Nissan Kicks Dapat Sentuhan Facelift, Lebih Eye-Cacthy dan Kaya Fitur

JAKARTA, carvaganza – Crossover kompak ini sudah mendapat banyak fans dari ragam kalangan di tanah air. Apalagi mobil ini termasuk dalam kategori mobil elektrifikasi karena mengawinkan mesin konvensional ICE (Internal Combustion Engine) dengan motor listrik di roda depan. Dibanderol dengan harga terjangkau dan irit bahan bakar.

Kerja mesin ICE yang terpasang pada Kicks yang beredar di Indonesia adalah untuk menggerakkan motor listriknya. Di pasar Indonesia, crossover ini mendapat nama Nissan Kicks e-Power yang dibanderol dengan harga Rp 449 juta dan hanya dijual 1 tipe saja. Sedangkan di pasar Eropa ada Kicks versi ICE.

Untuk menyegarkan penampilannya, pabrikan memberikan sentuhan perubahan untuk Nissan Kicks 2021 yang beredar di Eropa dan Amerika. Banyak pihak yang mengakui keindahan desain Kicks sebagai compact crossover karena mampu memadukan selera modern dengan sentuhan-sentuhan klasik di beberapa bagian. Perubahan yang dilakukan pabrikan pada model 2021 ditujukan untuk memperkaya penampilan yang sudah ada dan ditambah dengan fitur-fitur yang lebih standar.

Baca juga: Di Bawah Rp 500 Juta, Nissan Kicks e-Power Mengaspal di Indonesia



Misalnya, Kicks 2021 mengadopsi grille yang disebut “Double V-Motion”. Merupakan pengayaan dari grille V-Motion yang dipakai tahun 2019. Bentuk bagian depan menjadi lebih dinamis, ditambah dengan sedikit perubahan pada lampu depan LED dipadukan dengan bumper depan yang luwes. Bagian depan Kicks menjadi terlihat lebih kokoh. Untuk tipe SR, pabrikan memberikan sentuhan yang lebih sporty pada lampu kabut.

Untuk bagian belakang, tak terlalu banyak diotak-atik. Hanya memberikan sentuhan baru pada desain lampu belakang, di antaranya lampu LED memanjang di pintu bagasi. Bumper belakang mendapat sedikit sentuhan penyegaran yang membedakan dengan versi tahun 2019. Untuk cat eksterior, pabrikan menambah warna baru yakni Electric Blue Metallic (seperti pada foto), Scarlet Ember Tintcoat (opsional) dan Boulder Gray Pearl. Bagi yang mau kelir two-tone juga bisa, tapi itu pun opsional.

Sentuhan penyempurnaan juga menjalar ke bagian kabin. Jok baru, material trim pintu juga baru pada tipe SV dan SR. Konsol tengah full dengan armrest dan penyempurnaan pada fitur teknologi. Fitur Apple CarPlay dan Android Auto menjadi standar di semua tipe dengan layar sentuh 7.0 inci. Tersedia pula layar sentuh opsional 8.0 inci jika ada konsumen yang ingin merogoh kocek lebih dalam.

Baca juga: ROAD TEST Nissan Kicks e-Power, Sepraktis Apa Dipakai di Dalam Kota?



Untuk urusan engine, masih tetap sama dengan tahun lalu. Tak ada yang baru, naturally aspirated 4 silinder segaris 1.6 liter. Menghasilkan tenaga 122 hp dan torsi 154 Nm yang disalurkan oleh transmisi CVT ke roda depan. Untuk teknologi CVT yang diadopsi, Nissan menyebutnya girboks Xtronic. Satu-satunya sentuhan baru pada performa hanya pada pengereman, itupun pada tipe SV dan SR.

Belum ada penambahan tipe pada model 2021, masih tetap tiga yakni S sebagai tipe terbawah, SV dan SR. Untuk SR, pabrikan menyediakan Premium Package sehingga tampilan mobil lebih mewah dan lebih kaya. Belum diumumkan berapa harga yang dibanderol untuk setiap tipe, kemungkinan tidak akan melonjak jauh karena Kicks 2020 merupakan salah satu crossover dengan harga paling terjangkau. Paling start dari US$ 12.070.



EKA ZULKARNAIN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda