Beranda Features 504 dan 405, 2 Peugeot Klasik Peraih Car of the Year

504 dan 405, 2 Peugeot Klasik Peraih Car of the Year

JAKARTA, Carvaganza.com — Menyebut Peugeot, identik dengan mobil terbaik dari Perancis. Pengalamannya yang lebih dari 200 tahun, Peugeot memang memberikan line up mobil terbaik di Benua Biru Eropa hingga kini. Febuari 2020 lalu, Peugeot 208 terpilih menjadi Car of The Year di Jenewa, Swiss. Ini bukan kali pertama Peugeot dinobatkan sebagai mobil terbaik. Mereka mencetak rekor tersendiri dengan total 6 penghargaan pada acara yang paling bergengsi di dunia otomotif Eropa.

Pagelaran yang dihelat setiap tahun melibatkan penilaian 60 jurnalis otomotif terkemuka dari seluruh Eropa. Ajang sudah dilangsungkan sejak 1964 dan menjadi yang paling bergengsi di kalangan produsen otomotif global. Hal ini menegaskan, ajang ini begitu ditunggu-tunggu kalangan otomotif dunia.

Setidaknya, sudah ada 6 model Peugeot yang mampu meraih Car of The Year. Rincianya, 2 model terbaik sebelum era millennial, Peugeot 504 (1969) dan Peugeot 405 (1988). Sementara pasca-millennia, Peugeot 307 (2002), Peugeot 308 (2014), Peugeot 3008 SUV (2017) dan Peugeot 208 (2020).

Rekor kemenangan yang diraih Peugeot tentunya merefleksikan dominasi desain, teknologi, performa, dan kenyamanan yang diusung Peugeot selama 50 tahun di dunia otomotif.

“Menjadi satu dari tiga brand yang meraih penghargaan terbanyak di ajang Car of the Year adalah sebuah kebanggaan! Dalam 6 tahun terakhir, Peugeot telah meraih 3 buah penghargaan COTY! Penghargaan ini menjadi sebuah pencapaian perusahaan dan juga referensi bagi para customer kami,” kata Jean-Phillipe IMPARATO, Direktur Peugeot seperti dilansir Astra Peugeot.

Carvaganza sudah membahas mengenai 4 model yang hadir di era millennium. Nah, sekarang kita coba liat seperti apa dua jadul lainnya yaitu Peugeot 504 dan 405.

Baca juga: Selama #DiRumahAja, Manfaatkan Body Repair Astra Peugeot

Peugeot 504

Inilah Peugeot pertama yang memenangkan titel Car of the Year. Kita harus kembali setengah abad dimana Peugeot 504 menjadi mobil pertama yang memenangkan titel Car of the Year pada tahun 1969. Peugeot 504 merupakan mid-size, front-engine, rear wheel drive. Ia menjadi model dengan masa produksi Peugeot paling lama. Mulai diproduksi pada 1968, model ini baru berhenti dijual pada 2005. Tak kurang 15 negara di Eropa, Afrika, Asia, dan Amerika Selatan memproduksi mobil ini. Diperkirakan terjual hampir 3 juta unit di seluruh dunia. Selain model sedan 4 door, ia juga memiliki varian wagon, two-door coupe, convertible, dan pickup truk.

Kemampuannya yang bandel membuat mobil ini sangat terkenal di negara-negara dengan jalanan kurang baik seperti Brasil, Argentina, Australia, Pantai Gading, Ghana, Kamerun, Kenya, dan Nigeria. Banyaknya peminata di Benua ini sampai-sampai Los Angeles Times pernah memberiknya gelar ‘Arfica’s Workshorse’ alias kuda pekerja Afrika pada 2013.

Semasa jayanya, Peugeot 504 memiliki 7 pilihan mesin; 1.6L, 1.8L, 2.0L, dan 2.7L (bensin) serta 1.9L, 2.1L, dan 2.3L (diesel). Versi paling terkenal, sedan, memiliki dimensi 4.486 x 1.690 x 1.460 (PxLxT). Tak hanya sebagai model bandel, Peugeot 54 juga dikenal jagoan di urusan reli. Termasuk menjadi juara pada Rellye du Maroc (1975) dengan driver Hannu Mikkola dan co-driver Jean Todt yang kemudian dikenal sebagai salah satu CEO Ferrari.

Baca juga: Ini 4 Mobil Berstatus ‘Car of the Year’ dari Peugeot

Peugeot 405

Hampir 2 dekade setelah Peugeot 504 menjuarai gelar Car of the Year, Peugeot 405 turut meraih gelar tersebut pada tahun 1988. Gelar ini diraih hanya 1 tahun setelah diperkenalkan pada Juli 1987. Perolehan suaranya sangat mendominasi dan sekali dalam sejarah. Sebanyak 54 dari 57 juri memberikan nilai tertinggi bagi Peugeot 405. Mobil yang memberikan driving pleasure dan kenyamanan terbaik di masanya.

Sama seperti 504, mobil ini juga diproduksi di belasan negara termasuk di Indonesia lewat Gaya Motor pada 1989-1997. Bahkan informasi menyebutkan diproduksi hingga saat ini di Iran dan Mesir. Diperkenalkan dalam versi sedan dan estate, tak kurang dari 11 varian mesin ditawarkan 405. Kepopuleran model ini membawa tingkat penjualan lebih dari 5 juta unit di seluruh dunia.

Peugeot 405 ini juga menjadi mobil yang mencetak rekor tersendiri diluar penghargaan Car of the Year dengan memenangkan kejuaraan Rally Paris-Dakar 2 tahun berturut. Pada 1989, Ari Vattanen mengemudikan 405 T16 GR sedangkan tahun berikutnya pereli Finlandia itu kembali menjadi juara dengan seri mobil yang sama.

Baca juga: Beli Peugeot Allure Plus Series, Tenang Biaya Selama 5 Tahun

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

SUV Morris Garage HS Meluncur, Harga Mulai Rp 369,8 Juta

JAKARTA, Carvaganza.com – Pasar mobil SUV monokok medium di Indonesia semakin ramai. Pada hari ini, Kamis (13/8) telah meluncur SUV Morris Garage (MG) HS...

Tips Angkut Sepeda A la Pereli Nasional Rifat Sungkar

JAKARTA, Carvaganza.com – Bersepeda merupakan kegiatan yang mengasyikkan. Apalagi kalau bersepeda di daerah pedesaan di antara pepohonan teh dan pinus. Udara segar dapat membuat...

Buka Outlet Ke-15, Dokter Mobil Berikan Service Cuci AC Mobil Gratis

JAKARTA, Carvaganza – Bengkel spesialis AC dan Tune Up, Dokter Mobil, terus mengembangkan jaringannya. Setelah sukses membuka belasan outlet bengkel di wilayah Jadetabek, Surabaya...

Untuk Pertama Kalinya, BMW M3 akan Punya Versi Estate

MUNICH, Carvaganza.com – BMW memberikan kejutan pekan ini, dengan tanpa aba-aba merilis teaser untuk varian ekstra calon M3 terbaru. Melalui satu buah unggahan, M3...

Bentley Bentayga Speed 2021 Disegarkan, Masih Menyandang SUV Terkencang

CREWE, Carvaganza.com - Melalui Bentayga Speed 2021, Bentley ingin menerjemahkan arti mewah dan kencang dalam sebuah SUV. Model terbaru sebagai edisi penyegaran, sekaligus tetap...