Beranda EDITOR'S PICKS Ayla dan Sirion, Transformasi Daihatsu yang Tampil Kekinian

Ayla dan Sirion, Transformasi Daihatsu yang Tampil Kekinian

JAKARTA, Carvaganza.com – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) baru saja memperkenalkan dua model baru New Ayla dan New Sirion. Banyak hal yang bisa disimak dari kehadiran dua model ini. Bahwa Daihatsu kini mencoba tampil lebih kekinian demi menyasar pasar anak muda millennial yang berkembang pesat.

Transformasi Daihatsu sebenarnya sudah terbaca – setidaknya — sekitar 2 tahunan terakhir. Misalnya, di ajang seperti Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 lalu, Daihatsu menampilkan konsep keceriaan customer dalam kesehariannya dan lebih dekat dengan Young Generation aka generasi muda. Booth Daihatsu di ICE, BSD, saat itu mengusung gaya Memphis Art. Dengan luas 1.909 m2, area ini menampilkan warna-warna ceria khas anak muda.

Nah, demikian juga dengan kehadiran Ayla dan Sirion. Peluncuran resmi keduanya memang batal dilakukan secara terbuka karena wabah pandemic Corona. Pemilihan platform Youtube Daihatsu Sahabatku — yang juga dilakukan kembarannya Toyota Agya — juga keputusan yang menarik. Pertama inilah kanal media sosial paling digandrungi anak muda. Dari sekitar 150 juta pengguna media social, berusia 18-34 tahun, 88 persen diantaranya doyan menonton platform video ini. Hal yang tentu cocok dan pas dengan market Ayla dan Sirion.

Kemudian juga coba tengah laman resmi Daihatsu Indonesia. Situs www.daihatsu.co.id sontak kini tampil seperti halaman komik. Website menampilkan informasi terkait Ayla dan Sirion seperti kita membaca komik superhero yang tengah menjadi trending. Langkah-langkah Daihatsu ini selaras dengan produk baru mereka yang dikemas atraktif sekaligus sporty.

“Kalau diperhatikan, komposisi penduduk Indonesia sekarang didominasi anak muda. Segmen ini sungguh potensial untuk pembelian mobil pertama mereka. Karena itu, kami perhatikan bagaimana gaya hidupnya. Nah, saat masuk pada pertimbangan pembelian sebuah kendaraan, ada tiga hal yang jadi perhatian utama. Stylish, entertaining dan comfort, serta harus “no worries”. Dalam artian mobil harus aman serta mudah perawatan. Dari situlah, Daihatsu melakukan product improvement yang fokus pada tiga hal tadi,” tegas Priyo Wisaksono, Head of Product I & II Dept, Marketing Product Planning, PT Astra Daihatsu Motor.

Baca juga: REVIEW: New Daihatsu Ayla, Bersolek Demi Kaum Millennial 

New Ayla

Siluet New Ayla memang kian atraktif. Ubahan pada fasad berhasil membuatnya tampak lebih sporty. Terutama dari pemasangan bumper baru dan grille berlabur piano black. Adanya improvisasi fitur keamanan seperti ABS dan EBD, serta stabilizer di depan dan belakang juga mengobati stigma LCGC yang kurang safety.

Berikut, di dalam kabin Ayla memanjakan pengemudi degan konsol tengahlah yang mendapat rombakan plus tambahan fitur. Layar sentuh 7-inci baru sanggup memutar banyak format music dan video dari beragam konektivitas. Plus menerjemahkan visual kamera parkir. Fitur ini layak mendapat jempol karena jarang ada di kelas LCGC.

Kenop pengaturan AC pun sekarang ditukar dengan versi digital. Cukup sentuh tombol-tombol untuk mengatur embusan angin dan suhu. Kian modern nan praktis. Ada juga perangkat kamera parkir yang membantu saat parkir.

Baca juga: REVIEW: New Daihatsu Sirion, Ngehits Buat Anak Muda

New Sirion

Untuk Sirion, perubahannya tak sesignifikan New Ayla. Penetrasi ke pasar kaum muda diterjemahkan lewat pemasangan Aero Kit, yang berupa lips bumper depan dan belakang, serta side skirt silang warna. Plus tertera head unit baru yang bisa membaca berbagai format file. Benang merah keduanya tampak pula dari siraman warna baru. Ayla, ketambahan dua kelir cerah. Begitu juga Sirion. Masing-masing difinishing metallic demi memikat selera anak muda.

“Warna baru Ayla ada dua: Yellow Metallic dan Glittering Silver Metallic. Kenapa begitu, anak muda kebanyakan menginginkan cat dengan finishing mengkilap. Bukan solid. Kalau Sirion, warna barunya Electric Blue Metallic. Sama seperti Ayla, muncul highlight dan shadow, alias kontras, ketika ada sinar. Dan satu lagi adalah Granite Grey Metallic,” kata Mark Widjaja, Head of Styling Design Department, PT Astra Daihatsu Motor, di kesempatan yang sama.

Terakhir, mereka juga memberikan harga jual dan uang muka yang sesuai budget kawula muda. Ayla misalnya, sudah bisa dibawa pulang dengan Down Payment mulai Rp 18 jutaan. Dan cicilan perbulan sekitar Rp 2,5 jutaan (tenor empat tahun). Sementara Sirion, uang mukanya lebih kecil lagi. Mulai Rp 17 jutaan dan angsuran Rp 5,5 juta, dengan tenor sama.

Baca Juga: Daihatsu Fokus Bidik Pasar Kaum Muda Lewat Ayla dan Sirion

HELMI ALFRIANDI | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto