Honda City Baru Bakal Punya Fitur Civic dan Accord

NEW DELHI, Carvaganza.com – Honda India terpaksa menunda rencana mereka memperkenalkan City terbaru karena wabah virus corona baru (COVID-19). Padahal rencana untuk peluncuran Honda City di negara itu sudah jauh-jauh hari terdengar. Untungnya, foto brosur bocor duluan, memberikan gambaran fitur bagi konsumen di sana yang sudah penasaran.

Seperti dilansir autocar india, Honda terlihat jor-joran membekali sedan kompak ini. Untuk pasar India safety features lengkap. ABS+EBD, Hill Start Assist, serta Vehicle Stability Assist bukan barang baru, turut hadir di generasi kelima ini. Semua itu kemudian ditambahkan airbag enam titik, dua di depan, dua di samping, sisanya di tirai. Kelima penumpang pun kini dilindungi sabuk pengaman tiga titik. Memang bukan menjadi komponen standar, fitur selengkap ini ada di varian teratas ZX.

Tak hanya itu, reversing camera turut mengisi equipment list varian termahal. Lebih hebat lagi mereka memainkan ekstra kamera eksternal. Disebut Lane Watch, teknologi dari Civic dan Accord ini diturunkan ke sedan kompak Honda. Imaji kamera spion kiri pada sistem infotainment memberikan informasi blind spot di sisi kiri belakang. Bukan sebatas sensor Blind Spot Monitor. Dengan demikian, City menginisiasi kecanggihan ini di antara kompetitor sekelas.

Di system hiburan trim ZX mendapatkan Head Unit Touchscreen 8 inci berisi konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay. Bukan main, sistem konektivitas Artificial Intelligence Alexa Remote dapat terhubung ke peranti multimedia. Ia menjadi mobil pertama di India yang mengadopsi kepintaran ini. Sistem telematics Honda Connect juga eksis untuk memberikan detail status kendaraan lewat aplikasi.

Baca juga: Mobil Tetap Prima Di Saat Covid-19, Ini Kemudahan Yang Diberikan Honda


Kabin Lega


Bicara soal kabin, City diyakini paling lega di antara kompetitor. Hal ini dijanjikan oleh pernyataan City sebagai mobil terpanjang dan terlebar di segmennya dalam brosur. Juga kemungkinan besar terasa naik kelas dan bernuansa mewah, sebab bangku berbalut kulit dan material empuk di dasbor hadir memanjakan penumpang.

Permainan LED cantik tak ketinggalan mendekorasi eksterior sedan kompak Honda ini. Di depan mengenakan full LED digariskan oleh DRL. Begitu pun di belakang, garis diode menekankan desain manis di buritan. Satu barang peningkat gengsi, sunroof, mengisi kekosongan ruang atap dengan elegan. Sayang sampai saat ini kita belum kebagian.

Baca juga: Tak Repot, Honda Bawa Layanan Langsung ke Rumah Anda


Mesin


Citu India kebagian opsi mesin bensin 1.5 liter atau diesel. Unit empat silinder ini mendapat revisi output sebesar 2 PS, sehingga total ekstraksi kini mencapai 121 PS. Sementara itu, output diesel tidak berubah, tetap 100 PS. Kedua seleksi ini diekspektasikan bersinergi dengan transmisi CVT atau manual enam percepatan untuk menyalurkan daya ke roda depan.

Melihat fitur selengkap ini menimbulkan pertanyaan. Apakah Honda Prospect Motor bakal jor-joran juga dalam membekali City, jika suatu saat mereka memboyongnya ke Tanah Air? Tentu banyak pertimbangan, mulai dari penyesuaian kebutuhan konsumen dan berujung di penetapan harga. Meski pertanyaan sesungguhnya adalah apakah City akan dibawa ke sini?

Baca juga: Belum Meluncur, Fitur Honda City Bocor dari Brosur

AHMAD KARIM | RAJU FEBRIAN

 

Artikel yang direkomendasikan untuk anda