Dapat Keringanan PPnBM, Berapa Target Penjualan Daihatsu Rocky Perbulan?

JAKARTA, Carvaganza - Daihatsu Rocky resmi dijual hari ini, Jumat (30/4). Meski baru model 1.0L Turbo, SUV mungil dengan gaya atraktif ini memiliki 5 varian. Dibanderol mulai dari Rp 214,2 juta sampai Rp 236,1 juta (OTR Jakarta). Harga yang ditawarkan sudah mengacu pada kebijakan PPnBM 100 persen. Penjualan model anyar ini dipatok target 500 unit per bulan.

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) mengungkapkan, target Daihatsu Rocky 1.0L sebanyak 500 unit per bulan. Pasalnya varian 1.2L NA akan hadir kemudian. Angka target ini diambil berdasarkan tiga pertimbangan.

"Untuk target kita pertimbangkan dari tiga hal. Pertama itu kita masih berada di kondisi pandemi yang tentu mengakibatkan pelambatan ekonomi. Kedua adalah adanya insentif berupa relaksasi PPnBM dari pemerintah, yang dinilai memang mendorong daya beli masyarakat Indonesia dalam kondisi pandemi Covid-19. Sedangkan terakhir yang menjadi pertimbangan adalah kapasitas produksi yang dimiliki ADM saat ini," ujar Hendrayadi dalam peluncuran virtual, Jumat (30/4).

Daihatsu Rocky

Konsumen sudah bisa memiliki mobil ini dengan banderol paling murah Rp 214,2 juta. Namun pihaknya baru menyediakan Rocky khusus untuk display showroom serta unit test drive. Sementara buat pengirimannya dilakukan paling cepat akhir Mei 2021.

“Keran SPK sudah kita buka hari ini. Sementara pengiriman unit ke konsumen paling cepat akhir Mei 2021 untuk pulau Jawa. Untuk di luar pulau Jawa mulai Juni. April dan Mei awal, kita baru menyediakan unit pertama ke showroom untuk display unit dan test drive. Kalau konsumen baru bisa dapat habis lebaran. Itupun untuk konsumen di awal-awal SPK,” pungkas Hendrayadi.

SUV kompak ini berada di bawah Daihatsu Terios. Dalam artian, dari segi kapasitas penumpang, mesin, dan harganya lebih terjangkau. Sedangkan untuk target market, Hendrayadi mengatakan lebih ke segmen anak muda, Gen Z atau milenial, yang membutuhakan tampilan sporty dari sebuah SUV dan juga fitur. Berbeda dengan Terios, yang mungkin juga dikendarai anak muda, tapi punya kelebihan ruang yang lebih lapang.

Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky

Untuk diketahui, Rocky adalah produk Daihatsu pertama di Indonesia yang mengusung teknologi DNGA (Daihatsu New Global Architecture). DNGA adalah platform terbaru yang dikembangkan dengan konsep: kualitas tinggi dengan harga terjangkau, teknologi terkini, serta memperhatikan hingga ke detail terkecil seperti ukuran, berat, harga, dan waktu, untuk menghasilkan kendaraan yang lebih efisien.

Mobil ini memiliki ukuran panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, tinggi 1.635 mm, jarak sumbu roda 2.525 mm, dan jarak pijak ke tanah 200 mm. Dimensinya tak jauh berbeda dengan Daihatsu Calya yaitu panjang 4.110 mm, lebar 1.655 mm, dan tinggi 1.600 mm.

Daihatsu Rocky

Pada sisi Eksterior, Rocky dilengkapi dengan fitur canggih terkini, seperti LED Headlamp, Auto retractable mirror dan Key Free. Di bagian interior, dashboard Rocky didesain seperti cockpit, yang memberikan kesan modern. Senada dengan itu, meter cluster Rocky didesain menggunakan teknologi Full Digital dengan 4 mode tampilan yang dapat dipilih sesuai dengan style.

Lalu dari sisi keamanan, ia dilengkapi dengan fitur yang diklaim tertinggi di kelasnya, yakni Daihatsu ASA (Advance Smart Assist). Kemudian ada ABS+EBD, SRS Airbag, VSC, hingga HSA.

Untuk sementara Daihatsu hanya memasarkan Rocky dengan mesin bensin 3 silinder, 12 katup, DOHC, VVT-i, berkubikasi 998 cc turbo. Mesin berkode 1KR-VET ini menawarkan tenaga 96,7 Hp pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada rentang 2.400 rpm hingga 4.000 rpm. Sedangkan untuk pilihan transmisi ada manual lima kecepatan dan otomatis CVT. Teknologinya sudah mengguanakan transmisi CVT terbaru Daihatsu, yakni Dual Mode CVT.
ZENUAR YOGA / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda