Keren, Rayakan HUT ke-15 AXIC Kampanyekan Kurangi Sampah Plastik

JAKARTA, 11 April 2019 – Ulang tahun tak selalu identik dengan hura-hura. Salah satunya, komunitas otomotif AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC) yang merayakan HUT yang ke-15 di area parkir pusat perbelanjaan Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (7/4/2019) lalu.

Beragam aktivitas diselenggarakan untuk memeriahkan acara. Mulai dari dance flash mob anggota AXIC bersama karyawan Sarinah, lomba tumpeng HUT AXIC, periksa kesehatan dan mata gratis. Lokasi Sarinah Thamrin yang berada dalam kawasan Caf Free Day (CFD) juga dimanfaatkan oleh AXIC untuk kampanye pengurangan sampah plastik di ibukota.

Pada kesempatan itu, AXIC mendeklarasi kesepakatan pengurangan sampah plastik, yang ditandatangi oleh perwakilan pemerintah kota Jakarta Pusat, Toyota-Astra Motor, komunitas anggota Toyota Owner Club (TOC); Velozity, Komunitas Toyota Calya Indonesia (KTCI), dan Toyota Soluna Vios Club (TSVC), serta undangan lainnya seperti klub Toyota Innova Owners Club (TIOCI).

Para nggota AXIC kemudian bergerak dan keliling arena CFD untuk membagikan gratis 500 kantong daur ulang untuk menggantikan kantong plastik para warga yang sedang beraktivitas di kawasan MH Thamrin. Anggota AXIC juga memberikan informasi soal pentingnya mengurangi sampah plastik. Sontak aksi ini mendapat respons positif dari para warga ibukota pagi itu.

Bagikan 500 Kantong Ramah Lingkungan

Taufik Hidayatullah, Ketua Umum AXIC, menjelaskan acara perayaan HUT ke-15 sekaligus kampanye penurangan sampah plastik ini bertajuk “Fantast15 AXIC. Sekitar 200 anggota AXIC dari kawasan Jabodetabek turut meramaikan acara ini. Sementara anggota cabang yang hadir, antara lain cabang Baturaja-Palembang, Bekasi, Lampung, Cirebon, Bandung, Priangan Timur, Sukabumi, dan Cianjur-Puncak. Selain di kawasan CFD Jakarta, perayaan anniversary ini juga dilakukan oleh cabang-cabang AXIC di seluruh Indonesia.

Menurut Taufik, AXIC ingin ikut meningkatkan kepedulian kepada masyarakat. Kali ini seputar lingkungan hidup, yakni masalah sampah plastik yang semakin memprihatinkan. Salah satunya dengan mengkampanyekan anti-kantong plastik.

“Paling tidak dengan kampanye tersebut, ada pengurangan pemakaian kantong kresek tersebut. Sebagai gantinya, AXIC memberikan 500 tas yang ramah lingkungan di sekitar jalan Sarinah-Bundaran HI,” kata Taufik dalam keterangan persnya.

Perwakilan dari PT Toyota Astra Motor (TAM), Rendhy Ervianto, mengaku sangat mengapresiasi apa yang dilakukan AXIC yang juga member di Toyota Owner Club (TOC). “Komunitas memang harus bermanfaat bagi masyarakat dan kegiatan Fantast15 ini menjadi wujud konkretnya,” ujarnya.

Selain kampanye tersebut, di “Fantast15 AXIC” juga digelar pameran mobil Avanza-Xenia yang paling tua, produksi 2004, hingga mobil keluaran terbaru tahun 2019 ini. Sebagai pemanis, acara diakhiri dengan potong kue ulang tahun dan tiup lilin sembari menyanyikan Selamat Ulang Tahun.

Saat ini jumlah anggota AXIC di seluruh Indonesia sekitar 6.000 ID. AXIC juga makin Indonesia dengan memiliki 12 chapter di kawasan Jabodeta (tanpa Bekasi) dan 54 cabang, mulai dari Pulau Sumatra hingga Papua.

RAJU FEBRIAN