Beranda New Cars BMW Seri 5 Facelift Meluncur, Lebih Canggih dan Maskulin

BMW Seri 5 Facelift Meluncur, Lebih Canggih dan Maskulin

MUNICH, Carvaganza.com – 27 Mei 2020 akhirnya tiba, dan BMW resmi merilis Seri 5 facelift yang mendapatkan sejumlah penyegaran dan upgrade. Ini menjadi facelift pertama untuk Seri 5 G30 sejak debut perdana pada 2016 lalu.

Seri 5 meluncur lebih dulu dibandingkan Mercedes-Benz E-Class Coupe dan Cabriolet, yang juga dijadwalkan meluncur di hari bersamaan. BMW memadukan pengaruh desain dari Seri 7 dan Seri 3 terbaru pada mobil ini, untuk wujudkan kombinasi gaya sporty dan elegan.

Dimulai dari eksterior, penyegaran tampilan terjadi pada fascia depan, dengan double kidney grille yang lebih lebar dan rendah dari sebelumnya. Dengan model single frame, grille baru masih proporsional dan tidak oversized seperti Seri 7 facelift.

Perubahan struktur grille depan berpengaruh pada profil bumper depan, yang kini memiliki intake lebih besar di tengah, khususnya untuk trim M Sport. Membesarnya intake di depan tersebut bahkan membuat tampilan Seri 5 hampir menyamai agresifnya wajah M5. Sementara untuk trim Luxury atau Sport, cenderung konservatif degan intake bergaris lurus.

Bagian Wajah

Gaya desain baru juga diterapkan oleh BMW pada lampu depan Seri 5, yang bentuknya kini tidak lagi membulat dan lebih maskulin. Desain ini mirip dengan Seri 7 facelift, diikuti LED DRL yang berbentuk L ganda di sisi bawah lampu. Lampu utama berteknologi Laser kini masuk sebagai opsi untuk Seri 5.

Ubahan bagian buritan tidak sesignifikan fascia depan, yang terbilang lebih minimalis. Lampu belakang tidak berubah bentuk, hanya pada grafis LED bar yang semakin tekankan bentuk L, seperti Seri 3. Begitu pun dengan bumper belakang, yang nyaris tidak berubah, kecuali untuk ujung knalpot yang kini berbentuk trapesium.

Baca juga: Alpina XB7, BMW X7 Versi Bertenaga Ganas

Upgrade Infotainment

Untuk sisi interior, secara keseluruhan nyaris tidak terjadi ubahan oleh BMW, khususnya secara visual. Hanya warna trim dashboard yang pada Seri 5 LCI, kini berwarna gloss black. Layout display pengaturan AC sedikit berubah, dengan tampilan interface baru.

Ubahan utama pada interior justru ada pada sistem infotainment iDrive, yang kini sudah mengadopsi sistem operasi generasi 7.0 yang terbaru. Dua buah layar menghiasi dashboard, masing-masing di balik setir untuk panel instrumen, sementara di tengah tersedia opsi 10,3 inci dan 12,3 inci.

Penumpang baris depan kini dimanjakan oleh jok multifungsi M, yang sebelumnya hanya dimiliki oleh M5. Fitur opsional ini menyediakan head rest terpisah dan bantalan samping lebih tebal, yang diadopsi dari paket M Sport.

Baca juga: BMW X6 Terbaru Resmi Meluncur, Harga Rp 1,899 Miliar

Elektrifikasi dan Lebih Bertenaga

Mesin varian entry pada 520i, empat silinder 2.0 liter turbo kini bertenaga 181 hp, dan 248 hp untuk 530i. Sementara enam silinder 3.0 liter turbo pada 540i kini memiliki tenaga 329 hp. Pada varian terkuat, M550i, menghasilkan tenaga sampai 523 hp.

Varian 530i dan 540i mendapat opsi penggerak all-wheel drive alias xDrive, yang menjadi pilihan standar untuk M550i. begitu juga untuk lini diesel pada 520d dan 530d yang mendapat opsi penggerak xDrive, sedangkan 540d tanpa opsi penggerak dua roda.

Seluruh varian mesin dipadukan denagn transmisi otomatis 8-speed Steptronic, tanpa pilihan varian manual. Begitu juga untuk seluruh varian hybrid, baik pada 530e dan 545e xDrive yang keduanya merupakan plug-in hybrid (PHEV). Seri 5 hybrid kini dilengkapi oleh fitur XtraBoost, untuk memberikan tambahan tenaga instan selama 10 detik.

530e bisa dikemudikan hanya dengan daya listrik, sampai menempuh 67 km, dalam kondisi baterai penuh. Sementara untuk 545e dengan hanya daya listrik bisa menempuh 53 km pada kecepatan hingga 140 km/jam.

Baca juga: BMW i4 Bakal Punya Tenaga Lebih Dahsyat dari M4

Harga

Seluruh pembaruan tersebut berlaku untuk Seri 5 baik versi Sedan maupun Touring (estate), yang sudah mulai dipasarkan di sejumlah negara Eropa. Harga Seri 5 facelift ditawarkan mulai dengan £ 37.480 atau setara dengan Rp 681 jutaan, untuk 520i.

Sementara untuk varian tertinggi, yaitu M550i xDrive ditawarkan dengan £ 67.595 atau setara Rp 1,231 miliaran. Seri 5 facelift siap kembali memberi perlawanan lebih kuat untuk Mercedes-Benz E-Class sedan yang dua bulan sebelumnya juga baru mengalami facelift.

Sumber: Autocar

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto