Beranda Review 5 Fakta MG ZS, SUV Kompak Pesaing Honda HR-V

5 Fakta MG ZS, SUV Kompak Pesaing Honda HR-V

JAKARTA, Carvaganza.com — MG Motor Indonesia sebagai distributor MG akhirnya resmi bertarung di pasar otomotif Tanah Air. Sebagai pembuka, mereka meluncurkan model pertamanya yang bermain di segmen sport utility vehicle (SUV); MG ZS. Model ini bergelut di segmen yang dihuni pemain lain seperti Honda HR-V dan Suzuki S-Cross.

MG sepertinya tahu benar jika SUV kompak – umumnya SUV — menjadi segmen yang paling tumbuh. Meski pasar terbesar tentunya LMPV. Inilah yang tentunya mendasari pabrikan blasteran Inggris dan Cina ini ikut mencari peruntungan.

Sedikit kilas balik MG ZS sebenarnya sudah eksis sejak 2001 lalu. Saat itu masih dibuat perusahaan lama MG Rover. Bentuknya sedan sport dan hanya bertahan sampai 2005. Seiring peralihan ke tangan Cina, nama MG ZS pun pudar. Baru terlahir lagi pada 2017, tatkala SAIC Motor (pemilik MG) ekspansi pasar ke kawasan Asia dan Asia Tenggara.

Jadilah ZS sekarang ini. Beruntung khusus memakai merek MG saja. Jadi tak ada bodi ZS memakai badge berbeda. MG justru erat hubungannya dengan Roewe di Cina, karena masih dalam satu holding. Nah, relasi dekat MG ZS tak lain adalah Roewe RX3.

Nah, jika Anda berminat membeli, simak dulu hal menarik berikut ini:

Baca juga: MG ZS Resmi Masuk Indonesia, Dijual Mulai Rp 255,8 Juta

Harga Miring

Merek blasteran Cina dan Inggris ini punya harga relatif miring dibandingkan beberapa rival sekelasnya. Padahal unit diimpor langsung dari Thailand. MG ZS Excite dilego Rp 255,8 juta. Sementara MG ZS Ignite dijual Rp 289,8 juta on the road Jakarta.

Mari kita bandingkan dengan Suzuki S-Cross. Ia ditawarkan Rp 291 juta untuk tipe manual 5-speed dan SX4 S-Cross AT Rp 304 juta. Kemudian Honda HR-V dijajajakan Rp 297 juta sampai Rp 348,3 juta. Jadi, pendatang baru memiliki harga jauh lebih kompetitif dengan sisipan fitur jauh lebih komplet.

“Kami memahami betapa uniknya industri otomotif di Indonesia. Juga menyadari, potensi ini hanya dapat dimaksimalkan dengan memahami lagi bagaimana harapan konsumen. Dengan pengalaman yang luas, sejarah yang mengesankan, serta warisan kebanggaan Inggris. Kami percaya kalau pasar Indonesia bisa menaruh kepercayaan pada keunggulan yang kami tawarkan,” ungkap Figo Lee, Managing Director MG Motor Indonesia, dalam peluncuran virtual (24/3).

Hanya Transmisi Matik

MG ZS diperkuat mesin 1.498 cc naturally aspirated. Unit berkode 15S4C punya konfigurasi DOHC 4-silinder 16 katup VTi-TECH. Hasil pembakaran sistem injeksi multi-point memberi tenaga maksimum 114 PS. Torsi puncaknya 150 Nm. Distribusi tenaga lewat transmisi otomatis 4-speed dengan sistem triptonic. Dan tidak tersedia girboks manual.

Baca juga: Eurokars Group Indonesia Ditunjuk Sebagai Dealer Resmi MG

Fitur Keamanan Komplet

Walau harganya miring, kelengkapan peranti keamanannya bisa diadu dengan rival lainnya. Sebagai standar di dua varian tersedia fitur AntiLock Braking System and Electronic Brakeforce Distribution, EBA (Electronic Brake assist), SCS (Stability Control System), plus CBC (Curve Brake Control).

