Beranda Updates Indonesia Concours d’Elegance, Ajang Bergengsi Kolektor Mobil

Indonesia Concours d’Elegance, Ajang Bergengsi Kolektor Mobil

JAKARTA, 24 September 2019 – Indonesia Concours d’Eelegance pertama baru saja selesai pada hari Minggu kemarin (22/9) di Four Seasons Hotel Jakarta. Diikuti oleh 26 mobil klasik yang eksotis dan enam sepeda motor yang dimiliki oleh para kolektor Indonesia.

Pameran mobil klasik ini diselenggarakan oleh Indonesia Classic Car Owners Club (ICCOC) yang dipimpin oleh Stanley Atmadja, yang merupakan kolektor terkenal serta classic car enthusiast di Indonesia. Gelaran berlangsung selama dua hari pada Sabtu (21/9) dan Minggu (22/9) menjadi daya tarik kalangan car enthusiast di Jakarta terlihat dari banyaknya jumlah pengunjung yang berdatangan.

“Motivasi kami menyelenggarakan Concours d’Elegance pertama di Indonesia ini karena saya melihat perkembangan yang signifikan dalam dunia mobil klasik di Indonesia. Saya sudah menyelenggarakan pameran mobil klasik lima kali, akhirnya saya melihat bahwa kalangan pecinta mobil klasik di Indonesia bukan hanya antusias saja, namun para pemilik mobil klasik ini sudah menjadi kolektor yang serius,” ujar Stanley Atmadja, ketua ICCOC dan penyelenggara Indonesia Concours d’Elegance.

Stanley Atmadja, Ketua Indonesia Classic Car Owners Club (ICCOC).

“Kategori menjadi seorang collector itu adalah jika sudah berbicara soal tipe mobil, kualitas mobil, orisinalitas, makanya acara ini ditujukan bagi mereka yang sudah berada di level itu,” ujar Stanley Atmadja.

“Orang-orang pada level itu menjadikan mobil collectible sebagai koleksi bukan sekadar barang dagangan, ditawar berapapun mereka tidak akan menjualnya,” tambah Stanley yang juga dikenal sebagai pengusaha sukses, pendiri PT Adira Finance dan sekarang ini menjadi CEO PT Mandiri Utama Finance (MUF).

Stanley menambahkan bahwa mobil-mobil yang mengikuti Concours d’Elegance sudah melalui seleksi yang ketat karena mobil-mobil itu harus melewati tahap pra-kualifikasi. Kriteria itu misalnya adalah dalam hal tipe mobil, karena tidak semua mobil tua itu menjadi collectible. Persyaratan kedua adalah pemilik mobil harus benar-benar kolektor dan persyaratan ketiga adalah kualitas mobil restorasinya betul-betul kelas internasional.

Menurutnya, Concours d’Elegance di Indonesia tidak memiliki afiliasi dengan Pebble Beach Concours d’Elegance maupun Concorso d’Eleganza Villa d’Este, di Lake Como, Italia karena Concours d’Elegance bisa diselenggarakan di negara mana saja.

Stanley menambahkan hanya ada satu sarat tertentu saja yang ditetapkan yakni tempatnya harus bergengsi, dan Four Seasons Hotel memenuhi persyaratan itu. Di Pebble Beach dan Villa d’Este memang diselenggarakan di tempat terbuka, luas dan bergengsi, tapi di Indonesia belum ada tempat seperti itu dan dipilihlah Four Seasons Hotel.

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

Astra Peugeot Ikut Dukung Meet Up Komunitas Mobil Perancis

JAKARTA, 21 Oktober 2019 – Akhir pekan lalu di Jakarta digelar Saturday French Automobile Meet Up (SFAM) 2019, yang menjadi tempat berkumpulnya mobil dan...

Pekan Raya Suzuki New Carry Meriahkan Kota Cirebon

JAKARTA, 21 Oktober 2019 – Guna lebih memperkenalkan Suzuki New Carry pada konsumen, PT Cinta Damai Putra Bahagia (PT CDPB)...

Sudah Bangkrut, Merek Hummer akan Bangkit Lagi?

DETROIT, 21 Oktober 2019 – Masih ingat merek Hummer?  Pabrikan SUV berukuran besar itu telah dinyatakan bangkrut saat ditutup oleh General Motors (GM) pada...

Toyota C-HR Facelift Ada Versi Transmisi Manual

TOKYO, 21 Oktober 2019 -- Toyota C-HR facelift sudah dijual di pasar Jepang. Tampilannya makin sporty dengan tambahan varian GR...
video

VIDEO: Mobil-Mobil Polisi Keren di Berbagai Negara

JAKARTA, 21 Oktober 2019 – Di Indonesia, mobil polisi umumnya berjenis sedan dan digunakan untuk kegiatan patroli, baik itu di jalan raya maupun lingkungan...