Beranda Features Harga Di Atas 3 Milyar, Ini Hal Menarik Dari Porsche Cayenne Coupe

Harga Di Atas 3 Milyar, Ini Hal Menarik Dari Porsche Cayenne Coupe

JAKARTA, carvaganza.com – Porsche Center Jakarta sebagai APM Porsche di Indonesia hari Jumat lalu (10/07) telah meluncurkan Cayenne Coupe ke pasar nasional. Ada dua varian yang dirilis ke pasar yakni Cayenne Coupe dan Cayenne S Coupe.

Kalau dilihat sekilas tampak tak ada perbedaan antara Cayenne versi ‘SUV’ dengan versi Coupe. Kalau kita menerka kata ‘Coupe’ itu identik dengan mobil dua pintu, lah Cayenne ini punya empat pintu. Perbedaannya bukan di jumlah pintu. Kalau kita lebih jeli lagi, pembeda keduanya cukup kentara, terutama dalam hal desain tampilan.

Desain Eksterior
Pada tampilan eksterior, versi Coupe memiliki garis atap yang lebih melandai. Makanya kalau kita lihat, garis rumah kaca di pilar C lebih steep di belakang. Berkat desain atap seperti itu, Cayenne Coupe menjadi terlihat lebih atletis. Pintu belakangnya didesain ulang sampai ke quarter panel (panel bodi samping belakang), membuat bahu mobil terlihat melebar. Tampilan SUV ini menjadi terkesan lebih gagah.

Cayenne Coupe dilengkapi dengan dua spoiler, termasuk satu adaptive rear spoiler baru yang bisa terangkat 5,3 inci jika kecepatan mobil di atas kecepatan 90 km/jam. Efeknya mempertinggi downforce pada roda belakang sehingga mobil menjadi lebih stabil. Elemen yang merupakan bagian dari Porsche Active Aerodynamics (PAA) itu juga membuat mobil tampak lebih keren.

Terpasang panoramic yang besar di atap berupa fixed glass sebagai fitur standar. Tapi kalau tidak suka, bisa diupgrade menjadi atap serat karbon. Tawaran ini menjadi opsional yang eksklusif pada seluruh model Cayenne Coupe.

Ada opsi paket Lightweight Sport yang terdiri dari tiga tipe. Pertama menghiasi atap dengan serat karbon, begitu juga interior. Peleknya berukuran 22 inci berdesain GT. Kemudian Lightweight Sport Black, berisikan tepian fender, sideskirt, sidebar pintu, fasia depan, intak dan bilah udara berbalut hitam mengilap. Untuk pelek 22 inci GT bersifat opsional. Terakhir Lightweight Sport Carbon. Makin liar karena serat karbon dipakai pada airblade dan spion samping. Sementara intake dan spion samping bagian bawahnya gelap mengilap. Untuk karet bundar, Porsche mempercayakan Pirelli P Zero 315/35.

Paket Sport Chrono menjadi standar, mobil berbobot 2,025 kg ini dipasangkan pelek 20 inci dengan palang berkelir doff. Agresif, memperlihatkan cakram besar di belakang. Sistem pengereman mengandalkan Porsche Surface Coated Brake (PSCB). Merupakan kombinasi cakram besi cetak dengan pelapis keramik (tungsten carbide) yang memastikan cengkraman mumpuni. TIpe ini dilengkapi kaca panorama di atap seluas 2,16 meter persegi. Memberikan kesan lega bagi seluruh penumpang, sekaligus meningkatkan nuansa premium. Ditambah cover untuk melindungi dari terpaan sinar matahari.

Interior
Meskipun rooflinenya melandai, headroom Cayenne Coupe hampir sama dengan Cayenne ‘SUV’. Menyisakan ruang yang cukup lega bagi kepala penumpang dewasa di jok belakang, sehingga tak perlu menunduk. Yang di-downsize adalah ruang bagasi yang memang agak kecil dibandingkan Cayenne SUV. Besarannya 623 liter, cukup luas untuk mengakomodasi dua koper. Untuk membuka dan menutup bagasi sangat gampang karena sudah power rear liftgate.

Fitur
Dalam hal fitur,  kelengkapan antara Cayenne dan Cayenne Coupe sebetulnya hampir mirip. Misalnya sudah dilengkapi dynamic cruise control, speed-sensing power door locks dan communication management system. Multimedia seperti hiburan, navigasi dan pengaturan kendaraan bisa diakses melalui layar sentuh 12,3 inci. Apple CarPlay bahkan semakin optimal bisa dioperasikan pada infotainment mobil.

Dilengkapi juga dengan high-end sound system, smartphone integration, aplikasi untuk remote vehicle access, jok berpemanas dan masih banyak lagi.

