Beranda Updates Pasar Februari Lesu, Penjualan Honda di Luar Jawa Meningkat

Pasar Februari Lesu, Penjualan Honda di Luar Jawa Meningkat

Honda HR-V

JAKARTA, Carvaganza.com — Selama dua bulan pertama di tahun 2020, penjualan retail kendaraan secara nasional kembali mengalami penurunan. Meski demikian satu catatan dibuat Honda. Mobil Honda di luar pulau Jawa terus mengalami pertumbuhan.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan pada Januari lalu, retail sales tercatat di angka 81.013 unit. Angka ini jauh dibandingkan perolehan periode tahun lalu yang berada di angka 87.555 unit. Honda sendiri mengumumkan jika penjualan modelnya di luar Jawa cukup memuaskan.

Pasar di luar pulau Jawa kini menyumbangkan kontribusi tertinggi, yaitu sebesar 34% atau sebanyak 8.290 unit dari total 24.518 unit penjualan mobil Honda di Indonesia pada periode Januari – Februari 2020 .

Angka penjualan mobil Honda di luar Pulau Jawa tercatat meningkat sebesar 16% pada periode Januari – Februari 2020 jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Pertumbuhan terbesar datang dari wilayah Sumatera yang penjualannya meningkat hingga 20% dibanding tahun 2019.

Selain di Sumatera, penjualan mobil Honda di wilayah Kalimantan pada dua bulan pertama tahun ini juga meningkat sebesar 17% dibanding tahun lalu. Sementara pasar di Sulawesi dan Maluku + Papua juga meningkat masing-masing 13% dan 14% pada awal tahun 2020.

Brio Satya

Meski demikian penjualan Honda di Februari 2019, yang ada di angka 11.915 unit turun dibandingkan bulan sebelumnya yaitu sebanyak 12.603 unit terjual. Kontribusi terbesar untuk penjualan Honda masih datang dari Honda Brio Satya yang sebanyak 9.049 unit, diikuti oleh Honda HR-V 1.5L yang membukukan penjualan 4.223 unit, Honda Mobilio 2.886 unit dan Honda Brio RS 2.681 unit.

Honda Jazz turut menopang penjualan setelah mencatat penjualan 2.051 unit, disusul oleh Honda CR-V sebanyak 2.041 unit, Honda BR-V sebanyak 828 unit, Honda HR-V 1.8L sebanyak 348 unit dan Honda Civic Hatchback 209 unit. Sementara itu, Honda Civic Sedan terjual 100 unit, Honda City 61 unit, Honda Accord 34 unit serta Honda Odyssey 9 unit dan Honda Civic Type R 1 unit.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan catatan yang dibuat Honda pada dua bulan pertama 2020 ini sangat menggembirakan meski secara nasional penjualan total otomotif mengalami penurunan. Ia berharap kondisi terus berjalan dengan baik di bulan-bulan berikutnya.

Penjualan Honda di bulan Januari dan Februari masih dipengaruhi beberapa faktor, terutama banjir di beberapa kota di Pulau Jawa. Meskipun demikian pembangunan infrastruktur yang terus berkembang di luar Pulau Jawa memberikan kontribusi signifikan sehingga penjualan Honda masih tetap stabil di awal tahun 2020 ini,” katanya.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Maximum Trip Ke Timur Jawa (Bagian 2)

JAKARTA, Carvaganza.com - Dalam pengujian Maximum Power bersama Nissan Kicks e-Power, kami mencoba mencari jawaban atas pertanyaan; Apakah benar ia adalah crossover terhebat? Atau...

Toyota Virtual Expo, Beli Mobil Berhadiah Kalung dan Emas

JAKARTA, Carvaganza -- Toyota makin gencar melakukan strategi pemasaran lewat digital selama masa pandemi Covid-19. Kali ini, Toyota menggelar Toyota Virtual Expo berskala nasional...

Mercedes-Benz GLA & GLB Terbaru Meluncur, Lengkapi Line-Up SUV di Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Keluarga model SUV kompak Mercedes-Benz di Indonesia semakin lengkap, dengan resmi hadirnya dua model baru. Generasi baru Mercedes-Benz GLA telah meluncur...

Tesla Kembangkan Baterai Baru Demi Mobil Listrik Murah

SAN CARLOS, Carvaganza.com – Sebagai salah satu pionir di pasar otomotif elektrifikasi, Tesla Motors mengumumkan sedang mengembangkan teknologi baru. Inovasi yang tengah dikembangkan ini...

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Maximum Trip Ke Timur Jawa (Bagian 1)

JAKARTA, Carvaganza.com - Nissan Indonesia kini punya strategi baru. Tahun lalu, di Hong Kong, rencana besar mereka untuk Indonesia di 2020 adalah merilis model...