Beranda Updates Honda City 2020 Segera Diluncurkan, Indonesia Kapan?

Honda City 2020 Segera Diluncurkan, Indonesia Kapan?

JAKARTA, Carvaganza.com – Honda bakal memperkenalkan model terbaru sedan All New City 2020. Mobil garapan Honda itu akan menyapa India pada 16 Maret 2020. Akan ada pilihan mesin bensin dan diesel, sesuai dengan regulasi emisi BS6 yang berlaku. Meski masih banyak informasi yang disimpan sepertinya takkan jauh dari model Thailand yang diperkenalkan beberapa waktu lalu.

Fitur-fitur unggulan dipertahankan sebagai standar. Ada kontrol traksi, sistem pemantauan tekanan ban, empat airbag, 8 inch touchscree infotainment system berbasis Alexa dan Cruise control. Beberapa informasi juga menyatakan dimensi yang ditawarkan dan kualitas kabin alami peningkatan dari iterasi saat ini.

Untuk mesin, tersuguh pilihan bensin dan diesel. Pilihan pertama adalah mekanikal pacu diesel 1,5-liter i-DTEC. Keluaran daya 100 PS dan torsi mencapai 200 Nm.

Pilihan kedua berupa mesin bensin 1,5-liter i-VTEC, mengembuskan tenaga 119 PS dan momen puntir 145 Nm. Engine ini mendapatkan turbocharger Borg Warner, yang menawarkan daya pun tak lebih baik. Output kemudian diikawinkan dengan transmisi manual 6-speed dan gearbox otomatis CVT. Kemungkinan varian hybrid ringan bermesin bensin 1,5-liter juga tersedia buat pasar India.

Baca juga: Pasar Februari Lesu, Penjualan Honda di Luar Jawa Meningkat

Rancangan

Dilihat secara kosmetis, City anyar banyak terjadi rombakan. Sedan ini sekarang menampilkan garis lebih lembut, berlanjut grille dan lampu depan makin besar. Tampilan segar Honda City 2020 makin mirip saudara dekatnya, Civic. Racikan dan pahatan bodi direkayasa ulang. Sedan kompak ini tak lagi tampil normatif. Namun mengacu pada gaya sporty dengan garis tajam di sekitar lampu depan LED dan belakang. Bar kromium tebal di bagian depan, seperti yang Anda lihat pada Honda Civic dan CR-V. Wajar saja, bahasa desainnya sama.

Bisa Anda saksikan dekorasi kabin pada City gres. Terjadi sejumlah rombakan besar dengan rancangan dan tata letak baru, tanpa kemiripan dari versi saat ini. Misalnya sistem infotainment layar sentuh 8-inci dengan Android Auto dan Apple CarPlay, multi-speaker stereo. Balutan kulit di lingkar kemudi dan material soft touch di beberapa panel kabin. Kursi pengemudi dapat diatur secara elektrik. Panel meter menampilkan kombinasi digital dan dial manual plus jarum merah.

Baca juga: FIRST DRIVE: Honda Civic Hatchback RS, Makin Sexy dan Nyaman

Lampu LED

City teranyar bakal menerima lampu depan LED autolight, wiper otomatis dan sunroof. Sementara sektor keselamatan didukung sisipan stabilitas elektronik. Kemudian fitur keamanan standar minimal tersedia ABS, EBD, BA dan VSA di seluruh jajaran produk. Di sana, saingan utama untuk City adalah Volkswagen Vento, Skoda Rapid, Hyundai Verna dan Maruti Suzuki Ciaz.

Lantas bagaimana dengan Indonesia? Harapannya unit anyar melantai pula di sini pada pertengahan 2020. Memang ada banyak yang beda. Misal, Honda Prospect Motor hanya menawarkan varian bensin dengan mesin 1.5L SOHC i-VTEC. Harga dibanderol Rp 352,6 juta.

Memang ceruk market sedan kecil. Terlebih pada periode Januari – Februari 2020, Honda Prospect Motor (HPM) hanya membukukan penjualan City sebanyak 61 unit. Harus ada model anyar kalau ingin mengembangkan pasar. Kita tunnggu info selanjutnya dari HPM.

Sumber: Zigwheels

Baca Juga: Honda City 2020 Siap Mendebut di India, Indonesia Selanjutnya?

ANJAR LEKSANA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto