Beranda Features Holden Station Wagon 1961, Mad Max Holden

Holden Station Wagon 1961, Mad Max Holden

YOGYAKARTA, 12 Februari 2018 — Type Holden yang satu ini mencuat namanya ketika digunakan dalam film franchise legendaris Mad Max : Fury Road arahan sutradara George Miller yang di rilis 2015 lalu. Tentu saja dengan modifikasi ekstrim dan brutal khas Mad Max yakni bertema post-apocalypse car seperti aplikasi sasis off-road, atap yang dilengkapi dengan senjata harpoon sekaligus mesin yang di spec-up dengan penggunaan intake scoop supercharger berukuran besar.

Dalam film, muscle car Australia ini dijuluki “Ploughboy” a.k.a “Clawcar no. 4” dan digunakan oleh gerombolan geng brutal “Bullet Farm”. Sayangnya, type Holden yang termasuk langka ini dihancurkan di Namibia setelah proses syuting selesai.

Berbeda dengan Mad Max yang memodif mobil ini dengan ekstrim, Ony Deny Setiawan mendapatkan Holden type langka ini justru untuk di restorasi kembali seperti saat baru keluar dari pabrik. “Type station wagon ini memang langka, hanya ada beberapa. Itupun harus sabar saat mencarinya,” ungkap sang owner, Deny seperti dilansir kustomfest.com.

Ia mengatakan mendapatkan Holden ini dari luar Jawa. “Saya dapat Holden ini dari Lampung dengan kondisi masih bahan dan perlu banyak perbaikan sana-sini,” kata Deny. Setelah didapat dan mendapati keadaannya yang sudah tidak layak untuk dikendarai, Deny kemudian memutuskan untuk melakukan restorasi total agar supaya bisa layak lagi.

“Memang sengaja tema restorasi ini saya kembalikan seperti kondisi originalnya,” ujar Deny. Restorasi total meliputi body, interior dan kaki-kaki. “Semua saya originalkan kecuali bagian steering yang sekarang saya upgrade dengan power steering,” papar Deny. Hal ini cukup beralasan karena sang owner mengaku steeering bawaan pabrik masih manual dan sudah berat untuk dikendalikan.

“Untuk bagian mesin juga saya pertahankan aslinya hanya disegarkan kembali dengan mengganti beberapa part baru,” kata pria yang berdomisili di Bantul ini. Ia mengatakan part untuk mesin Holden ini masih banyak tersedia jadi tidak merasa kesulitan saat melakukan penyegaran mesin.

Warna juga dikembalikan Dony seperti warna aslinya dulu. “warna two tone ini memang warna asli keluaran pabrik dari Holden type ini,” ujar Deny. Item dan panel-panel yang dulunya mengkilat oleh krom yang sudah usang juga disegarkan kembali oleh Deny dengan proses krom ulang seperti bumper depan belakang, cover lampu belakang, striping body, door handle pintu, list kaca dan tutup tangki bahan bakar.

Sektor kaki-kaki baik suspensi maupun standar hanya pada bagian velg Deny memilih menggunakan velg langsiran Ridler Wheels diameter 17 inchi. Brand wheels dari Amerika ini memang dikenal memproduksi velg-velg dari ukuran 15 inchi sampai 22 inchi untuk mobil genre hot rods, resto-mods dan klasik plus modern muscle car.

Deny mengaku tidak menemui kendala dalam proses restorasi dari awal sampai akhir. “Proses restorasi membutuhkan waktu 1 tahun,” ungkap pria kelahiran Bantul ini. Deny mengaku Holden miliknya ini digunakan hanya saat weekend saja. “Jalanan Jogja sudah padat dan sering macet mas,” kata Deny.

Holden Special Station Wagon EK langsiran 1961 milik Deny ini bermesin segaris 6 silinder berkapasitas 2800cc. Transmisinya masih manual 3 percepatan dan berpenggerak roda belakang. Jadi cukup beralasan jika Deny menggunakan mobil ini di wilayah Jogja hanya saat weekend saja.

“Bisa mendapatkan mobil ini dari keadaan bahan sampai jadi mulus kembali seperti sekarang dengan proses restorasinya merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya mas,” tutup Deny.

Info & Specification :

OWNER : Ony Deny Setiawan
BUILDER : Holden Jogja Garage
WORKSHOP NAME : Holden Jogja Garage
WORKSHOP ADDRESS : Modalan Banguntapan Bantul
PHONE NUMBER : –
EMAIL : –

CAR NAME :

CATEGORY :
Hot Rod

ACHIEVEMENT :
Participant Kustomfest 2017

FRAME / CHASIS
Type : Holden Special Station Wagon (EK)
Frame Builder : –
Production / Year : 1961

ENGINE
Type : Holden Inline 6
Capacity : 2.800 cc
Engine Builder : –
Production Years :1961

TRANSMISSION
Type : Manual
Builder : –
Primary Kit ( Clutch System ) : 3-speed Transmission

WHEELS & SUSPENSION
Front & Rear Wheels Ridler Wheels, 17 inch (F & R)
Front & Rear Tires Firestone
Suspension System : Stock
Brake System : Stock

PIPES & EXHAUST
Exhaust System Pipes : Header 126
Exhaust System Material : 
Exhaust System Builder : –

BODY WORKS & PAINTING
Body Works Material : –
Body Works Artist : Holden Jogja Garage
Painting Material : –
Painting Artist : Holden Jogja Garage

OTHER PARTS & ACCESSORIES
Seats : –
Electrical : –
Main / Head Lamp : –
Rear / Stop Lamp : –
Mid Controls : –
Bolt On Accessories : –

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Histori Lini SUV Mercedes-Benz, Sempat Telat Mengikuti Tren

Sederet model SUV disuguhkan Mercedes-Benz. Tentu tujuannya memenuhi bermacam kebutuhan pasar. Mulai dari entry level sampai paling mewah. Membuatnya dapat diterima berbagai kalangan. Di...

Daihatsu Ayla Makin Seru, Punya Tampilan Baru

JAKARTA, carvaganza.com – Kalau Anda sekarang ini sedang memilih-milih mobil LCGC yang pas, mungkin Daihatsu Ayla bisa dijadikan bahan pertimbangan. Tampilan city car Ayla...

Menebak Harga Honda CR-V Facelift di Indonesia Jelang Peluncuran

JAKARTA, Carvaganza.com – Honda CR-V versi terkini sudah mengaspal di Vietnam dan Thailand, sementara di Indonesia sejauh ini belum ada kabarnya. Mungkin saja akhir...

Penyegaran Isuzu mu-X 2021, Pancarkan Aura Premium

BANGKOK, Carvaganza.com - Isuzu telah resmi merilis model penyegaran untuk Isuzu mu-X 2021 di Thailand, 28 Oktober 2020 lalu. Tak hanya tampilan yang disegarkan,...

Membandingkan Harga Mobil Kepresidenan Dengan Mobil Terlaris Di Negaranya. Berapa Harga Mobil Dinas Jokowi?

JAKARTA, carvaganza.com - Mobil kepresidenan sering diidentikkan sebagai mobil paling aman. Makanya mobil-mobil ini dilindungi sejumlah fitur keselamatan termutakhir sampai fitur anti peluru. Tak...