Beranda Review Mau Beli Nissan All-New Livina? Simak Promo Menariknya

Mau Beli Nissan All-New Livina? Simak Promo Menariknya

JAKARTA, Carvaganza.com – Nissan punya satu andalan di segmen MPV yaitu All New Livina. Nissan Livina disajikan dalam empat varian: E, EL, VE dan VL. Pilihannya ada yang transmisi otomatis ada juga manual. Opsi sebanyak itu tentunya memberikan keleluasaan bagi konsumen, karena dapat memilih sesuai kebutuhan.

Dimensi bodi terbilang besar. Namun, tetap bisa digunakan untuk melintasi daerah perkotaan dengan mudah. Adapun ukuran tubuhnya 4.510 x 1.750 x 1.700 mm, dengan bobot 1.220 kg. Terselip karakter SUV seperti saudaranya Mitsubishi Xpander, sporty dan kekinian. Keduanya memang ibarat saudara kembar karena memang dibangun dari basis yang sama. Tapi masing-masing punya keunggulan sendiri. Misalnya saja dari bodinya yang lebih bongsor,

Meski demikian, Livina masih cukup fleksibel untuk dibawa kemana saja. Baik di jalanan perkotaan atau saat keluar kota. Keempat varian dibekali mesin 4-silinder DOHC, twin VTC (Variable-valve Timing Control). Tenaga puncak sebesar 104 PS, yang keluar di putaran mesin 6.000 rpm, dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm. Tak berlebih, tapi cukup melesatkan 7-penumpang ini kemana saja yang Anda inginkan.

Bingung pilih tipe mana? Kami ulas dulu semuanya.

Varian E

Ini adalah opsi terbawah yang dijual seharga Rp 208,3 juta. Coocok bagi Anda yang menginginkan tunggangan fundamental, sebagai sarana transportasi untuk membawa dari titik A ke B. Kelengkapannya sederhana, tapi sudah mencukupi. Sektor penerangannya ada fungsi auto on/off. Fungsionalitasnya juga ditopang dual line LED positioning lamp dan daytime running light (DRL). Teknologi LED juga ditemukan pada buritan, untuk lampu kombinasi. Namun, foglamp tak terpasang, akan sedikit sulit ketika mengajaknya melewati cuaca berkabut.

Tubuh streamline Livina juga minimalis tanpa hiasan krom. Peleknya saja masih kaleng 15-inci. Bingkai roda dibalut karet bundar 185/65. Keempat roda dihubungkan sistem peredaman yang disokong stabilizer. Bertujuan memastikan manuver, baik saat menikung atau berpindah jalur tetap stabil.

Baca juga: Pabrik Hentikan Produksi, Nissan: Kami Tetap Eksis

Di bagian kabin, jok ditutupi material fabrik hitam-beige. Konsol tengah tak dilengkapi head unit, tapi Nissan sudah menyediakan dua speaker. Di bawah area yang seharusnya menjadi tempat bertengger head unit, terdapat pengatur AC model kenop. Perlu diketahui, varian ini tak memiliki blower belakang. Udara dingin hanya disalurkan lewat ventilasi di depan.

Kemudi bisa diatur posisinya berkat tilt dan teleskopik. Jok juga bisa disetel ke empat arah. Informasi terkait kendaraan juga lengkap ditampilkan Multi Information Display, yang menempel di panel instrumen. Sayangnya, dengan harga segitu, anda harus puas tanpa kehadiran fitur pelipat spion otomatis, sensor atau kamera parkir. Termasuk i-Key dan Push Start/Stop Button yang mempermudah akses, serta proses menyalakan/mematikan mesin.

Walau begitu, fitur keselamatan dioptimalkan kantung udara ganda di depan, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Auto Hazard Light on Emergency Braking. Pasalnya 2 power outlet tertanam di depan dan paling belakang untuk kebutuhan gadget. Begitu pula kemudahan dalam membawa barang di ruang kargo. Volumenya bisa diperluas dengan melipat jok.

Baca juga: REVIEW: All New Nissan Livina, Tampil Beda di Bawah Bayang-Bayang Xpander

Varian EL

Ada dua tipe yang disodorkan varian ini, berdasarkan opsi pemindah gigi. Manual dibanderol Rp 231,8 juta dan matik Rp 242,8 juta. Selisih harga yang cukup jauh dari E. Tentu saja perbedaan fitur juga signifikan. Semua lampunya sama, tapi ada penambahan fog lamp. Makin mewah dengan Courtesy Light before and after driving, yang membantu pengemudi di kondisi gelap. Peleknya juga sudah alloy walau masih berukuran 15-inci.

Masuk ke kabin, material fabrik lebih berkualitas disematkan. Kelirnya black-brown, sedikit memancarkan kesan mewah. Dasbor tetap hitam, tapi dikasih ornamen perak pada beberapa bagian. Paling penting, tipe EL sudah dilengkapi head unit, meski belum berupa layar sentuh. Berkonfigurasi 2DIN, dapat memutar radio, CD, MP3, dan koneksi USB.

Keluaran suara lebih menyeluruh karena ada 4 speaker di depan dan belakang. Kenyamanan penumpang juga optimal berkat blower belakang yang menggantung di plafon tengah. Perangkat ini memastikan udara dingin sampai ke baris ketiga. Urusan fitur safety, varian EL tak berbeda dengan E.

Baca juga: TEST DRIVE: 180 Km/Jam Pakai All-New Nissan Livina, Apa Rasanya?

Varian VE

Cuma punya satu pilihan yaitu transmisi otomatis. Varian VE dipatok Rp 259,4 juta. Secara figur juga tak jauh berbeda, tapi peleknya berdimensi 16-inci dan ban 205/55. Sudah pasti mempengaruhi ground clearance, sedikit jadi 205 mm. Ini akan membantu saat menghadapi jalanan bergelombang. Sisi kepraktisan ikut meningkat, dari spion yang dapat dilipat secara elektronik lewat tombol dalam kabin.

Nuansa interior lebih elegan dengan aksen kayu di beberapa panel. Meski pelapis jok masih menggunakan fabrik Black-Brown. Susunan dasbor tak berubah, tapi head unit berupa layar sentuh 7-inci. Tak hanya multimedia, juga dapat dihubungkan ke smartphone melalui koneksi Android Auto dan Apple CarPlay, serta Bluetooth. Perangkat itu bisa dikontrol lewat tombol di kemudi. Gawai komunikasi elektrik seluruh penumpang terjaga dayanya. Tiga power outlet tersebar di tiap baris tempat duduk.

Beragam fitur pendukung pengendalian ikut diterapkan. Vehicle Dynamic Control (VDC) dan Traction Control System (TCS) memastikannya. Mengemudi di jalan menanjak juga bebas khawatir dengan kehadiran Hill Start Assist (HSA). Proses parkir juga terjamin. Sensor di belakang siap menginformasikan bila ada objek yang mendekat. Ini masih dibantu kamera parkir. Kondisi di belakang mobil ditampilkan ke layar head unit.

Baca juga: Harga di Bawah Xpander, Ini Kelebihan All-New Nissan Livina

Varian VL

Inilah varian tertinggi Livina, dengan segudang kelengkapan. Dengan harga Rp 272,1 juta, wujudnya paling mewah. Di bagian wajah ada sentuhan kromium memenuhi eksterior, di spion, gagang pintu dan bingkai jendela. Sisanya sama seperti varian VE. Walau begitu, untuk mengakses kabin, pengguna tak memerlukan memasukkan anak kunci atau menekan tombol pada remote. Cukup kantongi remote, kemudian tekan tombol di gagang pintu untuk membuka atau mengunci.

Fitur itu sudah pasti disandingkan dengan Push Start/Stop Button yang berfungsi menyalakan atau mematikan mesin. Posisi tombolnya terletak di dasbor sebelah kanan, tepat di belakang kemudi. Material kulit hitam bisa ditemukan pada VL, yang membungkus jok sampai kemudi.

Pengemudi di varian ini sudah dimanjakan MID berwarna, pengaturan ketinggian kursi. Ini mengakomodasi beragam karakter tubuh, terutama mereka yang tinggi. Kemudian sektor hiburan masih menganut layar sentuh 7-inci layaknya VE, tapi speakernya ada 6.

Baca juga: All New Nissan Livina, Apa Bedanya dengan Grand Livina?

Promo dan Diskon

Jika anda ingin meminangnya, pastikan mendapat beragam penawaran, baik dari diler maupun pabrikan langsung. Nissan Motor Indonesia (NMI) saat ini menggelar promo bertajuk Maret 2020. Kredit Livina lebih ringan dengan program pembiayaan down payment 20 persen, atau cicilan ringan melalui leasing tertentu. Ini berlaku untuk tipe EL, VE dan VL VIN19. Ada pula cashback Go-Pay, dengan syarat pembelian tipe VE dan VL VIN 19.

Rasa mudah melakukan perawatan tanpa pusing memikirkan biaya didapat melalui Nissan Care Package. Pemilik Livina mendapat pembebasan biaya jasa dan suku cadang untuk 4 tahun atau 50 ribu km (mana yang tercapai lebih dulu). Layanan didapat lengkapnya: 5 kali oli mesin, 5 kali filter oli, dua kali filter AC, filter udara, dua kali filter bensin, minyak rem sekali, 5 kali gasket drain plug dan 5 kali gratis biasa jasa.

Untuk potongan harga beragam. Dari hasil temuan OTO, sales diler Nissan di Kelapa Gading menawarkan diskon Rp 15 juta ditambah 1 persen dari hari mobil varian VL. Ini masih ditambah paket gratis door visor dan kaca film. Varian VE sendiri potongannya sekitar Rp 18 juta. Diler lain di Jakarta bahkan sampai memberikan potongan sampai Rp 30 juta, serta voucher Go-Pay sampai Rp 3 juta.

Baca Juga: Mau Beli Nissan Livina? Ketahui Dulu Detail Varian dan Promonya

MUHAMMAD HAFID | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Rolls-Royce Ghost Extended Meluncur, Penambahan Dimensi Dibungkus Kemewahan

GODWOOD, Carvaganza.com - Belum genap sebulan sejak resmi diluncurkan, Rolls-Royce merilis model tambahan untuk Ghost. Yakni Ghost Extended dengan  penambahan dimensi panjang untuk memberikan...

Peugeot 508 PSE Mendebut, Versi Performa Berjantung Plug-in Hybrid

PARIS, carvaganza.com - Peugeot telah merilis model paling bertenaga dalam jajaran produknya. Adalah 508 Peugeot Sport Engineered (PSE) yang merupakan hasil besutan divisi performa...

50 Tahun Mitsubishi Motors, Ini Kata Brand Ambassador Mereka

JAKARTA, Carvaganza -- Mitsubishi Motors Corporation (MMC) merayakan usianya yang ke-50 tahun ini. Artinya MMC sudah diresmikan sejak 50 tahun lalu, meski Mitsubishi sendiri...

F1: Bottas Ambisius Ingin Jegal Hamilton di GP Rusia 2020

SOCHI, Carvaganza.com - Di Formula 1 saat ini, Valtteri Bottas menjadi satu-satunya penantang realistis Lewis Hamilton untuk merebut kejuaraan dunia. Saat ini F1 2020...

Toyota dan Mitsubishi: Kita Wait and See Keputusan Pajak Nol Persen

JAKARTA, Carvaganza.com -  Rencana mengnolkan pajak untuk penjualan kendaraan baru menjadi sangat menarik. Diskusi di ruang-ruang publik pun terbangun, karena kalau itu terealisasi publik...