Ditambah juga dengan TCS (Traction Control System), HAS (Hill Start Assist System), ESS (Emergency Stop Signal), Follow Me Home Light, Isofix. Lalu Front Seat Belt With Pretensioners and Load Limiters, 3 Point Rear Seat Belts 3 Points, Front Airbags, dan khusus TMPS (Tire Pressure Monitoring system) hanya ada di varian Ignite.

Siap Diproduksi Lokal

Saat ini, MG ZS masih diimpor dari Thailand. Namun ke depan, akan diproduksi sendiri di Indonesia. Informasi ini sempat disampaikan Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Ia tak menampik kalau pabrik Wuling di Cikarang, Jawa Barat bakal dijadikan tempat produksi lini model.

Kemungkinan tahun depan mulai dilakukan. Sementara ini masih impor dari Negeri Siam. Kolaborasi MG dengan SGMW (Wuling Motors) terjadi lantaran mereka di bawah kendali SAIC, BUMN Cina.

Baca juga: MG ZS, Ini Spesifikasi dan Varian Lengkapnya

Jaminan 5 Tahun

Tawaran menarik diberikan MG Motor Indonesia. Perusahaan memberi garansi MG ZS selama 5 tahun tanpa mengenal batasan jarak tempuh. Setiap pembelian MG ZS disertai dengan layanan MG Care. Mencakup garansi kualitas produk terhitung dari tanggal pengiriman kendaraan baru kepada pemilik pertama. Gratis pula biaya jasa perawatan reguler sampai dengan 50.000 km atau 4 tahun. Tergantung mana yang tercapai lebih dulu. Mereka juga menjanjikan layanan 24-hour on-road assistance untuk panggilan mobil derek jika terjadi kerusakan, menuju pusat layanan MG resmi terdekat.

Tersedia pula layanan perbaikan di tempat di wilayah perkotaan. Misal untuk penggantian ban, aki atau kabel jumper. Di tahun pertama mereka menargetkan punya 25 diler resmi. Outlet MG yang saat ini bisa disambangi: Lippo Mall Puri, The Breeze Mall BSD, Andalan Samanhudi, Andalan Pondok Indah dan Andalan Soekarno-Hatta Bandung. Melihat segmentasi produk, ZS cocok bagi kawula muda yang suka mobil kompak. Juga untuk masyarakat urban yang ingin mobil premium, penuh gaya, tapi harga ramah kantong.

Baca Juga: MG ZS Resmi Dijual, Ketahui 5 Fakta dari Kompak SUV Pesaing Honda HR-V

ANJAR LEKSANA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

ROAD TEST: BMW i3S, Masih Bergantung Infrastruktur Charging Station? (1/2)

JAKARTA, Carvaganza.com - Sulit rasanya mengingat kapan terakhir, saya mengkhayal tentang hadirnya mobil listrik. Era di mana berkendara, tak lagi perlu berpikir untuk mampir...

Warna Baru Lamborghini Urus Bikin Tampilan Ori Ala Tuner Build

BOLOGNA, Carvaganza.com - Model terlaris Lamborghini, Urus mendapat opsi tampilan baru. Dinamakan Graphite Capsule, wujud SUV andalan brand otomotif asal Italia ini jadi lebih...
video

Beli atau Berlangganan Mobil, Lebih Baik Pilih Mana?

JAKARTA, Carvaganza.com –Memiliki mobil dengan cara berlangganan alias istilah kerennya accessibility, semakin mendapat tempat di hati konsumen mobil. Pasalnya, dalam mindset masyarakat modern, mempunyai...

Nissan Leaf Disulap Jadi Kendaraan Penanggulangan Bencana

PARIS, Carvaganza.com -  Perkembangan teknologi mobilitas memang memberikan semakin banyak nilai tambah di samping alat transportasi. Seperti eksistensi EV yang dipertontonkan Nissan ini, mendukung untuk...

Pulih Cedera, Sean Gelael akan Kembali Balap F2 di Bahrain

RUAUDIN, Carvaganza.com – Kabar baik untuk para penggemar dan pendukung Sean Gelael. Setelah menjalani masa rehabilitasi akibat cederanya, Sean diumumkan akan siap untuk kembali...