Akhirnya Bentley Blower Buatan Tahun 1903 Selesai Diproduksi Ulang

JAKARTA, Carvaganza.com – Tahun lalu Bentley mengumumkan proyek yang sangat unik. Produsen mobil asal Inggris itu berencana untuk memproduksi ulang mobil klasik mereka yang dibuat tahun 1930, Bentley Blower. Sekarang mobil itu telah selesai dibuat.

Bentley Blower buatan tahun 2020 ini adalah purwarupa dari 12 unit mobil yang sama yang akan diantar ke pemiliknya. Sebelum diproduksi sebanyak 12 unit, mobil ini terlebih dahulu akan melewati serangkaian pengujian. Bentley akan menguji mobil ini untuk mencari tahu durabilitasnya. Rencananya mereka akan menjalankan mobil ini sejauh 35.000 km yang 8.000 km diantaranya akan dilaksanakan di lintasan balap. Bentley juga akan menguji kecepatan maksimumnya. Bila semua pengujian telah dilaksanakan dengan sukses, barulah mereka membuat 12 unit mobil yang sudah dipesan konsumen terpilih.

Bentley menyebut butuh lebih dari 40 ribu jam untuk menyelesaikan proyek ini. Mereka menemukan cara untuk membuat ulang mobil ini dengan mempelajari blueprint dan peralatan yang mereka miliki di tahun mobil ini dibuat. Bentley juga menggunakan laser scan untuk mereka ulang mobil balap serupa buatan tahun 1929 yang menjadi basis produksi mobil ini.

Perusahaan yang bermarkas di Crewe, Inggris ini bekerjasama dengan banyak perusahaan lain untuk membantu mereka membuat struktur rangka, radiator, hingga suspensi per daun. Struktur rangka mobil ini dibangun oleh perusahaan yang biasa merestorasi dan membuat ulang mobil mesin uap. Sementara itu mesin 4-silinder 4,5 liter supercharged dari era modern diselundupkan dengan rapih ke dalamnya.



Banyak penggemar mobil yang jatuh cinta dengan mobil replika dari versi aslinya di tahun 1930 ini. Namun tak sedikit pula yang kecewa dengan keputusan Bentley melakukan proyek ini. Termasuk salah satu enthusiast ternama, raja fashion Ralph Lauren. Ia mengirim surat kepada Bentley mengutarakan kepeduliannya. Menurutnya proyek pembuatan replika mobil ini akan menurunkan baik nilai intrinsik maupun moneter dari mobil orisinalnya. Tentu saja, komplain ini tak ditanggapi oleh Bentley. Maka lahirlah Bentley Blower 1930 buatan tahun 2020 ini.
RIZKI SATRIA

Baca juga: Mercedes-Benz G-Class Hofele Design Pakai Suicide Door



Sumber: Autoblog

Artikel yang direkomendasikan untuk anda