Beranda New Cars Porsche Panamera Dapat Facelift, Utamakan Upgrade Performa

Porsche Panamera Dapat Facelift, Utamakan Upgrade Performa

STUTTGART, Carvaganza.com – Setelah kurang lebih empat tahun beredar, Porsche Panamera kini resmi mendapat penyegaran di generasi keduanya. Panamera facelift langsung berlaku untuk versi sedan standar maupun Sport Turismo (estate). Namun Porsche lebih mengutamakan peningkatan pada internal daripada ubahan penampilan.

Penyegaran dari sisi tampilan terbilang sangat minimalis, bahkan nyaris tidak terlihat untuk mereka yang bukan penggemar Porsche. Penampilan keseluruhan versi awal masih dipertahankan, dengan aksen baru di beberapa bagian eksterior.

Bisa dilihat dari desain baru bumper depan, yang mengadopsi styling baru pada intake yang agak lebih sporty. Sepintas gaya yang dianut pada fascia depan mirip dengan milik model 718 GTS. Yang cukup signifikan adalah garis desain baru untuk LED DRL, yang dibuat seperti mengitari salah satu kisi-kisi pada intake.

Opsi tampilan dari SportDesign Package memberikan penampilan lebih sporty, lewat intake depan yang lebih besar. Opsi ini menjadi standar untuk varian Panamera Turbo S, berikut lampu belakang dengan aksen smoked. Porsche bahkan merevisi strip LED di belakang, untuk memberikan kesan tampilan 3D yang lebih kuat. Begitu juga dengan desain baru velg dengan opsi 20 dan 21 inci.

Seperti eksteriornya, tidak banyak ubahan signifikan juga terjadi pada sisi interior. Lingkar setir model Sport tetap ada, berikut paddle shifter. Sementara pada Panamera Turbo S memakai setir model GT Sport. Layar sentuh 12,3 inci tetap menjadi pusat perhatian di dashboard, lengkap dengan navigasi dan Wi-Fi hotspot. Sistem infotainment mengandalkan output audio berkualitas premium dari Bose.

Soal fitur, seluruh range varian Panamera bau sudah dilengkapi dengan Lane Keep Assist and Traffic Sign Recognition. Sedangkan fitur opsional yang bisa dimiliki konsumen yaitu Lane Change Assist, Surround View, Porsche InnoDrive with Adaptive Cruise Control, Night Vision Assist, dan head-up display (HUD).

Peningkatan utama yang ditawarkan lewat Panamera facelift adalah pada sisi performa. Panamera Turbo S yang baru-baru ini memecahkan rekor Nurburgring menjadi pengganti Panamera Turbo. Mengandalkan mesin V8 4,0 liter twin-turbo, varian ini menyimpan output tenaga 621 hp dan torsi 820 Nm. Angka tersebut telah bertambah 79 hp dan 50 Nm daripada versi sebelumnya. Akselerasi 0-100 km/jam dapat dituntaskannya dalam 3,1 detik.

Varian unggulan lainnya adalah Panamera 4S E-Hybrid, model plug-in hybrid (PHEV) yang gabungkan mesin V6 2,9 liter twin-turbo dengan motor listrik. Gabungan tenaga 434 hp dari mesin dan 134 hp alias 100 kW dari motor listrik menghasilkan total tenaga 552 hp. Sementara torsi puncaknya mencapai 750 Nm. Drivetrain mengandalkan transmisi otomatis PDK 8-speed dan penggerak all-wheel drive.

Pada varian lain, seperti Panamera GTS, mesin V8 yang sama menawarkan tenaga 473 hp dan torsi 620 Nm sekarang. Sedangkan varian entry Panamera dan Panamera S, bermesin V6 2,9 liter bi-turbo, dengan output 325 hp dan 450 Nm keduanya. Porsche juga membenahi pengendaraan untuk pengalaman lebih menggugah. Sistem PASM (Porsche Active Suspension Management) direvisi untuk peredaman lebih nyaman dan stabilisasi dari reduksi body roll.

Paling cepat, Panamera facelift akan hadir di dealer resmi Porsche mulai November mendatang, khususnya di Jerman. Harga yang ditawarkan konon mulai € 91.345 (Rp 1,586 miliaran) sampai dengan € 179.737 (Rp 3,122 miliaran) yang termahal.

Sumber: Porsche, Carscoops

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Maximum Trip Ke Timur Jawa (Bagian 2)

JAKARTA, Carvaganza.com - Dalam pengujian Maximum Power bersama Nissan Kicks e-Power, kami mencoba mencari jawaban atas pertanyaan; Apakah benar ia adalah crossover terhebat? Atau...

Toyota Virtual Expo, Beli Mobil Berhadiah Kalung dan Emas

JAKARTA, Carvaganza -- Toyota makin gencar melakukan strategi pemasaran lewat digital selama masa pandemi Covid-19. Kali ini, Toyota menggelar Toyota Virtual Expo berskala nasional...

Mercedes-Benz GLA & GLB Terbaru Meluncur, Lengkapi Line-Up SUV di Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Keluarga model SUV kompak Mercedes-Benz di Indonesia semakin lengkap, dengan resmi hadirnya dua model baru. Generasi baru Mercedes-Benz GLA telah meluncur...

Tesla Kembangkan Baterai Baru Demi Mobil Listrik Murah

SAN CARLOS, Carvaganza.com – Sebagai salah satu pionir di pasar otomotif elektrifikasi, Tesla Motors mengumumkan sedang mengembangkan teknologi baru. Inovasi yang tengah dikembangkan ini...

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Maximum Trip Ke Timur Jawa (Bagian 1)

JAKARTA, Carvaganza.com - Nissan Indonesia kini punya strategi baru. Tahun lalu, di Hong Kong, rencana besar mereka untuk Indonesia di 2020 adalah merilis model...