Daftar Mobil Berpenggerak Listrik Yang Dijual Di Indonesia Selama Tahun 2020

JAKARTA, Carvaganza.com – Tema mobil listrik mulai didengungkan oleh beberapa merek mobil yang berjualan di Indonesia pada tahun ini. Trend ini mengikuti gaung pasar otomotif global yang sudah beberapa tahun belakangan mulai diramaikan mobil listrik. Beberapa mobil listrik yang datang juga punya keunikan dan kelebihannya tersendiri. Jenis kendaraannya pun beragam, mulai dari compact crossover, Sport Utility Vehicle (SUV) sampai sedan. Berikut adalah daftarnya.

1. Toyota Corolla Cross Hybrid – Rp 497.800.000



Meluncur di tengah situasi pandemi, Toyota Corolla Cross Hybrid diperkenalkan ke publik Tanah Air pada 6 Agustus 2020.Sport Utility Vehicle (SUV) ini dijual dengan harga Rp 487,8 juta. Harganya ini lebih murah dari crossover compact hybrid Toyota lainnya, yakni Toyota C-HR Hybrid. Harganya ini menjadikan Corolla Cross sebagai mobil dengan bantuan penggerak motor listrik yang termurah yang dipasarkan di Indonesia ketika itu.

Berdiri di atas platform Toyota New Global Architecture (TNGA) yang juga dipakai oleh sejumlah mobil terbaru Toyota, Corolla Cross Hybrid menawarkan kelincahan dan stabilitas berkendara yang optimal. Ini karena struktur rangka miliknya memiliki pusat gravitasi yang rendah.

Performanya didukung mesin 1,8 liter naturally aspirated yang bertenaga 98 PS dengan torsi puncak 142 Nm. Ditambah lagi dukungan tenaga sebesar 72 PS dan torsi puncak 162 Nm dari motor elektris. Output yang dihasilkan keduanya tak akan membuat SUV berdimensi ringkas ini kesulitan menghadapi medan menanjak maupun bermanuver di jalan bebas hambatan.

Memang Toyota Corolla Cross Hybrid bukan mobil listrik sepenuhnya. Ia adalah mobil dengan sistem penggerak ganda, mesin pembakaran konvensional dan motor elektrik. Tetapi menariknya mobil ini dapat beroperasi dalam mode elektrik sepenuhnya. Mode Full EV akan memberikan sensasi berkendara yang hening dan tanpa getaran persis mobil listrik sungguhan. Tentu saja juga dapat menghemat konsumsi bahan bakar secara signifikan. Menurut pengujian kami, konsumsi BBM rata-rata bisa mencapai 22,6 km/liter.

Ya memang, Toyota adalah juaranya mobil Hybrid. Bahkan di Indonesia hampir setiap kendaraan premium yang dijual Toyota tersedia dalam pilihan penggerak hybrid, seperti Corolla Cross Hybrid, Corolla Altis Hybrid, C-HR Hybrid, Camry Hybrid sampai Alphard Hybrid.

2. Nissan Kicks e-Power – Rp 449.000.000



Dirundung berita akan hengkang dari Indonesia, Nissan justru mengejutkan publik dengan meluncurkan crossover compact berpenggerak listrik, Nissan Kicks e-Power. Diluncurkan secara resmi lewat akun Youtube Nissan Indonesia pada 2 September 2020, Nissan Kicks menawarkan solusi inovatif mobilitas yang lebih ramah lingkungan.

Sama seperti Toyota Corolla Cross Hybrid, Nissan Kicks sebetulnya bukan mobil listrik murni. Ia masih dibekali mesin pembakaran konvensional. Bedanya, mesin bensin 3-silinder 1,2 liter miliknya tidak digunakan untuk memutar roda. Mesin berkode HR12 itu digunakan sebagai pembangkit listrik yang akan menyuplay tenaga ke motor listrik sebagai penggerak utama mobil ini.

Crossover compact berpenggerak roda depan ini adalah mobil yang digerakkan sepenuhnya oleh energi listrik tapi tanpa perlu dicas. Karena energi listriknya disuplay oleh mesin bensin, maka pemiliknya bisa mengisi baterai dengan cara mengisi bensin. Menarik bukan? Lantas seberapa efisien sistem penggerak e-Power ini? Hasil pengujian kami mencatat bahwa dari kondisi tangki bahan bakar diisi full, mobil ini mampu berjalan sejauh lebih dari 700 km. Menurut MID (Multi Information Display) selama pengujian catatan konsumsi bahan bakarnya berkisar di angka 22-25 km/liter.

Selain dari inovasi teknologi mobil listrik tanpa perlu dicas, Nissan Kicks juga memberikan pengalaman berkendara berbeda lainya lewat fitur One-Pedal Operation. Maksudnya pengemudi hanya perlu mengoperasikan pedal gas saja untuk melaju dan mengurangi kecepatan. Caranya cukup angkat kaki dari pedal gas dan mobil akan melambat secara gradual sampai benar-benar berhenti tanpa perlu menginjak pedal rem. Bila sudah terbiasa, cara ini bisa membuat Anda rileks saat menghadapi situasi stop and go kemacetan di kota besar.

