Porsche Gandeng Penske Jadi Partner untuk Kembali ke Le Mans

MOORESVILLE, Carvaganza – Setelah sempat tertidur dalam beberapa tahun Porsche Motorsport dan Team Penske kembali menjalin kerja sama untuk meluncurkan kendaraan LMDh pada 2023 mendatang. Porsche akan kembali ke lintasan World Endurance Championship (WEC) di bawah nama Porsche Penske Motorsport. 

Selanjutnya keduanya akan menjalankan kualifikasi di FIA WEC dan the North American IMSA WeatherTech SportsCar Championship (IWSC). Rencananya akan diproduksi dua prototipe LMDh yang akan bersaing memperebutkan kemenangan secara keseluruhan di kelas atas dari masing-masing dua seri balap. Mobil-mobil tersebut memiliki berat sekitar 1.000 kilogram dan  menggunakan chassis LMP2 serta disokong oleh mesin hybrid yang menghasilkan tenaga hingga 678 hp. 

"Kami sangat senang bisa mendapatkan Team Penske untuk membentuk kemitraan ini. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Porsche Motorsport, perusahaan kami akan memiliki tim global yang berkompetisi dalam dua seri endurance terbesar di dunia. Untuk tujuan ini, kami akan mendirikan basis tim di kedua sisi Atlantik. Ini akan memungkinkan kami untuk menciptakan struktur yang optimal, kami perlu meraih kemenangan secara keseluruhan di Le Mans, Daytona dan Sebring,” kata Oliver Blume, Ketua Dewan Eksekutif Porsche AG.

Porsche Penske LMDh Le Mans

Porsche diketahui memiliki catatan cukup baik dalam ajang balap endurance 24 Hours of Le Mans, sejak 1970 dengan mobil Porsche 917 berhasil memenangkan total 19 kali balap Le Mans. Sementara Penske, juga pernah memberikan prestasi dengan memenangkan rekor Indianapolis 500 sebanyak 18 kali.

Selain itu saat bersama dengan Porsche RS Spyder, Penske juga pernah merebut semua gelar di kelas LMP2 selama tiga tahun berturut-turut antara 2006 dan 2008. Dan pada era 1970-an, tim yang berbasis di Amerika Serikat ini juga pernah menjuarai ajang balap legendaris Can-Am dengan Porsche 917.

Selain fokus pada pengembangan kendaraan super cepat untuk ajang endurance tersebut, Porsche juga tetap akan berkomitmen untuk menghadirkan kendaraan terbaiknya untuk konsumen. Rencananya mobil prototipe yang ditujukan untuk konsumen tersebut akan mulai diproduksi pada awal 2023 sejak seri Le Mans digelar.

Porsche Penske LMDh Le Mans

Setelah pengumuman kerja sama tersebut, Porsche Motorsport akan segera mulai mengoperasikan pengembangan LMDh tersebut di AS bersama dengan Tim Penske. Lokasinya tentu saja berada di markas tim Amerika di Mooresville di Negara Bagian Carolina Utara.

Kontrak antara Porsche dan Penske ini akan berjalan selama beberapa tahun ke depan setelah 2023. Kontrak kerja sama ini ditandatangani langsung oleh para petinggi perusahaan Oliver Blume, Ketua Dewan Eksekutif Porsche AG, Michael Steiner dari Anggota Dewan Eksekutif untuk Penelitian dan Pengembangan dan Roger Penske, Ketua Tim Penske.
ALVANDO NOYA / WH

Sumber: Autocar

Artikel yang direkomendasikan untuk anda