Beranda Updates Mitsubishi eCanter Usung Teknologi Anyar, Belum Dijual di Indonesia

Mitsubishi eCanter Usung Teknologi Anyar, Belum Dijual di Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Era kendaraan eletrifikasi alias EV juga merambah segmen komersial. PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) misalnya, untuk pertama kalinya menampilkan truk listrik Mitsubishi Fuso eCanter ke hadapan publik Indonesia, saat GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicles Expo (GIICOMVEC) 2020.

Ini adalah debut versi produksi eCanter di Indonesia. Kendaraan jenis Light Duty Truck (LDT) bertenaga listrik ini telah disempurnakan, telah diproduksi secara massal. Saat ini, eCanter telah dirilis ke pasar Jepang, Amerika Serikat, dan beberapa negara di benua Eropa.

Dengan membawa eCanter, KTB memanfaatkan momentum GIICOMVEC 2020 sekaligus mensosialisasikan kecanggihan teknologi truk elektrik. Truk ini beroperasi sepenuhnya menggunakan tenaga listrik, tanpa menghasilkan gas buang, serta bebas kebisingan dan getaran. Teknologi powertrain eCanter membantu mengurangi efek negatif terhadap lingkungan secara signifikan, terutama dalam mengurangi polusi udara.

Apakah akan dijual di Indonesia? Duljatmono, Direktur Pemasaran dan Penjualan PT KTB menerangkan, “Model ini sudah dipasarkan di lima negara. Kalau di Indonesia kami belum jual. Ini masih mensosialisasikan saja.” Keterangannya pada konferensi pers (5/3/2020) untuk memastikan bahwa eCanter belum dipasarkan di Tanah Air.

Baca juga: GIICOMVEC 2020: Mitsubishi Fuso Luncurkan Fighter Varian Baru

Fitur

Dibanding truk bermesin diesel, menggunakan tenaga listrik membuat eCanter menghasilkan getaran lebih minim. Hal ini membuat pengemudi lebih nyaman dan tidak cepat lelah. Dengan begitu, para pengemudi diharapkan bisa lebih produktif dan memiliki kualitas lingkungan kerja yang lebih baik.

Sumber tenaga eCanter berasal dari 6 modul baterai high voltage, dengan daya 420 Volt dan 13,8 kWh, sementara baterai low voltage memiliki daya 12 Volt. Baterai tersebut diklaim mampu digunakan menempuh perjalanan sampai sejauh 100 km dengan baterai penuh, serta muatan sebanyak 75 persen.

Total, motor listrik yang digunakan mampu memberikan tenaga sebesar 135 kW (184 ps), serta torsi maksimal sampai 390 Nm. Motor listrik atau E-motor tersebut dikawinkan dengan sistem transmisi Constant Reduction yang memberikan efisiensi operasional tinggi.

Baca juga: GIICOMVEC 2020: Mitsubishi Bawa 2 Jagoan Triton dan L300

Si baterai dapat diisi ulang (recharge) dengan metode fleksibel. Untuk pengisian dengan listrik AC prosesnya berlangsung selama sekitar 9 jam untuk pengisian penuh, sedangkan fast charging DC dapat dilakukan hanya dalam 1,5 jam saja.

Lainnya? Mitsubishi tetap melengkapi eCanter dengan perangkat standar sepert truk lainnya. Ada fitur keselamatan seperti anti-lock braking system (ABS), electronic stability program (ESP), juga lane departure warning (LDW) yang dapat menjaga posisi kendaraan tetap di lajurnya. Rangkaian fitur keselamatan ini bisa dibilang sebanding dengan fitur pada sedan mewah.

Diperkenalkannya eCanter di GIICOMVEC 2020 juga menjadi tanda peringatan 50 tahun kehadiran KTB di pasar Indonesia. KTB telah ramaikan industri otomotif Indonesia selama lima dekade, yang sejak tahun 1970 sebagian besar produknya hadir di segmen kendaraan niaga.

Baca juga: Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter Goda Calon Konsumen di GIICOMVEC 2020

WAHYU HARIANTONO | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Volkswagen ID.4 Meluncur, SUV Listrik Perdana Kaya Teknologi

WOLFSBURG, Carvaganza.com – Volkswagen resmi memperkenalkan model SUV full elektric pertamanya yang bernama Volkswagen (VW) ID.4. Line up mobil listrik VW pun kini semakin...

Hyundai World Premiere Sportscar Listrik RM20e di Auto China Show 2020

BEIJING, Carvaganza.com – Pabrikan Beijing Hyundai Motor Company memanfaatkan pameran Beijing International Automotive Exhibition 2020 untuk membagikan visi elektrifikasi di masa depan. Sebagai bagian...

Cina Sudah Normal lagi, Gelar Pameran Otomotif Di Beijing

BEIJING, Carvaganza.com – Kehidupan di Cina sepertinya sudah normal kembali sejak dihantam pandemic COVID-19. Yang terbaru adalah untuk pertama kalinya digelar pameran otomotif di...

Honda CR-V PHEV Telah Meluncur di Cina, Ini Kelebihannya

BEIJING, Carvaganza.com – Honda CR-V Plug-in Hybrid (CR-V PHEV) telah mendebut global di Beijing International Automotive Exhibition 2020 di kota Beijing, China. Pembukaan selubung...

Harga Rp 829 Juta, Ini Kelebihan New Mercedes Benz GLB

JAKARTA, carvaganza.com – Peluncuran New Mercedes-Benz GLB dilakukan bersamaan dengan GLA 200 Progressive Line. Kedua model ini bermain di segmen yang sama yakni SUV/Crossover...