Beranda Features 5 Kunci Memilih SUV Idaman Anda

5 Kunci Memilih SUV Idaman Anda

Foto: autoaufkleber.design

JAKARTA, 12 Desember 2018 – Dalam beberapa tahun terakhir peminat mobil bergenre Sport Utility Vehicle (SUV) naik cukup signifikan. Banyak alasan kenapa SUV naik daun. Tampilannya yang macho, gagah, posturnya yang tinggi, serta kemampuannya melahap berbagai kondisi jalan menjadi sebagian alasan.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, komposisi market SUV secara keseluruhan terus bertambah setiap tahunnya. Pada 2017 lalu, segmen ini tercatat memberikan kontribusi 19 persen secara nasional. Membengkak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang berada di angka 12 persen. Angka ini memang belum bisa mengalahkan market Multi Purpose Vehicle (MPV) yakni 40 persen.

Sebenarnya, jika telisik lebih dalam lagi, kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap sebuah SUV sangat beragam. Pembeli SUV ‘jaman now’ tak lagi sekedar membeli mobil karena tampilannya. Mereka menghargai SUV karena menawarkan fleksibilitas, konektivitas dan kenyamanan, lebih dari sekedar kemampuan off-road dan tenaga.

Pabrikan kemudian berlomba-lomba menghadirkan model andalannya. Alhasil, kita ditawarkan pilihan beragam mulai dari low SUV, compact SUV, crossover — yang merupakan pekawinan silang antara pikap atau sedan dengan SUV — medium SUV, full-size SUV, premium SUV, luxury SUV atau entah apa lagi istilah yang diberikan pabrikan.

Bikin bingung? Yap. Apa SUV idaman Anda cocok untuk mobillitas harian? Apakah SUV itu bisa menampung semua keluarga? Atau apakah tampilannya keren dan gaya?

Foto: caradvice.com.au

Nah, apa saja yang bisa jadi kunci untuk memilih SUV idaman yang tepat untuk Anda?

  1. Fungsi Serbaguna

Yang pertama tentukan tujuan Anda membeli sebuah SUV. Pertimbangannya tentu saja kebutuhan dan selera pribadi. Jika Anda hanya membutuhkan mobil untuk mengantar anak sekolah rasanya tak perlu Anda membeli SUV mahal, berukuran besar, penuh fitur off-road dan lain-lain.

Lebih baik pilih SUV yang kompak namun tetap bisa bisa mengakomodasi ruang yang cukup saat membawa keluarga. Perhatikan juga soal lokasi penyimpanan yang banyak dan kapasitas bagasi untuk membawa barang-barang keperluan Anda.

Jangan lupa, SUV juga cocok dengan kodisi jalanan di Indonesia yang banyak lobang. Belum lagi polisi tidur yang tentunya lebih mudah dilalui dengan SUV. Tak ketinggalan genangan atau banjir yang kerap terjadi saat musim hujan juga lebih mudah dilalui dengan SUV.

  1. Dimensi Lebih Besar

Dimensi atau ukuran SUV perlu jadi pertimbangan. Pada dasarnya SUV dibagi dalam tiga kategori yaitu compact, mid-size dan full-size. Pilihlah SUV dengan ukuran yang pas dengan ukuran tubuh dan juga kebutuhan Anda. Tak perlu memilih full-size SUV sementara Anda lebih banyak menggunakannya di jalanan yang sempit.

Soal kapasitas, semua SUV dirancang minimal untuk lima penumpang. Bahkan untuk kategori mid dan full-size ada yang menawarkan dua sampai tiga kursi tambahan hingga mampu memuat tujuh atau delapan penumpang. Semua SUV menawarkan kursi baris kedua yang bisa dilipat untuk menambah kapasitas bagasi. Bila kursi dilipat, ruang kargo bisa naik hingga dua kali lipat. Daya angkut barang pada SUV bisa ditingkatkan dengan memanfaatkan roofrack di bagian atas.

  1. Fitur yang Dimiliki

Konsumen saat ini sangat pintar dan kritis. Mereka tak hanya memilih sebuah mobil hanya karena tampilan saja. Perhatikan fitur-fitur standar yang ada dari sebuah SUV. Kebanyakan SUV compact tidak terlalu mewah. Mereka memaksimalkan perangkat audio sistem dan jok kulit untuk kenyamanan penumpang. SUV kecil ini lebih mengedepankan kepraktisan. Kategori diatasnya tentunya menawarkan fitur-fitur yang lebih lengkap sehingga setara dengan sedan mewah.

Selain itu juga perhatikan fitur lainnya seperti sensor untuk membantu parkir yang tentu akan sangat membantu, dual-zone air conditioning untuk mengatur suhu AC yang berbeda antara sisi pengemudi dan penumpang, konektivitas telpon hands-free, pengaturan kursi belakang yang fleksibel, dan lain-lain.

  1. Performa Mesin

Compact SUV dan mid-size SUV biasanya menawarkan mesin empat atau enam silinder berkapasitas sekitar 1.500 cc atau 1.800 cc. Sedangkan full-size SUV biasanya mengusung mesin V8 yang powerful dengan kapasitas yang lebih besar.

Tentu saja semakin banyak silinder, maka volume ruang bakar atau kapasitas mesin semakin besar. Hal itu tentu saja akan berkaitan dengan konsumsi bahan bakar yang semakin banyak dan perawatan. Jadi sesuaikan SUV yang hemat dalam konsumsi bahan bakar dan kebutuhan Anda.

  1. Harga

Secara sederhana pembagian SUV berdasarkan harga, low dan compact SUV dijual di bawah Rp 500 juta dan medium SUV ke atas dibanderol Rp 500 juta hingga Rp 2 miliar. Tapi apakah SUV dengan harga mahal juga lebih baik? Belum tentu. Lebih bijaksana jika Anda memilih SUV sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Tak perlu memaksakan diri membeli SUV dengan harga mahal hanya karena mereknya atau karena banyak yang menggunakan. Lebih baik perhatikan kualitas yang ditawarkan meski terkadang harganya lebih murah. Cukup banyak SUV yang memiliki kulitas baik meski berasal dari merek baru.

Pasar SUV di Tanah Air termasuk sesak. Sebagian besar agen pemegang merek (APM) baik Jepang, Korea, Eropa, Amerika Serikat, dan kini China bermain di segmen ini. Low SUV seperti Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V, Suzuki SX-4, Nissan Juke, Mazda CX-3, Chevrolet Trax.

Kemudian Medium SUV seperti Honda CR-V, HR-V, Toyota Fortuner, CH-R, Nissan X-Trail, Chevrolet Captiva, Suzuki Grand Vitara, Mazda CX-5, Hyundai Tucson, Santa-Fe, Mitsubishi Pajero Sport, Outlander, Isuzu mu-X, dan pendatang baru DFSK Glory 580. Belum lagi pabrikan premium seperti Mercedes-Benz, BMW, Audi, Lexus, Porsche, Lamborghini juga tak mau ketinggalan bermain di segmen ini.

Nah, salah satu nama yang sudah mengumumkan rencana ikut bermain di segmen ini adalah Wuling Motors Indonesia. Tahun depan, Wuling juga bersiap melansir SUV untuk melengkapi line-up yang sudah ada sebelumnya, Cortez dan Confero S 1.8L (MPV), Confero S 1.5L serta Formo (komersial).

Langkah ini kian mempercepat akselerasi Wuling di pasar otomotif Tanah Air. Data wholesale Gaikindo menunjukkan selama periode Januari sampai Oktober Wuling berada di peringkat 9 APM dengan penjualan terbanyak. Selama 10 bulan Wuling sudah menjual 13.400 unit dengan pangsa pasar 1.4%. Dengan peluru baru, SUV, bukan tak mungkin kue Wuling akan bertambah besar.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

Ini Spesifikasi dan Harga Lengkap Toyota C-HR Hybrid

JAKARTA, 22 April 2019 - PT Toyota Astra Motor (TAM) menjadi pemegang merek yang paling gencar memperkenalkan mobil hybrid di...

Potensi Pasar Tinggi, Mitsubishi Garap Serius Kawasan Bogor

BOGOR, 22 April 2019 – Selain Jakarta, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) juga menggarap seris kawasan di...

Toyota C-HR Hybrid Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 523 Juta

JAKARTA, 22 April 2019 - PT Toyota Astra Motor (TAM) menambah kekuatannya di line-up hybrid dengan meluncurkan Toyota C-HR Hybrid...

Perkuat Jaringan di Bogor, Mitsubishi Motors Resmikan Diler di Tajur

BOGOR, 22 April 2019 -- PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terus memperkuat jaringan penjualannya di kota Bogor...

MODIFIKASI: Power Over Beauty Mercedes-Benz SLK 250

RADEN Patra Dimas Kunto Wibisono, kerap dipanggil Aden, memang gila otomotif. Pria yang kerja di perusahaan kapal laut ini hobi...