Beranda Updates INTERVIEW: Eiichi Koito, President Director PT Nissan Motor Indonesia

INTERVIEW: Eiichi Koito, President Director PT Nissan Motor Indonesia

Jika pemerintah Indonesia ingin menerapkan kebijakan mobil listrik, Nissan Motor Indonesia sudah siap.

Eiichi Koito, President Director PT Nissan Motor Indonesia (Foto: Mulki Prihandoko/Carvaganza)

NISSAN Motor Corporation – sebagai induk perusahaan PT Nissan Motor Indonesia (NMI) – sedang membidik masa depan. Pabrikan ini sangat getol mengampanyekan program-program berkendara masa depan, atau pun kebutuhan konsumen kendaraan di masa depan. Misalnya, Nissan giat mengampanyekan Nissan Leaf, sebagai mobil listrik terlaris di dunia saat ini. Bahkan dalam perkembangan terbaru, Nissan Leaf disertakan dalam Rally Mongol yang cukup epik dengan menempuh ragam medan berat.

Sejalan dengan NMC, NMI sebagai APM Nissan di Indonesia juga melakukan hal serupa. Program-program yang ditawarkan berbau milenial dan masa depan. Misalnya Nissan Intelligent Service, di mana di dalamnya terdapat Nissan e-Parts.

“Memang betul bahwa Nissan sedang getol mengampanyekan kendaraan listrik (electric vehicle – EV) karena Nissan adalah perusahaan mobil nomor satu di dunia yang menjual mobil listrik,” ujar Eiichi Koito President Director PT NMI kepada Eka Zulkarnain dari Carvaganza. “Karena mobil listrik merupakan strongest point kami, kami menggunakan platform tersebut sebagai kampanye kami.”

Sebagai informasi, aliansi Renault-Nissan adalah pemegang penjualan mobil listrik tertinggi di dunia pada kuartal pertama 2017. Nissan Leaf tampil menjadi juara dengan angka penjualan 300.000 unit sejak model tersebut dipasarkan kepada publik tahun 2010 lalu. Mengalahkan pabrikan Tesla asal Amerika Serikat.

 

Jadi, ujar Koito-san, jika pemerintah Indonesia menyiapkan road map mobil listrik di negeri ini dan mengeksekusinya dalam bentuk kebijakan, kami sudah siap dengan model-model yang kami miliki. “Kami memiliki Nissan Leaf yang pure listrik dan kami juga memiliki Nissan Note e-Power yang kami pamerkan di Gaikindo Indonesia Auto Show (GIIAS) 2017. Bahkan kami juga mendatangkan mobil konsep Bladeglider sebagai mobil listrik sport,” tambahnya.

Hal ini memperlihatkan kepiawaian teknologi kami dalam mengembangkan mobil-mobil listrik untuk kebutuhan sekarang ini dan juga untuk kebutuhan di masa yang akan datang, imbuhnya. “Dunia otomotif di masa yang akan datang akan mengarah ke sana karena bahan bakar fosil sudah semakin menipis sehingga manusia perlu mencari energi alternatif, apalagi gerakan ramah lingkungan semakin kuat sehingga mobil pun harus lebih hijau,” ujar mantan atlet olahraga mendayung ini.

“Bahkan kami sudah memiliki mobil listrik yang cocok untuk pasar Indonesia yaitu Nissan Note e-Power. Mobil ini tidak membutuhkan charging station eksternal yang akan membutuhkan efforts besar untuk membuat infrastruktur, melainkan mobil listrik yang mengombinasikan mesin konvensional dengan motor listrik.

“Mobil ini memiliki level konsumsi bahan bakar BBM 37 km/liter berdasarkan standar pengujian JC08 di Jepang. Dan dengan kapasitas bahan bakar 35 liter, maka dengan total bahan bakar sebanyak itu yang tersimpan di dalam mobil mampu menempuh jarak sekitar 1. 200 km. Ini merupakan sebuah catatan penting bagi mobil Note e-Power,” ujar pria yang meraih pendidikan di Jepang dan Amerika Serikat ini. (Sebuah suguhan data yang menarik dengan 35 liter bensin, bisa menempuh jarak dari Jakarta ke Bali).

“Ini adalah sebuah terobosan yang disuguhkan oleh Nissan kepada konsumen. Tidak perlu charging station, namun memang membutuhkan bensin. Nah bensin itulah yang menyalakan baterei/motor yang terdapat di mobil. Namun, level konsumsi bahan bakarnya sangat efisien sehingga membantu mengurangi konsumsi BBM dan sangat hemat pengeluaran biaya,” ujarnya.

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Rolls-Royce Sekarang Jualan Kursi Lipat Seharga Rp 125 Juta

JAKARTA, Carvaganza.com – Kalau Anda seorang pemilik Rolls-Royce yang tinggal di daerah Cilebut dan setiap harinya pergi ke kantor naik KRL (Kereta Rel Listrik)...

Semua Maserati Akan Bermesin Listrik Pada 2025

JAKARTA, Carvaganza.com – Maserati mungkin bukan salah satu brand otomotif yang getol memperkenalkan jajaran mobil listriknya. Namun mereka berjanji akan mengejar ketertinggalannya dari produsen...

Dua Mobil Super Mewah Jepang Ini Buatan Australia

JAKARTA, Carvaganza.com - Toyota Century jadi limosin paling mewah yang pernah dibuat oleh pabrikan Jepang. Mobil ini benar-benar mendefinisikan ulang arti kata mewah untuk...

Daihatsu Sharing Teknologi Terios untuk 100 Guru SMK se-Jawa Tengah

JAKARTA, Carvaganza - Astra Daihatsu Motor (ADM) terus berkomitmen memberikan berkontribusi dalam mencerdaskan bangsa melalui salah satu pilar CSR (Corporate Social Responsibility), yakni pada...

Astra Peugeot Sunter Dibuka Kembali, Hadir dengan Desain dan Fasilitas Baru

JAKARTA, Carvaganza -- Astra Peugeot Sunter kembali beroperasi dan siap menyapa publik. Pada pengujung 2020 ini, Astra Peugeot Sunter resmi dibuka kembali. Selain tampilan...