Beranda EDITOR'S PICKS Express Maintenance Auto2000, Bikin Hepi Waktu Kerja

Express Maintenance Auto2000, Bikin Hepi Waktu Kerja

JAKARTA, 19 Desember 2019 – Sebagai pemilik kendaraan Toyota, tentunya menginginkan perawatan yang terbaik bagi mobilnya karena mobil memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Pada saat kendaraan dipakai, Ia harus benar-benar dalam keadaan prima. Jangan sampai gara-gara perawatan mobil yang tidak prima dan maksimal, urusan pekerjaan malah jadi berantakan.

Reza mempunyai bengkel Auto2000 langganan, yakni Auto2000 Lenteng Agung yang lokasinya terletak di depan Stasiun Tanjung Barat, Jakarta Selatan. Lokasi bengkel resmi tersebut dekat dengan rumahnya di daerah Ciganjur, Jakarta Selatan. Ia selalu melakukan servis berkala disitu, bahkan juga beberapa servis ringan. Hal ini sudah menjadi rutinitas sejak lama, termasuk Toyota Innova miliknya sekarang yang Ia beli awal tahun 2018 . Beberapa mobil Toyota milik keluarganya juga diservis disitu.

Untuk melakukan servis berkala,  biasanya Reza menelepon terlebih dahulu pihak bengkel untuk melakukan booking service. Enaknya lagi, pihak bengkel Auto2000 selalu mengingatkan via telepon jika kendaraannya sudah memasuki masa servis berkala. Jika jadwal tidak terlalu padat, pria berusia 36 tahun ini akan membuat jadwal servis sehari atau dua hari setelah pihak bengkel mengingatkan via telepon, tapi kadang juga sampai seminggu. Tergantung load pekerjaannya.

Setelah melakukan booking, Ia akan datang pada hari, tanggal dan jam yang telah disepakati. Ketemu Service Advisor (SA) dan SA akan langsung menanyakan kepadanya perihal kendaraan dan apakah ada keluhan pada kendaraan. Lantas keluhan-keluhan dari Reza sebagai konsumen akan mereka catat.

Reza biasanya berdiskusi dengan SA tentang apa saja  servis besar – dalam kelipatan 10.000 km – yang perlu dilakukan pada mobil. Servis yang biasanya dilakukan adalah ganti oli mesin, minyak rem, oli gardan, cek AC, cek pengereman dan lain-lain sesuai dengan buku guidance.

Setelah itu, Ia biasanya meminta estimasi biaya servis. Jika estimasi biaya servisnya ketinggian, Ia akan sesuaikan dengan budget. Nah, beberapa elemen servis berkala yang masih bisa ditunda, akan ditunda, namun Reza pasti akan datang ke bengkel Auto2000 lagi untuk melakukan servis yang ditunda tadi. Pokoknya enak lah waktu servis di Auto2000 Lenteng Agung, SA-nya sangat terbuka dan kita bisa berdiskusi apa saja yang perlu dilakukan pada mobil dan mereka akan rajin memberikan masukan.

Namun, Reza tidak pernah mau kompromi dengan elemen-elemen yang ada kaitannya dengan keselamatan dan keamanan kendaraan, seperti rem, pelumasan, lampu-lampu, kelistrikan atau yang ada kaitannya dengan bagian kaki-kaki.

Setelah estimasi biaya dibuatkan dan SA membuatkan form pengerjaan, Ia akan memberitahu kapan pengerjaan mobil itu selesai. Kalau mobilnya dimasukkan ke bengkel jam 9, biasanya SA akan bilang pengerjaan kelar jam 11.30 atau sehabis makan siang.  Karena waktunya agak lama, Reza biasanya langsung berangkat ke kantor atau ke tempat miting, tentunya setelah menyeruput kopi dan menikmati penganan yang tersedia di Customer Lounge di lantai dua.

Kalau load pekerjaan terlalu padat, Reza akan bilang ke SA bahwa mobilnya akan ditinggal di bengkel dan baru akan diambil besoknya. Pasalnya bengkel sudah tutup jam 17.00, sedangkan Reza yang bekerja di kawasan Sudirman baru pulang kerja jam 18.00 atau bahkan larut malam. Bisa aja sih, diambil lewat satpam dengan memperlihatkan form kertas putih dan memberikan uangnya secara cash. Tapi itu terlalu menyita waktu. Ia pernah sekali melakukannya, itupun karena pagi-pagi sekali Ia harus jalan keluar kota dengan mobil itu.

Meski konsumen sudah bilang bahwa mobil akan diambil besoknya, SA tetap akan memberitahu via telepon kalau mobil sudah kelar pengerjaannya dan bisa diambil. Sekalian memberitahu soal biayanya. Nah itu kalau konsumen memakai servis berkala biasa atau reguler.

Lain ceritanya kalau memakai jasa servis Express Maintenance (EM) yang disediakan oleh Auto2000. Waktu yang dibutuhkan jadi lebih singkat. Caranya gampang tinggal registrasi terlebih dahulu melalui websiste booking service (letakan url page booking service) atau menghubungi nomor telepon 1-500-898. Reza biasanya lewat telepon.

Dengan Express Maintenance (EM), waktu layanan servis berkala dan perbaikan ringan mobil Toyota di Auto2000 jadi hanya dalam tempo maksimal 60 menit saja. Kalau kita sudah menentukan hari dan tanggal EM, tinggal kita sesuaikan saja dengan jadwal pekerjaan. Sehingga kita bisa lebih leluasa mengatur jadwal kerja.

Konsumen tinggal tunggu di Customer Lounge sambil menikmati kopi, penganan dan beberapa layanan yang disediakan gratis untuk pelanggan seperti koneksi Wifi. Biasanya sambil buka laptop, otak-atik kerjaan sedikit, tak terasa sudah ada telpon dari SA bahwa mobil sudah selesai. Bahkan SA-nya suka menghampiri ke Lounge memberitahu bahwa pengerjaan sudah selesai. Mobil tinggal dibawa ke kantor, tak perlu menginap. Tak terlalu menyita waktu.

Nah kenapa Express Maintance bisa lebih cepat? Karena mobil dikerjakan oleh 3 teknisi sekaligus, sedangkan jika kita memakai jasa servis berkala biasa/reguler  hanya ditangani oleh satu orang teknisi saja. Waktu yang dibutuhkan oleh Express Maitenance ini memang lebih singkat, namun ada juga yang bisa sampai 75 menit, 90 menit atau sampai 120  menit tergantung pada tambahan pekerjaan lainnya seperti pengerjaan spooring balancing, light service air conditioner (AC) atau engine care.

Bagaimana dengan biayanya, apa lebih mahal dari servis berkala regular? Enggak mahal kok. Biaya Express Maintanace tidak berbeda dari biaya service berkala biasa, sesuai dengan periode perawatan dan termasuk juga untuk perbaikan ringan.

EKA ZULKARNAIN

 

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto