Beranda Updates Lawan Virus Corona, Pabrik Mobil BYD Produksi Masker dan Antiseptik

Lawan Virus Corona, Pabrik Mobil BYD Produksi Masker dan Antiseptik

BEIJING, Carvaganza.com — BYD, produsen otomotif Cina ikutan turun angan memerangi penyebaran Virus Corona atau COVID-19. Mereka membangun pabrik masker wajah terbesar di dunia. Fasilitas ini sudah beroperasi dengan kapasitas penuh dan mampu menghasilkan 5 juta masker beserta 300.000 botol disinfektan setiap hari.

Langkah ini dilakukan BYD menyusul defisit parah dua barang itu. Sehingga mempengaruhi kinerja rumah sakit dan lembaga di seluruh daratan Cina. Pada 8 Februari lalu, fasilitas produksi baru dibangun di salah satu taman industri BYD di Shenzhen. Ratusan staf bekerja siang dan malam. Mesin juga dioptimalkan sepanjang waktu.

“Kami produksi masker wajah berkualitas tinggi. Pabrik membutuhkan sekitar 1.300 bagian untuk berbagai roda gigi, rantai, gulungan serta alat lain. Dan 90 persen di antaranya merupakan buatan BYD sendiri,” papar Sherry Li, Director General of BYD’s President Office, dalam keterangan resmi.

BYD sebenarnya sudah melakukan bantuan pada akhir Januari kemarin. BYD mulai membantu produksi masker beserta gel desinfeksi untuk mengatasi wabah COVID-19 yang merebak ke puluhan negara dan menyerang puluhan ribu orang. Tim satuan tugas khusus ditunjuk Ketua dan Presiden BYD Wang Chuanfu. Tak kurang lebih dari 3.000 insinyur terlibat khususnya dalam penelitian dan pengembangan, desain, pemrosesan serta peran lain.

Baca juga: Corona Meluas di Italia, Pabrik Ferrari Stop Produksi

Kerja Cepat

Mereka bergerak dengan kecepatan tinggi. Hana dalam waktu kurang dari dua minggu, kerjaan itu selesai. Padahal secara normal membutuhkan waktu 2 bulan untuk merampungkan. Mereka sanggup membuat peralatan produksi masker dalam tujuh hari. Sudah termasuk proses R&D. Sedangkan di tempat lain, biasanya memakan waktu 15 hingga 30 hari memproduksi mesin penghasil masker. Pada saat yang sama, BYD juga membereskan R&D pembersih tangan tingkat medis. Hanya dalam enam hari. Cairan kemudian dikirim ke staf medis di garis depan epidemi setelah hanya 8 hari.

Mereka menyatakan memerangi sebaran virus dengan membuat waktu singkat. Mengaku tak akan berhenti selama epidemi. Menurut perusahaan, produksi topeng membutuhkan lingkungan dan peralatan yang sangat bersih alias steril. Ruang bebas-debu BYD sebelumnya digunakan untuk perakitan smartphone. Dan diklaim sangat cocok untuk bikin masker. BYD sekarang dapat membuat lebih dari selusin mesin pembuat masker dalam sehari.

“Untuk bisnis elektronik BYD, ponsel yang kami hasilkan memiliki persyaratan tinggi. Dalam hal kualitas, waterproofing dan aspek lain. Fasilitas juga dilengkapi dengan standar tinggi kami untuk cetakan, peralatan otomatis, proses pembuatan dan banyak lagi. Dengan kata lain, sejumlah peralatan kami punya, menawarkan presisi plus kualitas yang jauh lebih tinggi dari biasanya. Apalagi untuk menghasilkan masker berkualitas tinggi,” imbuh Zhao Jianping, General Manager of BYD’s Quality Division.

Baca juga: Antisipasi Virus Corona, Ini Tips Membersihkan Kabin

Kualitas Masker

Produksi BYD ternyata cukup bagus. Demikian uji departemen inspeksi kualitas pemerintah Cina. Kualitas masker BYD secara signifikan diklaim lebih baik daripada masker serupa di industri. Ketika banyak pesanan datang usai perusahaan mengumumkan produksi masker dan disinfektan. Tantangan paling besar ialah ekspansi cepat kapasitas produksinya.

Khusus dalam memenuhi permintaan barang-barang yang sangat dibutuhkan. Saat perusahaan membuat sekitar lima hingga sepuluh mesin penghasil topeng baru setiap hari. Maka jumlah masker bikinan BYD meningkat sekitar 300.000 hingga 500.000 unit per hari. Saat BYD memiliki total kapasitas produksi lima juta masker per hari. Atau setara dengan seperempat dari seluruh kapasitas produksi Cina pada awal Februari.

BYD sejak berdiri telah membentuk tim khusus untuk melakukan R&D dan manufaktur untuk peralatannya. Kebanyakan dari mereka terlibat dalam riset independen dan pembuatan jalur produksi peralatan yang kompleks. Seperti elektronik, baterai dan kendaraan listrik. Pusat permesinannya sendiri, misalnya. Memiliki berbagai peralatan presisi tinggi seperti mesin penggiling dan cetakan. Kumpulan perangkat keras ini, bersama dengan cadangan tenaga profesional dan teknis, jadi andalan BYD. Mereka terus bertekad membuat sesuatu dalam presisi berskala besar dan mendatangkan manfaat.

Sumber dan foto: BYD, Reuters

Baca Juga: Perangi COVID-19, Pabrik Mobil BYD Ikut Produksi Masker dan Cairan Antiseptik

ANJAR LEKSANA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

TEST DRIVE: Renault Kwid Climber, Kesan yang Membekas

JAKARTA, Carvaganza.com -  Saya memarkir Renault Kwid Climber di salah satu kedai kopi di bilangan Fatmawati, Jakarta dan memilih meja di area terbuka tidak...

Strategi Elektrifikasi, Kia akan Punya 7 Mobil Listrik Baru Sampai 2027

SEOUL, Carvaganza.com – Tren elektrifikasi semakin meluas dan diikuti oleh sebagian besar pabrikan otomotif di dunia. Kendaraan bertenaga listrik semakin banyak pula mengisi line...

4,5 Tahun Jadi Bangke Di Sungai, Porsche 911 Direbuild Lagi

TUSCANY, Carvaganza.com -  Bagi kalangan car enthusiast, menghidupkan kembali mobil yang telah mati adalah pekerjaan mengasyikkan. Apalagi kalau mobil yang dikerjakan punya historis tinggi...

Regulasi Baru, Peugeot akan Ikut Le Mans Lagi Mulai 2022

LE MANS, Carvaganza.com – Peugeot akhirnya resmi mengumumkan akan mencoba lagi untuk megnejar kemenagnan di Le Mans 24 Hour. Caranya adalah dengan akan berpartisipasi...
video

VIDEO: Duel Maut McLaren 720S Spider Versus Porsche Taycan Turbo S

LONDON, Carvaganza.com - McLaren 720S lawan Porsche Taycan di lintasan drag? Ini duel yang seru. Dan mungkin banyak yang underestimate Taycan karena bentuknya. Taycan...