beredar. Ferrari...

Begini Ragam Kelebihan Jika Memiliki Hyundai Kona Electric

JAKARTA, carvaganza – Hyundai Kona Electric sudah diluncurkan oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) awal November kemarin di Jakarta. Sebagai mobil listrik murni listrik...