Dalam hal fitur keselamatan, Cayenne Coupe dan versi S dilengkapi airbag untuk penumpang dan pengemudi, airbag samping, kepala dan lutut. Pabrikan juga menyematkan fitur driver-assistance canggih. Yakni Standard forward collision warning with automated emergency braking, lane-departure warning with lane-keeping assist dan adaptive cruise control. Terpasang pula Vehicle stability system Porsche Stability Management (PSM) with ABS, ASR, ABD, MSR, Trailer Stability Management dan expanded PSM SPORT mode

Jantung Pacu
Perbedaan tenaga yang dilontarkan mesin Cayenne Coupe dan Coupe S cukup signifikan. Cayenne Coupe mengadopsi V6 3,0 liter turbo. Menghasilkan tenaga 355 hp dan torsi maksimal 450 Nm. Sedang Cayenne S Coupe mengadopsi V6 2,9 liter twin-turbo yang mampu melontarkan tenaga lebih powerful 434 hp dan torsi puncak 550 Nm . Hantaran tenaga itu disalurkan ke keempat roda oleh transmisi otomatis 8-speed.

Cayenne Coupe mempunyai kemampuan sprint 0 – 100 km/jam dalam waktu 6,2 detik. Catatan waktu itu bisa lebih singkat lagi kalau dilengkapi Chrono Package menjadi 5,9 detik. Sementara Cayenne S Coupe bisa melesat 0-100 km/jam dalam 4,9 detik. Sistem penggerak Cayenne S Coupe juga sama, AWD.

Kemampuan Off-Road
Memang jarang orang yang punya Porsche Cayenne mau menceburkan mobilnya ke medan lumpur. Pada prakteknya, SUV ini kebanyakan hanya menapaki jalanan mulus saja dan di daerah perkotaan.

Padahal, Cayenne biasa dan Coupe memiliki kemampuan off-road yang sama. Sejak pertama kali diperkenalkan,  Cayenne memiliki reputasi  kapabilitas off-road yang sangat baik. Berdasarkan fakta, kendaraan ini oke diajak ‘main keras’.

Untuk mendukung kemampuannya bermain off-road, Cayenne Coupe dilengkapi mode pengendaraan untuk medan gravel, lumpur, tanah/pasir dan bebatuan. Mode tersebut dikendalikan oleh Traction Management System, yang  akan mengatur secara otomatis throttle input, kerja setir, suspensi dan lain-lain. Ketinggian suspensi udaranya sudah adjustable sampai ketinggian 9,6 inci.

Konsumsi BBM dan Emisi
Pabrikan mengklaim bahwa konsumsi bahan bakar kombinasi untuk Cayenne Coupe tercatat 9,4 – 9,3 l / 100 km dengan emisi CO2 gabungan 215 – 212 g/km. Sedangkan untuk Cayenne S Coupé tercatat konsumsi BBM kombinasinya dan emisi CO 2 kombinasi 216 – 212 g/km. Nilai konsumsi BBM dan emisi  CO2 dihitung menurut Prosedur Uji Kendaraan Ringan Harmonisasi Seluruh Dunia (WLTP) yang baru.

SPESIFIKASI PORSCHE CAYENNE COUPE
Layout kendaraan
SUV, mesin depan, 4 pintu, 4 penumpang, AWD.
Mesin
V6 turbo 3.0L/ 335 hp@5,300-6,400 rpm/ 450 Nm @ 1,340 – 5,300 (Cayenne Coupe); V6 twin-turbo 2.9L/ 434 hp/ 550 Nm (Cayenne S Coupe).
Transmisi
A/T 8-speed Tiptronic S
PxLxT
4932 x 1984 x 1676 mm
Wheelbase
2895 mm
Ground clearance
167 mm
Curb weight
2115 kg

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

SUV Morris Garage HS Meluncur, Harga Mulai Rp 369,8 Juta

JAKARTA, Carvaganza.com – Pasar mobil SUV monokok medium di Indonesia semakin ramai. Pada hari ini, Kamis (13/8) telah meluncur SUV Morris Garage (MG) HS...

Tips Angkut Sepeda A la Pereli Nasional Rifat Sungkar

JAKARTA, Carvaganza.com – Bersepeda merupakan kegiatan yang mengasyikkan. Apalagi kalau bersepeda di daerah pedesaan di antara pepohonan teh dan pinus. Udara segar dapat membuat...

Buka Outlet Ke-15, Dokter Mobil Berikan Service Cuci AC Mobil Gratis

JAKARTA, Carvaganza – Bengkel spesialis AC dan Tune Up, Dokter Mobil, terus mengembangkan jaringannya. Setelah sukses membuka belasan outlet bengkel di wilayah Jadetabek, Surabaya...

Untuk Pertama Kalinya, BMW M3 akan Punya Versi Estate

MUNICH, Carvaganza.com – BMW memberikan kejutan pekan ini, dengan tanpa aba-aba merilis teaser untuk varian ekstra calon M3 terbaru. Melalui satu buah unggahan, M3...

Bentley Bentayga Speed 2021 Disegarkan, Masih Menyandang SUV Terkencang

CREWE, Carvaganza.com - Melalui Bentayga Speed 2021, Bentley ingin menerjemahkan arti mewah dan kencang dalam sebuah SUV. Model terbaru sebagai edisi penyegaran, sekaligus tetap...