Hasil Penjualan HPM di Kuartal Dua, Honda Brio Masih Terlaris

JAKARTA, Carvaganza – Memasuki kuartal kedua tahun 2021 PT Honda Prospect Motor membukukan total penjualan mencapai 10.189 unit. Pencapaian tersebut diklaim sebagai peningkatan dari bulan sebelumnya yang mencatatkan penjualan di angka 10.048 unit. Terdapat peningkatan penjualan sekitar 100 unit dalam satu bulan. Dengan angka tersebut jajaran Honda Brio berhasil menyumbangkan 54% dari seluruh total penjualan Honda di Indonesia pada kuartal kedua 2021. 

Sumbangan terbesar dari hasi penjualan Honda di Indonesia hingga April 2021 datang dari Honda Brio. Kendaraan ringkas ini memang dikenal sebagai penyumbang terbesar sejak tahun lalu. Menurut catatan Gaikindo, penjualan Honda Brio yang mencapai 36.500 unit tersebut bahkan menggilas duo Avanza-Xenia. Pada periode penjualan di kuartal 2021 ini Honda Brio berhasil membukukan penjualan sekitar 5.522 unit terdiri dari Honda Brio Satya sebanyak 3.949 unit dan Brio RS yang mencapai 1.573 unit. 

Selain keluarga Honda Brio, penyumbang terbesar kedua datang dari Honda HR-V 1.5L yang membukukan penjualan 2.173 unit. Disusul oleh Honda CR-V dengan capaian angka penjualan 837 unit, Honda Mobilio 701 unit, Honda City Hatchback RS yang terjual sebanyak 427 unit, BR-V 221 unit dan Honda HR-V 1.8L yang mencatatkan angka penjualan mencapai 202 unit.

Honda City RS

“Penjualan Honda di bulan April lalu terutama masih didukung permintaan yang tinggi untuk semua model produksi lokal yang mendapatkan relaksasi pajak dari pemerintah, termasuk dari New Honda CR-V dan Honda City Hatchback RS yang masuk ke dalam program ini sejak awal April lalu. Kami bersyukur bahwa tren penjualan kami masih positif dan kami akan fokus untuk menjaga pasokan agar dapat secepatnya memenuhi permintaan konsumen,” kata Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor.

Selain kendaraan CKD atau rakitan lokal, beberapa model CBU Honda juga turut memberikan sumbangan penjualan pada bulan April meskipun tidak menembus angka ratusan. Di antaranya adalah Honda Civic Sedan yang terjual sebanyak 55 unit, selanjutnya penjualan Honda Civic Hatchback yang tercatat di 50 unit, Honda Accord terjual sebanyak 21 unit, Honda Odyssey terjual sebanyak 14 unit dan Honda City sedan terjual sebanyak 2 unit.

Pada tahun ini Honda Prospect Motor sudah memperkenalkan empat kendaraan terbaru yang mengisi masing-masing segmen. Mulai dari Honda Brio Urbanite, New Honda CR-V 2021, New Honda Odyssey yang mengisi segmen kendaraan kompak, SUV dan MPV mewah di Indonesia. Kemudian HPM juga melengkapi jajaran hatchback dengan meluncurkan All New Honda City Hatchback RS 2021 dan ditawarkan dengan harga di bawah Rp 300 Juta. Hal tersebut karena Honda City Hatchback RS masuk dalam penerima insentif PPnBM 0% dari pemerintah. 

Pada bulan Mei 2021, HPM juga melakukan debut global untuk Honda N7X Concept yang digadang-gadang sebagai generasi selanjutnya dari Honda BR-V. Meski demikian, Honda Indonesia belum memastikan kendaraan tersebut akan segera diproduksi atau tidak. Namun kendaraan konsep ini akan muncul kembali pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.
ALVANDO NOYA / WH

Artikel yang direkomendasikan untuk anda