3. Hyundai Ioniq EV – Rp 624.800.000 (Prime) dan Rp 664.800.000 (Signature)



Tak disangka-sangka mobil listrik sepenuhnya dari produsen mobil masal justru ditawarkan oleh pabrikan asal Negeri Gingseng, Korea Selatan, Hyundai. Tak tanggung-tanggung, dua mobil listrik sekaligus dipasarkan di sini, sedan Hyundai Ioniq dan crossover compact Hyundai Kona Electric. Kita bahas dulu Hyundai ioniq.

Dijual dengan harga Rp 624,8 juta, Ioniq memang bukan serta merta meluncur di Indonesia. Beberapa waktu sebelumnya mobil ini sudah mencuri perhatian lewat kerjasama Hyundai dengan penyedia layanan taksi online dengan menggunakan mobil listrik ini sebagai armada taksi.

Sebagai Full Electric Vehicle (FEV), tentu saja Ioniq tak didukung mesin pembakaran. Tenaganya secara murni disumbang oleh motor baterai Lithium Ion 38,8 kWh yang menyalurkan energinya ke motor listrik bertenaga 100 kW atau 136 PS dengan torsi puncak 295 Nm. Performanya diklaim sanggup menuntaskan akselerasi 0-100 km/jam dalam 9,9 detik. Memang bukan capaian yang fantastis untuk sedan berharga lebih dari setengah Milyar Rupiah. Tetapi jelas keutamaan mobil listrik ini bukan di performa.

Menurut Hyundai jarak tempuh yang bisa dicapai Ioniq sekali pengisian daya bisa mencapai 373 km (berdasarkan NEDC) dan 311 km (berdasarkan WLTP). Pengisian daya penuh dapat dicapai dalam waktu 54 menit saja untuk pengisian 0-80 persen dengan cara fast cahrging. Bila melakukan pengisian daya melalui jaringan listrik rumah (standar), dari kondisi baterai habis sampai 100 persen diperlukan waktu 17 jam 30 menit atau kalau menggunakan AC charging cukup 6 jam 5 menit saja.

4. Hyundai Kona Electric – Rp 674.000.000



Hyundai Kona electric adalah lini produk elektrifikasi kedua Hyundai di Indonesia. Mobil listrik bergaya crossover compact ini dijual dengan harga Rp 674 juta. Menariknya, mobil ini bukan mobil yang benar-benar baru di Indonesia. Karena versi bermesin bensinnya sudah meluncur lebih awal di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Versi bermesin listrik ini datang untuk menunjukkan potensi bahwa mobil berbahan bakar bensin bisa juga dijual dalam versi mobil listrik.

Jarak tempuh versi listrik Kona bisa menembus 345 km berdasarkan NEDC dan 289 km berdasarkan WLTP dalam sekali pengisian daya. Untuk mengisi daya penuh bisa dilakukan hanya dalam 54 menit sampai 80 persen dengan mode pengisian cepat. Energi listriknya disimpan di baterai Lithium Ion berkapasitas 39,2 kWh. Lalu tenaga listrik dialirkan ke motor elektris bertenaga 100 kW atau 136 PS dengan torsi puncak 395 Nm yang didistribusikan ke kedua roda depan.

Layaknya mobil litrik lain, Kona electric juga punya fitur berkendara futuristis. Milsanya sistem shift-by-wire yang membuat pergantian gigi bisa dilakukan hanya dengan menyentuh tombol. Fitur mewah lainnya yakni, Heads-Up Display (HUD) yang menampilkan informasi berkendara ke panel transparan di depan pengemudi.

5. Lexus UX 300e – Rp 1.245.000.000

Lexus UX Electric


Ingin menunjukkan komitmenya di level kendaraan mewah, Lexus meluncurkan mobil listrik pertamanya di Indonesia. Bukan lagi hybrid seperti Lexus umumnya, tapi UX 300e adalah mobil listrik sepenuhnya dan dijual dengan banderol Rp 1,2 miliar on the road Jakarta.

Lexus UX 300e secara global pertama kali diperkenalkan pada Tokyo Motor Show 2019. Tapi untuk region Asia Tenggara justru pertama kali diperkenalkan di Indonesia. Menggunakan baterai jenis Lithium-Ion berpasitas 54,35 kWh, aliran listrik sanggup memutar motor untuk menghasilkan tenaga sebesar 201 Hp dengan torsi puncak 300 Nm. Jarak tempuhnya diklaim bisa mencapai 300 km berdasarkan WLTP dengan sekali pengisian daya listrik.

Untuk pengisian daya membutuhkan waktu kurang dari 50 menit menggunakan mode DC fast charging. Dengan colokan listrik ke jaringan listrik rumah (standar) butuh waktu kurang lebih 24 jam.

Khusus untuk Lexus UX 300e, Lexus menawarkan layanan 8 tahun complete warranty tanpa batasan kilometer yang mencakup baterai. Tak hanya itu, Lexus memberikan 5 tahun free service & parts tanpa batasan kilometer. Semua itu bisa ditebus dengan harga Rp 1.245.000.000.
RIZKI SATRIA

Baca juga: Nissan Kicks Dapat Sentuhan Facelift, Lebih Eye-Cacthy dan Kaya Fitur

Artikel yang direkomendasikan untuk anda