Ini Bocoran Mobil Komersial Baru DFSK?

JAKARTA, Carvaganza.com – Rencana DFSK Motors meluncurkan model baru semakin santer. Disebutkan jika mobil di segmen komersial itu akan diperkenalkan di ajang GIICOMVEC, pekan depan. Meski pabrikan asal Cina itu masih menutup rapat informasinya foto-foto yang diduga produk anyarnya sudah tersebar di sosial media. Berwujud minibus bak Daihatsu Luxio dan GranMax.

Diunggah satu akun yang diduga sales DFSK, yakni @feri_dfsk menampilkan tampak depan dan belakang sebuah mini van. Jika melihat spyshot, ia diprediksi menyasar segmen komersial atau fleet. Wujud belakangnya menunjukkan kaca tetap dan pintu geser. Jika merunut produk Dongfeng di Cina, foto ini menyerupai model C37 yang dipasarkan di negara tersebut Cina.

Jika dilihat lebih jauh, ada sedikit perbedaan. Mobil di foto tersebut menunjukkan dua kisi-kisi terpisah satu palang, mirip milik EC35. Sementara C37 memiliki wajah dengan grille dipartisi dua palang horizontal. Masih belum jelas model mana yang bakal ditawarkan oleh DFSK. Namun EC35 sendiri mengadopsi basis dari C37. Bisa jadi keduanya bakal mengisi lini DFSK Indonesia.

PR & Digital Manager PT Sokonindo Automobile, Arviane D Bahar beberapa waktu lalu mengatakan DFSK menilai peluang untuk menambah lini kendaraan komersial cukup besar. Apalagi model yang mereka punyai saat ini Super Cab, diterima konsumen Indonesia dengan cukup baik.

“Dalam waktu dekat ini, DFSK akan menghadirkan model kendaraan komersial yang diperuntukan memenuhi kebutuhan di sektor yang berbeda dengan DFSK Super Cab. Di negara asalnya, DFSK juga telah memiliki line up komersil yang beragam. Kami berharap dengan salah satu strategi ini dapat melayani lebih banyak lagi konsumen di Tanah Air,” kata Arviane.

Baca juga: Super Cab Laris Manis, DFSK Siapkan Line-Up Komersial Baru

https://www.instagram.com/p/B7qadC-FuxR/

Pilihan Model


Di Cina, C37 hadir dengan konfigurasi tempat duduk 7, 8, 9 hingga 11. Cocok untuk dijadikan angkutan travel atau operasional. Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.500 mm, lebar 1.680 mm dan tinggi 1.960 mm. Wheelbase yang ditawarkan 3.050 mm. Bobot bersih mencapai 1.290 kg, dan gross weight 1.970 kg. Dimensi itu lebih besar dari Luxio, dengan panjang mendekati ukuran Toyota Alphard. Ukuran ini tentunya menawarkan kabin yang lapang.

Untuk jantung yang digunakan adalah DK15-06VVT berkubikasi 1,5-liter. Tenaga yang dihasilkan 115 PS dan torsi 148 Nm. Seluruh daya disalurkan ke roda belakang melalui sistem transmisi manual 5-speed. Mobil ini dibekali tangki berkapasitas 55 liter.

Baca juga: DFSK: Pasokan Aman, Tak Terganggu Wabah Virus Corona



Ada juga opsi mesin diesel SFD12B. Volume ruang mesin 1,3-liter, memproduksi daya dorong 75 PS dan momen puntir 190 Nm. Transmisi, kapasitas bahan bakar dan kecepatan puncak sama dengan versi bensin. Bisa jadi di Indonesia akan menggunakan versi turbodiesel, mengingat pikap DFSK Supercab menggendong unit yang sama.

Model EC35 memiliki dimensi sama dengan C37. Namun, karena menjadi pengangkut barang, ruang belakang tak diisi kursi. Dimensi kargo, 2.570 x 1.440 x 1.270 mm dengan kapasitas bagasi mencapai 4.800 liter. Urusan dapur pacu, ia dilengkapi motor yang menyemburkan tenaga 81 PS dan torsi 191 Nm. Ini disokong baterai 41,4 kWh agar mampu menempuh jalan sejauh 290 km (baterai penuh sampai habis).

Kita tunggu saja yang mana yang akan masuk pekan depan.

Sumber foto: Instagram @feri_dfsk, Dongfeng-global

Baca juga: DFSK Siapkan Produk Baru, Perkuat Segmen Komersial?

MUHAMMAD HAFID | RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda