Beda Mitsubishi Xpander Black Edition Dengan Versi Regular, Harga Lebih Murah

JAKARTA, carvaganza -  Selain merilis SUV Mitsubishi Xpander Cross edisi terbatas tanggal 20 Oktober kemarin, diluncurkan pula low MPV Mitsubishi Xpander Black Edition. Seperti diketahui, keduanya berdiri di atas platform yang sama. Kehadiran versi Black Edition menambah anggota line-up keluarga MPV rilisan PT MMKSI. Bisa menjadi pilihan menarik konsumen yang ingin membeli Xpander dari baris varian yang sudah ada sebelumnya. Sama seperti Xpander Cross Rockford Black Edition yang diproduksi hanya 500 unit, MPV Xpander limited edition ini hanya diproduksi 1000 unit saja. Basis Black Edition ini adalah tipe Exceed, tapi punya nilai tambah yang membuatnya nyaris selevel dengan Xpander Sport. Menariknya lagi, harga jual edisi spesial ini tetap lebih murah ketimbang varian kedua termahal itu. Baca juga: Mau Beli Xpander Cross Limited Edition? Ini Bedanya Dengan Versi Reguler

Tampilan bodi

Secara keseluruhan sih mirip dengan Xpander reguler dari sisi guratan desain. Versi Black Edition menampilkan nuansa legam di grille, velg, cover spion dan list kaca. Body kit mendapat sematan aksen merah mulai dari area depan, samping sampai buritan. Plus emblem khusus di pintu bagasi.

Interior

Masuk ke sektor interior, di sini lah nuansa Xpander Sport terasa. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menerapkan skema kabin baru. Bukan lagi menggunakan warna kalem (baige) seperti Exceed pada umumnya, Black Edition justru menawarkan nilai eksklusif layaknya Xpander Sport. Tak cuma jadi hitam saja, ditambahkan unsur sporty dengan jahitan jok berwarna merah. Paduan serupa menjalar jua ke pelapis pijakan kakinya. Baca juga: Dua Model Sekaligus, Mitsubishi Luncurkan Xpander dan Xpander Cross Edisi Terbatas Lingkar kemudi tanpa balutan kulit sintesis dan tombol pengatur audio tetap dibawa dari tipe Exceed. Head unit mengadopsi layar sentuh 6 inci, bukan lagi model 2DIN seperti bawaannya. Dari peranti hiburan inilah Xpander Black Edition sejajar dengan varian Sport, yang mendapatkan sematan layar sentuh di awal tahun 2020. Dalam soal kelir bodi, MPV Black Edition tak terlalu beragam. Tidak seperti Xpander Sport yang punya enam pilihan warna. Tawaran warna Quartz White Pearl dan Jet Black Mica cukup ciamik dipadu dengan aksen-aksen Black Edition.

Harga

Saat peluncuran diumumkan harga jual Xpander Black Edition A/T adalah Rp 267.500.000. Sementara Xpander Black Edition M/T Rp 257.100.000 (OTR DKI Jakarta). Berdasarkan penetapan harga via situs resmi Mitsubishi Indonesia, Xpander Sport bertransmisi otomatis dilego Rp 271.200.000. Sedangkan pada varian bertransmisi manual Rp 261.200.000. Artinya, terdapat selisih antar kedua model dengan nominal masing-masing Rp 3,7 juta (A/T) dan Rp 4,1 juta (M/T) - lebih murah Xpander Black Edition. Setiap pembeli Xpnder Black Edition juga berkesempatan mendapatkan rear view mirror - melalui sistem pengundian.

Fitur keselamatan

Untuk catatan saja, Xpander Black Edition punya keterbatasan dalam kelengkapan soal dukungan sistem keselamatan berkendara. Serupa tipe Exceed, ia pun tak punya peranti seperti semacam Active Stability Traction Control (ASTC) atau Hill Start Assist (HSA). Sebaliknya, dua fitur itu dapat Anda temui pada tipe Sport. Tapi jangan berkecil hati, fitur keselamatan standar masih didapatkan di edisi terbatas ini. Seperti  Antilock Braking System (ABS), Brake Assist (BA), Electronic Brake force Distribution (EBD), Supplemental Restraint System (SRS) Airbag, Isofix dan struktur rangka bodi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution). ARY DWINOVIANSYAH  | FOTOGRAFER: EDI WEENTE & SETIONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda