Beranda New Cars Pekan Depan New Toyota Fortuner Meluncur, Disusul Pajero Sport Facelift?

Pekan Depan New Toyota Fortuner Meluncur, Disusul Pajero Sport Facelift?

JAKARTA, Carvaganza.com – Dalam waktu dekat, pasar otomotif Indonesia akan kedatangan dua model SUV baru yang sudah menjadi rival sejak lama. New Toyota Fortuner akhirnya akan diluncurkan di Indonesia, dengan pembaruannya tau facelift. Peluncuran New Fortuner diyakini akan disusul langsung oleh rival utamanya, yaitu Mitsubishi Pajero Sport.

Informasi ini berdasarkan sejumlah undangan yang masuk ke redaksi kami, salah satunya dari PT Toyota Astra Motor (TAM) dengan jelas menyebutkan New Fortuner. Untuk SUV 7-seater ini, Toyota akan menggelar peluncuran pada tanggal 15 Oktober 2020, hari Kamis mendatang. Peluncuran New Fortuner dibarengi dengan New Kijang Innova juga di saat bersamaan.

Toyota seperti diketahui telah merilis Fortuner versi facelift beberapa bulan lalu tahun ini, tepatnya pada bulan Juni. Fortuner facelift akan hadir menyusul beberapa model baru Toyota yang telah meluncur tahun ini. Yaitu Agya, Hilux, Corolla Cross, dan Yaris. Kecuali Corolla Cross, semua produk baru yang meluncur adalah versi facelift. Sepertinya cocok menyebut 2020 sebagai tahun facelift.

Fortuner versi 2020 pertama kali diluncurkan di Thailand, dengan menampilkan gaya desain dan ada varian baru. Wajah baru Fortuner tampil lebih agresif, khususnya dari visual grille depan yang membesar. Aksen kisi-kisi honeycomb hitam mendominasi fascia depan, disertai frame grille dengan aksen chrome. Panel intake samping membesar, diikuti skidplate silver yang menegaskan karakter Tangguh Fortuner. Jangan lupakan grafis LED DRL baru yang lebih cantik.

Ubahan eksterior masih diwakili oleh desain baru velg alloy 18 inci dengan nuansa warna single tone. Lalu menilik ke belakang, versi facelift punya tampilan baru pada lampu belakagnya. Di Thailand, Toyota menyediakan varian baru yang disebut Fortuner Legender. Tampilannya berbeda, berdesain ala Range Rover dengan warna two tone. Namun, diprediksi varian baru ini tidak akan dipasarkan ke Indonesia.

Pembaruan lain pada Fortuner facelift adalah sistem infotainment baru yang lebih modern, dan lebih lengkap. Kini, Fortuner sudah mendukung kontektivitas Apple CarPlay, serta dilengkapi visual kamera 360 derajat. Peningkatan lain, hanya sebatas performa mesin yang sedikit ditingkatkan dari sebelumnya.

Lalu bagaimana soal Pajero Sport? PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Selas (MMKSI) juga mengirim sebuah undangan ke redaksi. Namun, undangan preview tersebut tidak menyebutkan produk yang akan diluncurkan oleh Mitsubishi. Namun kami yakin bahwa itu adalah Pajero Sport versi facelift juga.

Kenapa? Karena kami melihat sejarah dari timeline Fortuner dan Pajero Sport di Indonesia. Terakhir kali dilakukan peluncuran generasi baru pada awal tahun 2016 lalu, Fortuner dan Pajero Sport meluncur dalam waktu yang berdekatan. Saat itu Fortuner meluncur lebih dulu di Indonesia, yang kemudian disusul sang rival sepekan setelahnya. Bukan tidak mungkin strategi sama diterapkan oleh masing-masing pabrikan kali ini.

Pajero Sport sendiri sudah meluncur versi facelift-nya cukup lama, sejak pertengahan tahun 2019 lalu. Debutnya juga berlangsung di Thailand, sama seperti Fortuner. Namun sampai berita ini dibuat, Pajero Sport belum juga mengalami facelift di Indonesia.

Sama seperti Fortuner, ubahan yang dialami oleh Pajero Sport juga terbilang minor. Ubahan paling signifikan terlihat dari sisi eksterior. Fascia depan dibuat lebih seragam dengan versi terbaru bahasa desain Dynamix Shield. Grafis lampu depan direvisi untuk mengikuti garis desain dari bentuk baru grille depan. Lapisan chrome mendominasi grille baru Pajero Sport, yang dilanjutkan ke aksen L terbalik di bagian sampingnya. Ubahan desain lampu juga terjadi di belakang, dengan aksen memanjang ke bawah khas Pajero Sport kini lebih pendek.

Begitu pun soal interior, yang sangat minim ubahan jika dibandingkan sebelumnya. Paling aman jika menyebut pembaruan Mitsubishi berikan pada fitur dan sistem infotainment di dalam kabin versi facelift. Tentunya kelengkapan fitur yang tersedia tetap akan bergantung pada pilihan varian Pajero Sport nantinya.

Benar atau tidaknya Pajero Sport akan ikut menyusul peluncuran Fortuner tahun ini kita akan tunggu jawabannya. Yang jelas, dua SUV ini sudah menguasai segmennya selama bertahun-tahun. Tunggu saja minggu depan.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

SPYSHOT: Ngapain Porsche 911 Dites Pakai Gaya Crossover?

NURBURG, Carvaganza.com – Basis Porsche 911 terbaru tampaknya sedang berusaha untuk dieksploitasi menjadi berbagai varian. Sejauh ini, 911 generasi terbaru sudah punya varian terkencang...

All New Honda City Meluncur di Filipina, Begini Perubahannya.

MANILA, carvaganza.com -  All New Honda City pada akhir pekan kemarin resmi diluncurkan di Filipina. Peluncuran dilakukan seminggu setelah dirilis di Malaysia. All New...

SSC Tuatara Pecahkan Rekor Mobil Tercepat di Dunia Tembus 532,8 Kpj!

Banyak yang mengira kalau Bugatti Chiron adalah mobil tercepat di dunia. Ya, mobil itu berhasil memecahkan rekor kecepatan 490 kpj. Tapi belum lama ini...

Perhatikan! Ini Pelanggaran yang Diincar Polisi Selama Operasi Zebra 2020

JAKARTA, Carvaganza -- Operasi Zebra 2020 berlangsung serentak di seluruh Indonesia mulai hari ini, Senin, 26 Oktober 2020. Operasi yang berlangsung sampai Minggu, 8...
video

VIDEO: Lihat Langsung Dua Edisi Terbatas Mitsubishi Xpander

JAKARTA, Carvaganza.com – Mitsubishi Xpander masih menjadi andalan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) untuk menegaskan eksistensinya di pasar. Untuk tahun 2020...