Beranda Updates F1: Valtteri Bottas Dominasi GP Australia 2019, Mercedes Finish 1-2

F1: Valtteri Bottas Dominasi GP Australia 2019, Mercedes Finish 1-2

MELBOURNE, 17 Maret 2019 – Tim Mercedes-AMG Petronas menunjukkan tajinya sebagai juara bertahan Formula 1, dengan berhasil mendominasi dan merebut kemenangan pada seri pembuka GP Australia 2019. Kemenangan diraih oleh Valtteri Bottas yang menyudahi puasa kemenangannya sejak akhir 2017.

Bottas memimpin kemenangan 1-2 Mercedes di Sirkuit Albert Park, Melbourne, hari Minggu (17/3/2019), dengan memastikan dirinya finish terdepan sejak start balapan. Balapan sempurna ditunjukkan Bottas yang finish dengan jarak 20 detik lebih di depan Lewis Hamilton.

Berbekal start di posisi kedua, pembalap dari Finlandia itu langsung melesat merebut posisi pertama dari Hamilton, rekan setimnya sebagai pole sitter. Sejak tikungan pertama, Bottas langsung melenggang di depan meninggalkan semua pembalap di belakangnya.

Hamilton di posisi kedua harus berjuang menahan serangan Sebastian Vettel dari Ferrari, yang menunjukkan kecepatan identik sepanjang stint pertama. Vettel sendiri nyaris kehilangan posisi ketiga di tikungan pertama, saat rekan setim barunya Charles Leclerc berusaha menyalip dari sisi luar selepas start.

Sementara Bottas nyaman di depan, serangan Vettel terhadap Hamilton berlanjut dengan strategi masuk pit lebih awal di lap 14. Hamilton kemudian masuk pit satu lap setelahnya, yang kemudian terbukti menjadi strategi tepat.

https://twitter.com/F1/status/1107227420799787009

Dengan kompon ban medium, Vettel gagal mengimbangi kecepatan Hamilton di depannya setelah pit, bahkan harus rela disalip oleh Max Verstappen (Red Bull) di tikungan 3, di lap 31. Tidak sampai di situ, kecepatan Vettel yang terus mengendur bahkan membuatnya terancam oleh Leclerc , yang nyaris menyalipnya beberapa lap jelang finish.

Di balapan pertamanya menggunakan mesin Honda, Verstappen tampil kencang di akhir balapan hingga sempat menempel Hamilton dengan jarak kurang dari 1 detik. Kehabisan waktu untuk menyerang, Verstappen akhirnya finish ketiga dan mempersembahkan podium perdana mesin Honda sejak 2008 di F1.

Duo Ferrari finish keempat dan kelima, diikuti oleh tim Haas di posisi keenam melalui Kevin Magnussen, lalu Nico Hulkenberg (Renault) ketujuh dan Kimi Raikkonen (Alfa Romeo) kedelapan. Lance Stroll (Racing Point) dan Daniil Kvyat (Toro Rosso) melengkapi posisi sepuluh besar.

Para pembalap rookie gagal meraih poin di balapan ini, yaitu Lando Norris, Alex Albon dan George Russell. Sementara tuan rumah Daniel Ricciardo gagal finish, menyusul insiden saat start yang merusak sayap depannya.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza