Beranda Updates Pasar Menjanjikan, DFSK Indonesia Siapkan Minibus dan Blind Van

Pasar Menjanjikan, DFSK Indonesia Siapkan Minibus dan Blind Van

JAKARTA, Carvaganza.com – DFSK memang pemain baru di otomotif Tanah Air. Namun kehadiran mereka cukup mengejutkan. Tak hanya di segmen kendaraan penumpang dengan Glory 580 dan Glory 560, DFSK juga bermain di segmen kendaraan komersial dengan mengandalkan pick-up Super Cab.

Meski demikian, pabrikan asal Cina ini melihat peluang masih cukup terbuka lebar. Masih ada sejumlah segmen yang belum dimaksimalkan untuk mendorong pertumbuhan bisnisnya dari tahun ke tahun.

DFSK melihat adanya sebuah pertumbuhan yang cukup konsisten dan ceruk pasar yang cukup cerah untuk kendaraan Minibus dan Blind Van. Data yang dikeluarkan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan jika kedua segmen ini tetap mengalami pertumbuhan meski secara keseluruhan pasar otomotif nasional anjlok hampir 10,6 % dibandingkan tahun lalu.

Gaikindo mencatat penjualan minibus pada 2019 mencapai 18.300 unit dan mengalami pertumbuhan 2 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara penjualan di segmen blind van mencapai 9.600 unit dan mengalami pertumbuhan signifikan mencapai 15%. Dengan kata lain, pertumbuhan yang dialami kedua segmen ini menunjukkan pasar yang sehat dan menjanjikan.

Baca juga: Ini Bocoran Mobil Komersial Baru DFSK?
Baca juga: Super Cab Laris Manis, DFSK Siapkan Line-Up Komersial Baru

Pertumbuhan dan Peluang

Pertumbuhan ini memotivasi DFSK untuk melakukan ekspansi bisnis di segmen kendaraan komersial yang sebelumnya baru mencakup di ceruk pick-up ringan dengan mengandalkan Super Cab. Peluang DFSK untuk masuk dan mengembangkan bisnis di segmen Minibus dan Blind Van semakin terbuka lebar karena tidak banyaknya pemain di kedua segmen ini.

Survey internal DFSK menunjukkan, penggunaan model Minibus oleh konsumen di Tanah Air bisa menjadi dual purpose. Pertama bagi konsumen perseorangan cenderung menggunakan kendaraan minibus sebagai kendaraan penumpang sebanyak 60% dan sisanya 40% digunakan untuk keperluan angkut barang. Lain halnya dengan konsumen corporate atau perusahaan, sebanyak 60% minibus digunakan untuk keperluan mengangkut barang dan 40% nya sebagai kendaraan penumpang.

Berbeda dengan model Blind Van yang memang ditujukan untuk mendukung kelancaran berbagai bisnis konsumen di Indonesia. Penggunaan model Blind Van bisa digunakan untuk mendukung bisnis logistik, food & beverage, ambulance, ekspedisi, sosial car, dan berbagai kebutuhan lainnya.

Peluang ini ini tentunya bisa dimanfaatkan DFSK. Sehingga masuknya DFSK ke segmen ini akan membuat konsumen semakin banyak pilihan — pick up, blind van, dan juga minibus – sesuai kebutuhan dan kemampuan beli. Nilai plus lainnya dari pabrikan asal Cina ini adalah harganya yang cenderung miring dibandingkan brand lain. Super Cab saja misalnya, dibanderol Rp 132,9 juta. Mereka juga memberikan 3 years 120.000 km warranty. Hal yang tentunya bisa menjadi pemanis promosi. Kabar mengenai kendaraan komersial baru DFSK memang kian gencar. Mereka juga sudah menyebutkan kedatangan model anyar di GIICOMVEC, 5-8 Maret 2020 di JCC Jakarta. Jadi kita tunggu saja.

Baca juga: Melihat Peluang Bisnis DFSK di Segmen Kendaraan Minibus dan Blind Van

AJAR LEKSANA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

TEST DRIVE: Renault Kwid Climber, Kesan yang Membekas

JAKARTA, Carvaganza.com -  Saya memarkir Renault Kwid Climber di salah satu kedai kopi di bilangan Fatmawati, Jakarta dan memilih meja di area terbuka tidak...

Strategi Elektrifikasi, Kia akan Punya 7 Mobil Listrik Baru Sampai 2027

SEOUL, Carvaganza.com – Tren elektrifikasi semakin meluas dan diikuti oleh sebagian besar pabrikan otomotif di dunia. Kendaraan bertenaga listrik semakin banyak pula mengisi line...

4,5 Tahun Jadi Bangke Di Sungai, Porsche 911 Direbuild Lagi

TUSCANY, Carvaganza.com -  Bagi kalangan car enthusiast, menghidupkan kembali mobil yang telah mati adalah pekerjaan mengasyikkan. Apalagi kalau mobil yang dikerjakan punya historis tinggi...

Regulasi Baru, Peugeot akan Ikut Le Mans Lagi Mulai 2022

LE MANS, Carvaganza.com – Peugeot akhirnya resmi mengumumkan akan mencoba lagi untuk megnejar kemenagnan di Le Mans 24 Hour. Caranya adalah dengan akan berpartisipasi...
video

VIDEO: Duel Maut McLaren 720S Spider Versus Porsche Taycan Turbo S

LONDON, Carvaganza.com - McLaren 720S lawan Porsche Taycan di lintasan drag? Ini duel yang seru. Dan mungkin banyak yang underestimate Taycan karena bentuknya. Taycan...